Pura Uluwatu Bali

Bali merupkan pulau yang menyediakan banyak tempat wisata, dari mulai ada istiadatnya yang sangat melekat dengan masyarakat hingga tempat-tempat wisata yang memiliki nilai budaya dan indah untuk dilihat.

Salah satu tempat wisata yang terkenal di Pulau Bali yaitu Pura Uluwatu yang berada di Bali Selatan. Pura ini sudah sangat terkenal hingga sampai mancanegara. Pura Uluwatu ini menjadi favorit oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Tahukah kamu bahwa Pura ini juga dikenal debagai Pura Sad Kayangan, oleh masyarakat Bali dianggap sebagai penyangga 9 mata angin. Pura ini juga menjadi peribadatan bagi agama Hindu di Bali. Pura ini cocok buat kamu yang suka mengeksplore kebudayaan Bali.

Lokasi Pura Uluwatu

Sebelum kamu berangkat ke Pura Uluwatu, tentu saja kamu perlu tahu lokasi pura ini berada agar kamu tidak tersesat jauh dari lokasinya. Pura Uluwatu lokasi lengkapnya berada di desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati bebearapa wisata lainnya di sekitar Pura Uluwatu ini sob. Pura Uluwatu ini jaraknya sekitar 29 Km dari Kota Denpasar dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Rute Menuju Pura Uluwatu

Rute menuju Pura Uluwatu ini kamu bisa memulainya dari Bandara Ngurah Rai dengan jarak kurang lebih 22 km dan estimasi waktu 31 menit.

Rute menuju Pura Uluwatu bila kamu memulainya dari Bandara Ngurah Rai adalah  masuk ke jalan By Pass Ngurah Rai kemudian, masuk ke jalan Raya Uluwatu hingga kamu akan masuk ke jalan raya suluban. Di pecatu. Ikuti saja jalan yang ada maka kamu akan tiba di objek wisata ini.

Bagi kamu yang memulai perjalanan dari terminal mengwi bali. Maka, kamu akan menempuh jarak sejauh 44 km atau  membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 5 menit. jalan menuju Pura Uluwatu yang harus ditempuh adalah jalan raya Denpasar – Gilimanuk ke,  Jl. Raya Sempidi.

Selanjutnya, arahkan kendaraan kamu menuju ke imam bonjol hingga ke jalan raya uluwatu yang berada di pecatu. Ikuti saja jalan ini dan kamu akan tiba di titik lokasi ini.

Tiket Masuk Pura Uluwatu

Untuk bisa menikmati objek wisata ini, kamu perlu membeli tiket masuk yang akan dikenakan biaya untuk wisatawan nusantara sebesar Rp. 20.000 bagi kamu yang dewasa dan Rp. 10.000 bagi anak-anak.

LAGI HITS
Tempat Wisata di Bali

Sementara itu, untuk wisatawan mancanegara akan dikenakan Rp. 30.000 bagi dewasa dan Rp. 20.000 bagi anak-anak. Nah, jika kamu mengajak teman dari mancanegara harga tiketnya jangan disamakan ya sob.

Selain itu, kamu juga akan dikenakan biaya parkir sebesar 10 ribu rupiah bagi kamu yang membawa mobil. Sementara bagi kamu yang membawa kendaraan bermotor akan dikenakan biaya 5 ribu rupiah.

Jam Buka Pura Uluwatu

Jam buka untuk wisatawan berkunjung ke pura Luhur Uluwatu dari 07:00 – 19:00. Namun, bagi mereka yang ingin sembahyang, pura dibuka selama 24 jam. Fasilitas umum seperti toilet juga tersedia, tetapi toilet berada di area luar pura.

Kebanyakan pelancong, ketika mengunjungi Pura Uluwatu, memilih jam 5 sore untuk mengunjunginya. Karena cahaya matahari tidak panas, dan pemandangan matahari terbenam akan dimulai dalam satu jam.

Fasilitas Pura Uluwatu

Selain tersedia nya tempat parkir, tentu saja. Ada banyak fasilitas yang tersedia di Pura Uluwatu yang dapat kamu gunakan. Seperti tersedia warung hingga resto dan café saat kamu merasa lapar dan lupa membawa persediaan makanan. Yang dijual pun sangat bervariasi.

Di sekitar Pura juga terdapat berbagai penginapan nih, jadi akan memudahkan kamu menemukan tempat peristirahatan yang dekat dengan objek wisata tersebut. Apalagi, banyak objek wisata menarik di dekat Pura Uluwatu. Mudah kan?

