Resep Nasi Kuning praktis 1

Resep Nasi Kuning praktis 1

BERITA BURUNG – Resep Nasi Kuning efektif, kemungkinan sudah tak asing dengan menu makanan yang kerap ditemui saat perayaan juga sewaktu acara sukuran.

Karena sangat banyak pemujanya, resep nasi kuning yang ada juga rata-rata banyak dan banyak. Walau resep biasa dihidangkan menjadi suguhan perayaan. Tak ada kelirunya apabila Mams akan memberikan  buat menu makan keluarga

Nasi Kuning

Berikut di bawah ini sejumlah rujukan resep nasi kuning yang dapat dibikin.

BACA JUGA YA : Resep Taoge Goreng Bogor Bumbu Taoco, Masak Cepat untuk Makan Malam 1

1. Resep Nasi Kuning Simpel

Beberapa bahan
1 kg beras
5 cm kunyit
2 cm lengkuas
850 ml santan
1 biji kelapa tua
2 helai daun pandan
2 tangkai serai
4 helai daun salam
3 cm jahe
6 biji bawang merah
4 sendok teh garam
Metode membuat:
Bersihkan beras sampai bersih, lantas rendam beras di di air bersih.Lembutkan kunyit, jahe, lengkuas, bawang merah dan garam.

Bumbu yang udah dilembutkan setelah itu tambahkan dalam santan serta aduk sampai sama rata.Masak santan sampai mendidih.

Buang air rendaman beras lalu tuangkan santan ke beras dengan disaring.Tambah daun salam serta serai.Rebus beras dengan api yang kecil.

Waktu direbus aduk terus sampai air berkurang serta beras nyaris jadi nasi.Kurang lebih tingkat kematangan telah terwujud.Mengambil daun salam dan serai dari dalam beras yang nyaris masak.

Persiapkan panci untuk mengukus, rebus airnya dahulu.Tambahkan nasi ke panci pengukus.Tambah daun pandan.

2. Resep Nasi Kuning Rice Cooker

Apabila kamu tak mempunyai kunyit fresh dapat memakai kunyit bubuk. Pakai kira-kira 2 sdt kunyit bubuk untuk mendapat warna kuning. Santan fresh dapat juga ditukar dengan santan instant cair atau bubuk. Mam dapat meluluhkan santan instant bersama air sampai kekentalannya tengah.

Beberapa bahan
1 kg beras pulen
4 cm kunyit, parut atau dilumatkan
1 lbr daun pandan
1 tangkai serai, memarkan
1 sendok teh garam
600 ml – 750 ml santan fresh
Metode membikin:
Bersihkan beras sampai airnya nyaris bening, lalu keringkan sampai kering.Letakkan beras di dalam panci rice cooker.Masukkan kunyit, daun pandan, serai serta garam.Tuangkan santan sampai tingginya sekitaran 2 cm dari permukaan beras.Aduk sampai kunyit tercampur rata dalam beras.Tutup rice cooker dan masak seperti nasi biasa sampai masak.Membuka rice cooker, aduk-aduk nasi kuning sampai nasinya tergerai.Diamkan pada keadaan hangat atau warm sampai waktu disuguhkan.

Resep Nasi Kuning efektif, dapat kamu berikan buat menu keluarga. Selamat mempraktikkan!