Ini 9 Film Peraup Piala Oscar Paling banyak Ada ‘Titanic’ Sampai ‘Gandhi’

Ada ‘Titanic’ Sampai ‘Gandhi’, Ini 9 Film Peraup Piala Oscar Paling banyak

Piala Oscar Hajatan Academy Award ke-95 dihelat di Senin, 13 Maret 2023 pagi waktu di Indonesia, di Dolby Theatre Los Angeles, California. Di tahun 2023 ini, Everything Everywhere All at Once sukses menyikat piala Oscar sangat banyak. Dari 11 nominasi definisi yang dijangkau, film bertopik multiverse kreasi sutradara Daniel Kwan dan Daniel Scheinert ini berhasil bawa pulang 7 Piala Oscar dari The Academy Awards.

Penetapan juara Piala Oscar dilintasi proses penilaian panjang serta ketat, mencakup sejumlah syarat-syarat yang libatkan beberapa ahli. Hal itu menaungi sinematografi, premis narasi, akting ahli beberapa pemainnya, scoring musik, serta bentuk baju waktu film terjadi.

Atas kepiawaian semua awak film dalam melaksanakan sebuah premis tepat dengan sinematografi serta akting yang memikat, beberapa judul film yang sukses mencapai pulang sangat banyak Piala Oscar, bahkan juga sampai 11 piala sekalian.

Berikut ini daftar film peraup Piala Oscar terbanyak!

Piala Oscar

1. The Lord of The Ring: The Return of the Rings (2003)

Film ini jadi film ke-3 sekalian penutup dari trilogi The Lord of the Rings yang diadopsi dari novel classic JRR Tolkien. Selaku penutup trilogi film fantasi legendaris selamanya waktu, The Return of the Rings menyediakan perlawanan luar biasa di antara persekutuan manusia yang dipegang Gandalf serta Aragorn hadapi pasukan Sauron.

Sinematografi memperlihatkan visual perlawanan yang istimewa, narasi yang baik, dan akting yang bagus dari beberapa artisnya mebuat film ini sukses menyikat 11 Piala Oscar.

Sejajar dengan Titanic, The Return of the Ring jadi film dengan peraup penghargaan paling banyak dalam riwayat Oscar, terhitung Best Picture, Best Director (Jackson), Best Writing, Best Costume Desain, Best Visual Efeks, dan enam penghargaan yang lain.

2. Titanic

Piala Oscar

Film romansa-tragis karya James Cameron ini berhasil bikin basah juta-an pasang mata melalui kejadian hubungan cinta yang mengiris hati di antara Jack dan Rose. Mengepak petaka kecelakaan kapal pesiar eksklusif dengan cinta romansa yang emosional, membuat Titanic layak memperoleh predikat film terlaris sepanjang hidup.

Titanic pun jadi “ticket emas” yang mengirimkan Leonardo di Caprio sebagai artis tertampan di waktunya yang disukai banyak kelompok udara. Tidak lupa, akting Kate Winslet jadi Rose yang pakar ikut menitik decak takjub banyak pemirsa.

Karena sinematik dan alur cerita yang sentuh, Titanic sukses mendapati 11 Piala Oscar pada gelaran Academy Awards 1998. Tentang hal definisi yang dicapai film ini termaksud Film Terhebat, Sinematografi Terpilih, Lagu Asli Terpilih, dan definisi yang lain.

3. Ben-Hur (1959)

Film tahun 1959 ini bercerita orang pemuda namanya Ben-Hur yang ingin melepaskan marahnya pada Messala, teman dekatnya yang membelot padanya. Messala sendiri adalah pejabat Romawi yang merencanakan mengambil tanah Yerusalem. Film berdasar awalan zaman pertama di Judea ini jadi ilham buat industri sinema Hollywood saat bikin kreasi sinematik bertema kolosal.

Walaupun film ini cukup usang, tapi film ini dapat menghadirkan sinematografi perlawanan Ben-Hur menantang pemerintahan Romawi yang tepat di abadnya. Sampai film ini jadi salah satunya film dengan cost produksi paling mahal, adalah sebesar US$15,175 juta atau sama dengan Rp385,7 milyar bila diubah nilai mata uang sekarang ini.

Film ini memetik penghormatan manis dari bermacam faksi dan sukses menggandeng 11 Piala Oscar. Tergolong grup Film Terpilih, Sutradara Terpilih, dan Artis Terhebat buat Charlton Heston.

4. West Side Story (1961)

Balik, film classic bertopik cerita musikal jadi satu diantara daftar film peraup Piala Oscar paling banyak sejauh riwayat. Film itu yakni West Side Story sebagai film sinetron fantastis di waktu 60-an. Film yang diperintah oleh sutradara Robert Wise serta Jerome Robbins ini diadopsi dari musikal Broadway dengan judul yang serupa kreasi Arthur Laurents, Leonard Bernstein, dan Stephen Sondheim.

Sukses memenangi 10 Piala Oscar tergolong definisi Film Terbaik dan Artis Pendukjny Terhebat buat Rita Moreno, selanjutnya membikin West Side Story menjadi salah satunya kisah musikal terbaik selamanya waktu.