Nah, sebelum itu kamu jangan pulang dulu, kamu perlu menikmati daya tari dari Pura Uluwatu dan berbagai aktivitas menarik yang akan sangat sayang bila dilewatkan begitu saja.

Daya Tarik di Pura Uluwatu

Nah, ada banyak daya tarik di Pura Uluwatu buat kamu nikmati selagi berada di Bali. Pura ini menarik kamu dengan sejuta pesonanya yang tentu saja tidak akan kamu temukan di tempat lain.

Selain itu, ternyata pura ini terletak di atas batu karang dengan ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan laut, kurang lebih. Hal ini juga yang menjadikan pura ini diberi nama Uluwatu atau puncak batu karang dalam bahasa sansekerta.

Berikut ini, beberapa daya tarik Pura Uluwatu yang dapat kamu nikmati sebelum meninggalkan Pura Uluwatu.

1 Pura di Bali yang Disucikan dan Sakral

sejarah pura uluwatu di bali

Pura Di Bali yang Disucikan dan Sakral – karena awalnya pura ini dijadikan tempat pemujaan empu kuturan. Nah, Empu Kuturan ini lah orang yang menurukan ajaran desa adat dengan semua aturannya.

Setelah itu, datanglah Dang Hyang Niratha, beliau adalah seorang pendeta. Pura ini kemudian dijadikan tempat pemujaan pendeta suci itu, teman-teman. Nah, inilah mengapa pura ini begitu disucikan dan disakralkan dengan segala ritualnya.

Nah, untuk kamu yang suka atau penasaran dengan adat istiadat Bali kamu bisa nih melihat sejarah-sejarah dan kamu juga bisa bertanya atau meminta pemandu wisata untuk menjelaskan sejarah dan adat di Pura Uluwastu.

Kamu juga disini harus dalam keadaan suci loh sob. Jika kamu seorang wanita atau kamu membawa teman wanita dan kebetulan sedang menstruasi, kamu dilarang untuk masuk ke Pura ini. Sangat disayangkan ya kalau dalam keadaan menstruasi.

Untuk memasuki area Pura, kita harus menggunakan sarung khusus. Tapi tenang saja, banyak yang menyewekan sarung disekitar pintu masuk dengan gratis.

LAGI HITS
Pantai Pandawa Bali

2. Pura yang Sangat Eksotis

babad bali pura uluwatu

Bagaimana bisa pura yang suci dan sacral bisa begitu eksotis? Tentu saja bisa. Karena pura ini akan menunjukkan sisi romantic dan eksotis dari keindahan alam yang dimilikinya.

Kamu akan melihat pemkamungan samudera india yang luas. Menakjubkan, bukan? Kamu juga dapat emnikmati hamparan ombak yang menenangkan di bawah tebing.

Lokasi Pura Uluwistu ini terletak di atas tebing yang tinggi dan curam. Jika diukur tinggi tebing dari lokasi pura ke permukaan air laut yakni sekitar 70 meter. Pura ini pun bangunannya masih original, belum banyak perbaikan atau buatan dimasa sekarang.

3. Tempat Sunset yang Menarik

pura luhur uluwatu kabupaten badung bali

Tidak bisa disangkal lagi, kawasan Pura Uluwatu merupakan wisata yang tepat untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Dengan posisi menghadap ke barat, wisatawan bisa dengan mudah menikmati detik-detik terbenamnya matahari.

karena posisi pura ini yang barada di atas tebing, bukankah menarik jika dapat melihat sunset dari atas tebing? Kamu bisa melihat panorama matahari terbenam tanpa halangan apapun. Ini juga akan cocok buat koleksi foto kamu, loh.

Setiap hari, ribuan orang datang ke sini untuk menunggu matahari terbenam. Sinar matahari yang berwarna kuning keemasan dan suasana yang magis membuat para pencinta fotografi selalu ingin mengabadikan momennya.

Kunjungi Juga: Pantai Pandawa Bali

4. Tempat Surfing yang Menarik

pura uluwatu babad bali

selain dapat menikmati sunset, ternyata kamu juga dapat melihat sebagian orang surfing di bawahnya. Dengan ombak samudera hindia yang kuat dan berarus tinggi, ini akan cocok buat kamu melakukan olahraga surfing.

Gelombang ombak dari Samudra Hindia yang berarus kuat dan tinggi, menjadikan pantai tersebut menjadi incaran bagi para peselancar.

Bahkan tempat ini juga sering diselenggarakan even dengan skala lokal hingga internasional.

Sebab ombak yang ada di Pantai Uluwatu ini terkenal ideal untuk dijadikan sebagai lokasi surfing selain menawarkan keindahan alam Bali yang sangat memukau.

