Orang Indonesia Tipe Pekerja Keras Suka Cari Pekerjaan Sampingan, Ini Buktinya 2023

Orang Indonesia Tipe Pekerja Keras Suka Cari Pekerjaan Sampingan, Ini Buktinya

BERITA BURUNG – Orang Indonesia memiliki tipe pekerja keras, salah satunya ditandai dengan getol mencari pekerjaan sampingan. Hal itu setidaknya tergambar dari penelusuran Google melalui Google Trends selama September 2021-September 2022 dan Desember 2021-Desember 2022 serta berdasarkan laporan e-Conomny SEA 2022.

Orang Indonesia

Dalam penelusurannya itu, pencarian kata kunci ‘side hustle’ atau pekerjaan sampingan naik 50 persen dan ‘financial freedom’ (kebebasan finansial) juga meningkat sebesar 50 persen dari tahun sebelumnya (YoY).

Menurut Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing, Google Indonesia, ramainya pencarian ‘side hustle’ dan ‘financial freedom’ ini oleh orang-orang Indonesia dimungkinkan karena masyarakat negeri ini semakin ingin memikirkan masa depannya yang lebih baik.

Orang Indonesia

“Terlebih lagi dengan banyak hal tidak terduga yang terjadi, kita bisa lihat dalam laporan ini bahwa mereka mencoba mengontrol kembali hidupnya dan mencari cara-cara baru menuju kemandirian finansial,” kata Yolanda dalam keterangannya, Jumat (17/2).

Seiring dengan hal itu, jumlah penelusuran untuk ‘hybrid learning’ atau pembelajaran hybrid naik menjadi 200 persen (YoY). Ini menandakan bahwa orang Indonesia juga mau belajar hal baru untuk bisa mendapatkan pekerjaan sampingan yang harapannya berujung pada finansial freedom.

Masyarakat Indonesia pun semakin sadar bahwa ‘work life balance’ atau keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi begitu diperlukan. Perilaku itu tercermin dari pencarian kata ‘work life balance’ meningkat sebesar 100 persen.

Orang Indonesia

Oleh sebab itu, mereka cenderung menginginkan bekerja dari jarak jauh, di mana penelusuran ‘remote work’ atau pekerjaan jarak jauh melonjak 60 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Tanpa basa-basi, sebanyak 42 persen responden yang disurvei, menyebut tak ragu menolak pekerjaan jika mereka tidak dapat bekerja dari rumah.

“Sangat menarik untuk diperhatikan bahwa laporan tahun ini mencatat banyak sekali momen yang bisa dijadikan perenungan mendalam,” kata Yolanda.

Jadi, apakah kamu tipikal pekerja keras suka cari pekerjaan sampingan?