7 Perbedaan Antivirus Gratis dan Berbayar, Mana Lebih Baik?

7 Perbedaan Antivirus Gratis dan Berbayar, Mana Lebih Baik?

Apakah antivirus gratis sudah cukup?
  • Antivirus gratis memiliki fitur yang lebih sedikit, seperti perlindungan real-time yang terbatas.
  • Antivirus berbayar menawarkan lebih banyak fitur, seperti perlindungan real-time, VPN, dan penyimpanan cloud.
  • Harga merupakan perbedaan besar antara program antivirus gratis dan berbayar, dengan versi berbayar biasanya dipatok dengan harga tinggi.

Setiap perangkat komputer perlu dilindungi oleh antivirus yang andal. Perangkat lunak sangat penting untuk menjaga komputer kita aman dari malware, virus, dan ancaman online lainnya.

Saat akan mengunduh perangkat lunak , ada banyak pilihan yang tersedia, beberapa gratis dan beberapa berbayar. Kamu mungkin merasa heran, apa perbedaan gratis dan berbayar? Apakah berbayar lebih baik? Apakah gratis sudah cukup? Agar tidak salah pilih, kamu akan diajak mengeksplorasi perbedaan keduanya.

1. Fitur

Program antivirus gratis seringkali memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan versi berbayar. Misalnya, antivirus gratis mungkin tidak menawarkan perlindungan dari ancaman online secara real-time.

Sementara, berbayar biasanya menawarkan lebih banyak fitur, seperti perlindungan real-time, layanan VPN, penyimpanan cloud, pengelola sandi, dan banyak lagi. Bisa dibilang, berbayar memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap ancaman online.

2. Harga

7 Perbedaan Antivirus Gratis dan Berbayar, Mana Lebih Baik?
Harga merupakan salah satu perbedaan terbesar antara program gratis dan berbayar. Kamu dapat mengunduh dan menggunakan fitur gratis secara cuma-cuma tanpa harus membayar apa pun.

Sementara, program berbayar seringkali dipatok dengan harga yang cukup tinggi. Biaya berlangganan biasanya dibayarkan tiap bulan atau tahun.

3.Antivirus Perlindungan dari virus

7 Perbedaan Antivirus Gratis dan Berbayar, Mana Lebih Baik?Antivirus gratis biasanya mampu melindungi perangkat dari virus komputer yang umum dan dikenal. Namun, mereka mungkin tidak dapat melindungi dari virus dan malware yang belum diketahui. Dengan demikian, perangkat tetap rentan terhadap beberapa jenis ancaman online.

Sementara, versi berbayar memiliki lapisan keamanan tambahan untuk melindungi perangkat dari lebih banyak virus dan malware. berbayar seringkali dapat melindungi dari malware jenis baru dan tidak umum.

Baca Juga: 7 Fitur yang Harus Ada pada Antivirus, Demi Perlindungan Maksimal

4. Dukungan pelanggan

7 Perbedaan Antivirus Gratis dan Berbayar, Mana Lebih Baik?Editor’s picks
  • 7 Platform AI Terbaik untuk Desain Grafis, Apa Saja?
  • 3 Cara Melihat Kata Sandi Email yang Lupa, Pakai HP dan Laptop
  • Mengenal Ransomware, Kejahatan Siber yang Bisa Lumpuhkan Sistem!

Salah satu kelemahan yang cukup signifikan dari gratis adalah tidak adanya dukungan teknis langsung. Artinya, jika kamu menemui masalah, kamu mungkin tidak bisa mendapatkan bantuan dari customer service. 

Sebaliknya, program antivirus berbayar biasanya menawarkan dukungan pelanggan yang lebih baik. Jika kamu menemui masalah, kamu dapat menghubungi layanan pelanggan dan mendapatkan bantuan dengan segera.

5. Iklan

7 Perbedaan Antivirus Gratis dan Berbayar, Mana Lebih Baik?

Program antivirus gratis umumnya menampilkan banyak iklan untuk menghasilkan pendapatan. Iklan ini bisa berbentuk pop-up atau bahkan spanduk dan seringkali dianggap mengganggu pemandangan dan memperlambat kinerja perangkat.

Sebaliknya, program antivirus berbayar seringkali tidak menampilkan iklan. Kalaupun ada, biasanya hanya sedikit. Dengan demikian, ini dirasa lebih nyaman karena tidak mengganggu pemandangan atau memperlambat kinerja perangkat.

6. Pembaruan

7 Perbedaan Antivirus Gratis dan Berbayar, Mana Lebih Baik?Perbedaan lain antara gratis dan berbayar adalah frekuensi pembaruannya. gratis mungkin jarang menyediakan pembaruan. Ini berarti program mungkin tidak dapat melindungi komputer dari ancaman terbaru.

Sebaliknya, pengembang berbayar menyediakan pembaruan yang lebih sering. Ini membantu memberikan perlindungan yang lebih baik dari ancaman yang baru ditemukan.

7. Keandalan

7 Perbedaan Antivirus Gratis dan Berbayar, Mana Lebih Baik?
Perbedaan utama lainnya antara program gratis dan berbayar adalah soal keandalannya. Program gratis mungkin kurang dapat diandalkan dibandingkan versi berbayar.

Kurangnya fitur, minimnya pembaruan, tidak adanya layanan pelanggan membuat gratis mungkin tidak dapat melindungi komputer dari semua ancaman online. Sebaliknya, banyaknya fitur dan pembaruan dari berbayar membuat ini lebih mampu diandalkan untuk melindungi perangkat dari berbagai kerentanan.

Demikianlah perbedaan gratis dan berbayar. Sekarang, kamu mungkin bertanya-tanya mana yang harus kamu pilih.

Jika kamu mencari perlindungan dasar untuk menjaga keamanan komputer, gratis mungkin sudah cukup untukmu. Namun, jika kamu ingin perangkat selalu terlindungi dari ancaman terbaru dan menginginkan fitur yang lebih lengkap, ada baiknya berinvestasi di berbayar.

Baca Juga: 20 Antivirus Terbaik untuk Laptop, Proteksi dari Malware