5. Pertunjukan Tari Kecak

pura uluwatu

inilah yang menjadi khas di Pura Uluwatu. Tari kecak merupakan tari tradisional khas Bali. Jadi, kamu bisa melihat pertunjukan tari kecak sebelum pulang. Tari ini dilakukan oleh penari laki-laki.

Wisatawan dari berbagai negara di dunia biasanya akan berkumpul serta menyaksikan paket pertunjukan kolosal yang berlatar belakang pura serta lautan yang luas.

Tak hanya itu saja, disini para penontonnya juga sangat dekat dengan penari sehingga membuat suasana sakral semakin terasa.

Untuk melihat tarian ini secara langsung, dapat kamu lihat setiap hari pukul 18.00 – 19.00 WITA.. Tak hanya itu, kamu juga akan membayar sebesar Rp. 90.000 per orang sebelum menonton.

Pertunjukan ini diselenggarakan setiap harinya, kecuali pada hari Nyepi serta Pengerupukan tiba. Sebab para penari diharuskan untuk melakukan ibadahnya dengan khusyuk selama satu hari penuh.

6. Pemandangan Luasnya Samudra Hindia

pura+uluwatu

Lokasi berdirinya bangunan pura Luhur Uluwatu, membuat wisatawan yang datang berkunjung, tidak hanya dapat menikmati suasana yang sakral dan religius, tetapi juga pemandangan yang indah serta unik.

Berbeda dengan pemandangan yang ada di objek wisata pura Tanah Lot, wisatawan yang berwisata ke pura Luhur Uluwatu akan menyaksikan luasnya hamparan Samudra India, dengan ombak yang menghantam kaki tebing. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam tanpa adanya halangan yang menghalangi pemandangan sunset.

LAGI HITS
Nusa Lembongan Bali

7. Berinteraksi dengan Kera

pura luhur uluwatu bali address

Apakah ada kera di Pura Uluwatu? Ya, ada! Jenis kera adalah kera abu-abu ekor panjang mirip dengan kera di Ubud Monkey Forest. Di jalur jalan setapak menuju area depan pura, Kamu akan melihat banyak kera di sekitar area hutan.

walaupun monyet disana sedikit nakal, tapi mereka baik kok. Monyet disana tidak akan melukaimu, kamu bisa bermain bersama mereka. Jadi tidak perlu takut. Akan ada pawang juga yang akan menjagamu tetap aman. Cukup berikan sekitar Rp. 10.000 atau Rp. 20.000 untuk rasa terima kasih pada si pawang.

Lihat Juga: Taman Nasional Bali Barat

Hotel/Penginapan di Pura Uluwatu

Untuk kamu yang ingin menginap atau bermalam agar bisa berwisata lebih lama di daerah dekat wisata ini ada banyak penginapan/hotel yang tersedia. Dari hotel yang berbintang 1 sampai dengan hotel yang berbintang 5.

Penginapan/hotel dekat wisata ini memberikan fasilitas yang lengkap dan bagus.  Berikut beberapa penginapan/hotel yang sering digunakan oleh wisatawan nusantara ataupun wisatawan mancanegara :

1. Kubu Nyang Nyang Uluwatu

asal usul pura uluwatu bali

Kubu Nyang Nyang Uluwatu menawarkan taman dan terletak di Uluwatu, 300 meter dari Pura Uluwatu dan 2,2 km dari Pantai Suluban Uluwatu. Akomodasi ini menyediakan Wi-Fi gratis dan layanan resepsionis 24 jam, serta berjarak 4,2 km dari Pantai Padang Padang.

Homestay ini dilengkapi dengan TV satelit. Akomodasi ini memiliki kolam renang luar ruangan. Terdapat juga layanan rental sepeda.

Kubu Nyang Nyang Uluwatu berjarak 9 km dari Pantai Dreamland. Bandara terdekat adalah Bandara Internasional Ngurah Rai, 21 km dari homestay ini.

Jadi sobat wisata jika menginap di hotel ini, kamu dekat dengan wisata Pura Uluwatu dan wisata lainnya.

2. Davu Sundara Villa Uluwatu

artikel pura uluwatu bali

Terletak di Uluwatu, Davu Sundara Villa Uluwatu menawarkan kolam renang luar ruangan, Wi-Fi gratis, dan tempat parkir pribadi gratis. Sarapan kontinental disajikan setiap hari di aparthotel. Taman dan teras disediakan di Davu Sundara Villa Uluwatu.

