Posisi Menyaksikan ‘Insidious’ Berdasar pada Timeline Ceritanya 2023

 

Posisi Menyaksikan ‘Insidious‘ Berdasar pada Timeline Ceritanya
Biar kamu gak kebingungan saat lihat Insidious: The Red Door

09 Juli 2023

Urutan Menonton 'Insidious' Berdasarkan Timeline Kisahnya

BERITA BURUNG-Insidous adalah film seram iconic circa 2010-an. Peristiwanya mengenai seseorang anak namanya Dalton yang salah jalan diperjalanan astral di dunia The Further. Bukan perjalanan biasa, Dalton hadapi intimidasi makhluk menyeramkan dari alam goib itu. Intimidasi itu nyatanya meng ikuti Dalton sampai ke dunia manusia.

Muncul pertama sejak mulai tahun 2010, kreasi seram kerjaan produser James Wan dan Sony Pictures itu mempunyai keseluruhan 5 film. Film terbaru yang dengan tajuk Insidious: The Red Door sah launching pada Rabu, 5 Juli 2023 di bioskop Indonesia.

Film ke-5 ini menghidupkan kengerian pemirsa dengan kembalinya figur hantu merah yang mencekam. Meneruskan kejadian Dalton ( yang telah mulai beranjak dewasa dan ayahnya, Josh Lambert (Patrick Wilson), Mereka berdua ulang mendapat ancaman dari makhluk menyeramkan dari saat yang lalunya yang gelap.

Untuk kamu yang rencana akan saksikan Insidious: The Red Door, berikut adalah barisan menonton film berdasar pada alur ceritanya.

1. Insidious: Chapter 3 (2015)

Urutan Menonton 'Insidious' Berdasarkan Timeline Kisahnya

Waralaba mempunyai sekuel film dengan jalan cerita mundur-maju serta gak berturutan. Walau begitu, ke-5 filmnya mempunyai benang merah yang sama sama mengikat alur cerita keduanya.

Walaupun saga Insidious pertamanya kali dibuka cerita keluarga Lambert, tetapi premis ceritanya malahan diawali di Insidious: Chapter 3. Film prekuel ini pun ceritakan awal mula karir paranormal Elise Rainier (Lin Shaye) di dalam menuntaskan jenis kejadian mistik yang terkait dengan sukma jahat.

Dalam film ini, Elise menolong bebaskan seorang remaja yang memiliki nama Quinn Brenner yang dihantui oleh sukma jahat The Man Who Can’t Breathe. Lantaran kasus Quinn Brenner juga, Elise lantas berbicara dengan dwi penyelidik paranormal, Specs serta Tucker yang saat ini jadi pendampingnya di film sesudah itu.

2. Insidious: The Last Key (2018)
Urutan Menonton 'Insidious' Berdasarkan Timeline Kisahnya

Barisan ke-2 saga ini menyambung kejadian Elise yang telah jadi seseorang paranormal, bersama dengan ke-2 pendampingnya Specs serta Tucker. Film ini pun buka flashback zaman kecil Elise yang penuh kekerasan, dan pertama kali kemampuan indigo kepunyaannya mulai kelihatan.

Jalan cerita terdorong waktu Elise menolong orang pria yang memiliki nama Ted Garza yang mengeluh jika tempat tinggalnya berhantu. Lacak miliki periksa, rumah itu yakni hunian Elise ketika kecil bersama adiknya, Christian.

Dalam rumah tersebut, Elise kecil tidak berencana melepas iblis Keyface yang udah membunuh ibunya serta memasuki ayahnya jadi pembunuh berantai. Menantang rasa trauma dan ketakutannya, Elise berkeinginan hadapi Iblis Keyface serta menyegelnya di dunia The Further.

3. Insidious (2010)
Urutan Menonton 'Insidious' Berdasarkan Timeline Kisahnya

Diakhir film Insidious: The Last Key, pirsawan ditampilkan suatu bab di mana Elise gak menyengaja buka pintu arwah ke arah keluarga Lambert. Penguncian ini sebagai pembuka di Insidious I pada tahun 2010 lalu.

Keluarga Lambert mesti menelan pil yang pahit kalau si putra, Dalton terperdaya di dunia astral The Further. Bersama Elise, si ayah, Josh Lambert juga datang ke dunia goib itu buat melindungi Dalton. Mereka harus hadapi iblis The Lipstick-Face yang sudah sembunyikan dan menghambat Dalton kembali lagi ke dunia fakta.

Film disudahi Josh Lambert yang sukses selamatkan Dalton. Sayang, Josh telat kembali lagi ke dunia fakta dan raganya malahan dimasuki iblis The Bride in Black.

4. Insidious: Chapter 2 (2013)
Urutan Menonton 'Insidious' Berdasarkan Timeline Kisahnya

Insidious: Chapter 2 dibuka kematian Elise yang wafat tercekik oleh Josh yang dimasuki iblis The Bride in Black. Lihat keluarga Lambert masih dihantui arwah jahat, Specs serta Tucker berusaha selamatkan Josh yang tetap terperdaya di The Further dengan mengontak sukma Elise.

Sama dengan Dalton, Josh Lambert mempunyai kekuatan paranormal dan telah dihantui semenjak kecil. Kenyataan menyeramkan ini diterima sehabis Specs serta Tucker mendapati rekaman video yang menunjukkan kehadiran makhluk jahat yang selalu meng ikuti Josh.

Roh Elise dan klub paranormalnya berusaha menghilangkan iblis The Bride in Black, dan membuat perlindungan keluarga Lambert. Film disudahi ditutupnya kemampuan paranormal Josh dan Dalton biar tidak mendapat terror iblis kembali.

5. Insidious: The Red Door (2023)
Urutan Menonton 'Insidious' Berdasarkan Timeline Kisahnya

Diberitakan dari Screen Rant, set ke-5 film Insidious ini berpayung pada Dalton Lambert yang udah mulai dewasa dan menjejaki jalur seni di kampus luar biasa yang jauh dari tempat tinggalnya. Kejadiannya diawali sepuluh tahun seusai bencana di I dan II.

Meskipun kapabilitas paranormal serta daya ingat Dalton akan pribadi iblis itu udah digembok, dia kembali dihantui setan dari saat yang lalunya di asrama kampusnya. Demikian dengan si ayah, Josh Lambert yang mendapat ancaman dari makhluk jahat dari saat yang lalunya tersebut.

Mau atau tidak, ayah-anak ini harus kembali masuk ke dalam The Further untuk menyudahi semua ancaman iblis ini. Di situ, mereka temukan pintu warna merah dan kenyataan menyeramkan di belakangnya.

Ada apakah dibalik pintu warna merah? Bagaimana nasib Dalton dan Josh?

Nach, demikian 5 barisan film yang seharusnya kamu lihat sebelumnya melihat Insidious: The Red Door. Sempat menyaksikan yang mana saja nih, Bela?