5. The English Patient (1996)

Satu kembali film romansa sukses memboyong banyak Piala Oscar. Diluncurkan di tahun 1996, The English Patient jadi film romantis Hollywood yang cukup unik serta gak terpikir oleh beberapa pencinta film pada periode itu.

Menyatukan peperangan dengan bagian romansa didalamnya, film ini bercerita peristiwa hidup 4 orang yang bersinggah di vila amburadul sewaktu beberapa momen paling akhir Perang Dunia II. Dalam perjumpaan mereka berempat, satu demi satu narasi gelap salah satunya juga mulai tersingkap. Diantaranya cerita pertalian cinta yang pahit yang sertakan perselingkuhan.

Walau sukses raih 12 nominasi di gelaran itu, The English Patient sanggup bawa pulang 9 Piala Oscar. Salah satunya Film Terhebat, Sutradara Terhebat, serta Artis Partisan Terbaik.

6. The Last Emperor (1987)

Film peraup Piala Oscar paling banyak seterusnya yakni The Last Emperor yang ditangani oleh sutradara Italia Bernardo Bertolucci. Film biopik peristiwa ini ditarik dari kejadian riil kehidupan Kaisar Tiongkok terakhir namanya Puyi yang mengkepalai Dinasti Qing.

Menyoroti perjalanan serta perjuangan hidup Puyi (John Lone) di era pemerintah monarki Tiongkok. Mulai dengan zaman kecil, pada saat diangkat jadi kaisar, sampai jadi sandera politik di bawah kepemimpinan komunis.

The Last Emperor menghajar habis 9 nominasi yang diperolehnya sukses bawa pulang ke sembilan Piala Oscar itu. Film ini sukses meraih kemenangan piala Film Terbaik, Sutradara Terbaik buat Bertolucci, Rancangan Baju Terbaik, dan enam nominasi yang lain.

7. Gigi (1958)

Film musikal bertajuk romansa yang mendapatkan predikat peraup piala Oscar paling banyak lalu Gigi. Punya premis simpel yang diadopsi dari novel dengan judul sama kreasi Collete, film ini bercerita pertemanan di antara seorang kupu-kupu malam dengan playboy tajir yang jemu akan hidupnya.

Tersangkut desas-desus peka yang dibuntel narasi sentuh dengan bumbu romansa tepat, bikin Gigi dipenuhi memperoleh tanggapan amat positif dari kritikus. Lebih, tipe visual sinematografi yang memberikan hati mata dan alunan musiknya yang syahdu menambahkan fantastis film ini.

Dengan keseluruhan sembilan nominasi di Oscar 1959, Gigi sukses sapu bersih semua nominasi sembilan piala Oscar. Soal ini pasti menggoreskan peristiwa sebab Gigi jadi salah di antara satu dari sedikit film yang sukses memboyong habis nominasi yang diterima.

8. Gone With Wind (1939)

Gone With The Wind yakni film classic sejenis cerita histori yang sukses menjejaki barisan Box Office Hollywood waktu 30 tahun beruntun. Dikeluarkan di tahun 1939, film ini masuk ke mahakarya sinematik besar dan menggoyang histori dunia film.

Disutradai Victor Fleming, film ini menceritakan Keluarga O’Hara yang hidup di abad Perang Sipil Amerika. Pergesekan pada film ini mulai waktu peristiwa cinta Scarlett O’Hara, orang janda beranak satu dan Rhett Butler harus hadapi prahara di tengahnya Perang Sipil Amerika.

Gone With the Wind meraih kemenangan 8 penghargaan Oscar tergolong Film Terpilih, Sutradara Terbaik, serta, Artis Terhebat.

9. Gandhi (1982)

Piala Oscar Gandhi

Gandhi adalah film biopik yang menceritakan perjuangan figur besar kemerdekaan India, Mahatma Gandhi. Disutradarai oleh Richard Attenborough, Gandhi menyoroti perjalan hidup Gandhi.

Mula karir awalannya menjadi advokat muda di Afrika Selatan sampai meninggalnya di tahun 1948 gara-gara pembunuhan oleh Nathuram Godse, pelaksana fanatik Hindu. Film ini menuturkan idealisme serta penilaian Gandhi yang kuat dalam menantang ketidakadilan dan rasisme di Tanah Inggris.

Dari 11 nominasi, Gandhi sukses bawa pulang 8 Tropi Oscar. Kian menyenangkan hati, Bhanu Athaiya pun jadi orang India pertama-tama yang meraih kemenangan Piala Oscar dalam definisi Perancangan Pakaian Terhebat.

Dari ke-9 film di atas, Gone with the Wind (1939), From Here to Eternity (1953), Slumdog Millionaire (2008) dan Amadeus (1984), pun menggapai 8 piala Oscar dari di antara 11 sampai 13 nominasi yang diterima.

Istimewa, ya! Artikel Di Rangkum Jurnalis Kami : Berita Burung