Tempat-tempat menarik yang populer di dekat akomodasi ini adalah Pantai Blue Point, Pantai Thomas, dan Pantai Nyang Nyang. Bandara terdekat adalah Bandara Internasional Ngurah Rai, 21 km dari Davu Sundara Villa Uluwatu.

Harga dari penginapan ini dimulai dari harga Rp. 435.781. harga tersebut kamu sudah bisa menikamati fasilitas yang bagus dan keren.

3. La Kreyiol

alamat pura uluwatu bali

La Kreyiol berjarak 1 km dari Pantai Uluwatu Surf Villas, dan menawarkan bar, taman, serta akomodasi ber-AC dengan teras dan Wi-Fi gratis.Terdapat kamar mandi pribadi dengan shower dan perlengkapan mandi gratis.

Kamu dapat menikmati sarapan Amerika atau vegetarian di B&B ini.La Kreyiol menawarkan teras.Terdapat layanan rental sepeda di akomodasi ini.

Atraksi wisata yang populer di dekat La Kreyiol termasuk Pantai Blue Point, Pantai Thomas, dan Pura Uluwatu. Bandara terdekat adalah Bandara Internasional Ngurah Rai, 21 km dari B&B ini.

Hotel ini cukup diminati oleh wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. Harga hotel ini sekitar Rp. 757.000. Harga tersbut sudah termasuk fasilitas-fasilitas yang disediakan di penginapan ini dan hotel ini merupakan hotel berbintang.

LAGI HITS
Paralayang Batu

4. Jack House Uluwatu

pura luhur uluwatu bali indonesia

Rekomendasi pertama yang bisa kamu jadikan pertimbangan adalah Jacko House Uluwatu. Dimana, penginapan ini mempunyai berbagai macam fasilitas seperti kolam renang, area parkir, dan wifi yang super kencang.

Penginapan ini terletak di Jalan Pantai suluban, Gg Arya 3 No 3, Pecatu, Uluwatu, Kuta Selatan, Bali 80364.

Jarak dari Pura Luhur Uluwatu kurang lebih 1,2 km atau membutuhkan waktu hanya 2 menit saja. Harga per malam per kamarnya mulai dari 250 ribu rupiah. Pelayanannya cukup ramah dan kondisi sangat bersih.

5. Cempaka Cafe Homestay

pura uluwatu temple bali

Jarak penginapan ini menuju ke Pura Luhur uluwatu kurang lebih 4,2 km atau membutuhkan waktu 8 menit. Terletak di Jalan Labuat sait no. 9,  Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Harga per malam per kamarnya muali dari  300 ribuan.

Pelayanannya cukup ramah dengan restaurant yang menyediakan berbagai macam menu pilihan. Seperti, masakan bali dan masakan western yang cita rasanya tidak akan pernah kamu lupakan sedikit pun. dari segi harga pun juga tidak akan menguras kantong kamu.

Asyiknya Liburan di: Goa Gajah

Tempat Wisata dekat Pura Uluwatu

1. Objek Wisata Tanjung Benoa Bali

gambar pura uluwatu bali

Dari Pura Uluwatu ke Tanjung Benoa berjarak sekitar 25 Km dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Di Tanjung Benoa kamu dapat melakukan aktivitas wisata bahari yang terkenal dengan sebutan Tanjung Benoa water sports. Permainan wisata bahari yang tersedia seperti parasailing, menaiki banana boat, mengendarai jet ski dan masih banyak lagi permainan seru lainnya.

Karena gelombang laut di pantai Tanjung Benoa Bali sangat tenang, dan kedalaman rata-rata 6 meter, menjadikan pantai ini sangat cocok untuk aktivitas olahraga air untuk pemula. Aktivitas liburan olahraga air di Tanjung Benoa Bali dikenal wisatawan dengan nama Bali water sports tour.

Nah, jika sobat wisata setelah dari Pura Uluwatu ingin bermain air tempat ini cocok untuk bermain air. Wisata ini menyediakan beberapa aktifitas olah raga dan bisa juga untuk pemula.

2. Nusa Dua

pura uluwatu di bali

Dari Pura Uluwatu ke tempat wisata Nusa Dua ini berjarak 19 Km dengan waktu tempuh 30 menit.

Selain taman dan hotel mewah, tempat wisata Nusa Dua juga terkenal dengan pantai pasir putih dan air laut yang tenang. andaikata pembaca bertanya, dimana pantai terbersih di Bali? Maka pantai di Nusa Dua salah satunya. Pantai yang ada di Nusa Dua Bali, sangatlah cocok bagi kamu yang menginginkan wisata pantai pasir putih bersih dan tidak terlalu ramai seperti pantai Kuta.

