Resep Kue Apem Tape Pandan, Hidangan Khusus yang Halus

Resep Kue Apem Tape Pandan, Hidangan Khusus yang Halus

Beritaburung – Sama sesuai namanya, tapai singkong ialah makanan peragian dibikin dari singkong kukus yang difermentasi dengan ragi. Olahan satu ini cita-rasanya manis, tetapi cukup asam bila langsung dimakan.

Selainnya langsung dimakan, kamu dapat membuat tapai singkong jadi cemilan nikmat. Satu diantaranya ialah kue apem

Tawarkan struktur kue yang halus, kue apem satu ini pas dijadikan hidangan spesial. Tidak selamanya polosan, kamu dapat mengaplikasikan resep kue apem tape pandan yang halus dan empuk sebagai hidangan khusus di dalam rumah.

1. Beberapa bahan membuat kue apem tape pandan

Beberapa bahan:

  • 250 g tepung beras
  • 200 g gula pasir
  • 60 gr tepung terigu
  • 100 g tape singkong
  • 1 sendok teh ragi instant
  • 1/4 sendok teh garam
  • 450 ml santan
  • 2 helai daun pandan
  • 1 sdt pasta pandan

2. Persiapkan air santan untuk diolah

siapkan air santan
Persiapkan tapai singkong, lalu buang sisi sumbunya dan simpan ke tempat. Lumatkan tapai memakai sendok garpu sampai halus. Jika sudah, pinggirkan sesaat tape singkong lembut untuk tahapan masak kuah santan.

Kemudian, campur santan dengan garam dan daun pandan ke panci untuk diolah. Selanjutnya, masak beberapa bahan itu dengan api sedang hingga mendidih sekalian kadang-kadang diaduk-aduk. Api matikan, lalu diamkan memanas.

3. Campur beberapa bahan untuk membikin adonan


campurkan bahan bahan
Dalam tempat, campur ragi dan santan hangat, lalu diaduk-aduk sampai terlarut. Tambah tapai singkong, gula pasir, tepung terigu, dan tepung beras ke dalamnya, lalu aduk sampai rata dan tidak bergerindil.

Kemudian, biarkan adonan sepanjang sejam sampai megar. Janganlah lupa untuk tutup tempat berisi adonan dengan lap atau plastic wrap agar adonan megar optimal.

4. Tuangkan adonan kue apem ke cetakan

Tuang adonan

Sesudah didiamkan sepanjang sejam, selekasnya membuka penutup adonan. Janganlah lupa untuk diaduk-aduk agar udara dalam adonan menguar. Pinggirkan adonan sesaat untuk mempersiapkan proses pemanggangan.

Selanjutnya, persiapkan cetakan kue lumpur di atas kompor, lalu panasi dengan api sedang. Selanjutnya, tuangkan adonan ke cetakan kue lumpur yang sudah dipanaskan, lalu tutup adonan dan diamkan masak.

5. Kue apem tape pandan siap dihidangkan saat lagi hangat

REsep Kue Apem tape pandan
Jika permukaan adonan kue sudah kering, itu pertanda telah masak. Selekasnya api matikan, lalu angkat kue dari dalam cetakan dengan kontribusi sendok. Selanjutnya, diamkan uap panas pada kue mengurai lebih dahulu.

Kemudian, kue apem tape pandan siap untuk dihidangkan saat lagi hangat. Kamu dapat menikmatinya bersama satu cangkir teh hangat atau kopi agar rasanya makin oke.

Dengan dibuat jadi kue apem, ditanggung membuat kamu semakin sukai konsumsi tapai singkong. Langsung siapkan bahan untuk buat kue apem tape pandan seperti resep di atas, yok. Selamat mempraktikkan!