Tempat wisata Nusa Dua Bali terkenal dengan pantai pasir putih yang sangat bersih, selain itu ombak pantai di Nusa Dua sangat tenang. Oleh sebab itu, wisatawan yang berlibur bersama anak-anak dan ingin mengajak keluarga dan anak -anak liburan ke pantai pasir putih, akan memilih liburan ke pantai Nusa Dua Bali.

3. Garuda Wisnu Kencana

pura uluwatu bali sejarah

GWK atau Garuda Wisnu Kencana merupakan salah satu tempat wisata yang diminati para wisatawan nusantara dan mancanegara. Jarak dari Pura Uluwatu ke GWK ini 11 Km dan dapat ditempuh hanya dengan waktu 15 menit.

LAGI HITS
Kuntum Farmfield Bogor

Garuda Wisnu Kencana atau disebut dengan nama GWK Bali, saat ini telah menjadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan Indonesia. Di GWK Bali, wisatawan akan dapat melihat patung Wisnu dan patung garuda dalam ukuran sangat besar.

Daya tarik utama wisatawan berlibur ke Bali GWK culture park adalah untuk melihat patung Garuda Wisnu. Dibangun dan di ukir oleh pengukir dan pematung terkenal bernama, I Nyoman Nuarta.

GWK Cultural Park sebutan untuk GWK Bali, kini menawarkan beranekaragam fasilitas yang ideal dan memadai, untuk berbagai jenis acara publik, acara swasta baik dalam skala kecil atau skala besar.

4. Pantai Pandawa Kutuh

pura luhur uluwatu bali

Pantai Pandawa merupakan salah satu tempat wisata yang diminati para wisatawan nusantara dan mancanegara. Jarak dari Pura Uluwatu ke pantai ini 15 Km dan dapat ditempuh hanya dengan waktu 25 menit.

Menyebut nama pantai Pandawa, saya yakin sebagian besar dari kamu pasti sudah pernah mendengar, atau sudah pernah liburan ke pantai Pandawa Kutuh.

Pantai Pandawa disukai wisatawan Indonesia untuk tempat wisata pantai karena, tempat parkir sangat luas dan berdekatan dengan pantai. Selain itu, pasir pantai Pandawa sangat putih dan bersih. Selain itu harga makanan dan minuman sangat terjangkau.

Pantai ini menyajikan beberapa keindahan, dimulai dari pemandangan samudra Hindia, patung Panca Pandawa dan keindahan dari pantai ini sendiri. Namun saat ini pantai ini kurang diminati wisatawan mancanegara, karena mataharinya yang selalu libur.

5. Pantai Uluwatu

pura uluwatu bali adalah

 

Pantai Uluwatu atau sering disebut dengan nama pantai Blue Point Uluwatu, lokasinya yang paling dekat dengan lokasi pura Uluwatu. Pantai Uluwatu lebih disukai wisatawan yang hobi dengan aktivitas surfing.

Pantai ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang telah mengunjungi Pura Uluwata, pasalnya jaraknya yang berdekatan membuat wisatawan langsung berangkat ke pantai Uluwata ini.

Untuk menuju pantai Uluwata ini kamu harus sedikit berjuang ya sob. Karena pantai ini tidak terletak di pinggiran jalan, tapi harus turun dulu ke bawah. Kamu akan disambut dengan kerajaan kera yang bergelantungan dipohon, jadi hati-hati ya.

Itulah beberapa aktifitas seru yang dapat kamu lakukan di Pura Uluwatu untuk melihat pemandangan yang eksotis dan magis ini. Seru bukan Sob, kamu harus coba untuk merasakan keseruannya dan keindahannya.

Selain Pura Uluwatu kamu juga bisa mengunjungi wisata lainnya setelah dari Pura Uluwatu, jadi kamu bisa berwisata hingga puas di Bali khususnya di daerah Uluwatu.

Pura Uluwatu merupakan salah satu tempat wisata Bali yang sering diminati oleh para wisatawan nusantara dan mancanegara. Karena keindahan pemandangan dan keseruannya dari mulai melihat tari kecak, melihat sunset dan lain sebagainya.

Jadi bagaimana menurut kamu, seru bukan? Di Pura ini kamu bisa melihat banyak keindahan alam dari langit, laut hingga bangunan-bangunan pura yang menakjupkan. Dan pura ini masih dibilang sakral karena masih banyak orang yang beribadah dan melakukan tradisinya.

BACA LAINNYA :
Pulau Pahawang 
Candi Singosari
Air Terjun Kedung Pedut
Batu Night Spectacular