6 Langkah Menyembuhkan Radang Kerongkongan Aman dan Efisien, Kerjakan Hal Berikut

6 Langkah Menyembuhkan Radang Kerongkongan Aman dan Efisien, Kerjakan Hal Berikut

Beritaburung.id, Jakarta – Ada cara-cara menyembuhkan radang kerongkongan aman dan efisien yang dapat Anda kerjakan. Radangtenggorokan ialah keadaan yang umum dan umumnya tak perlu dicemaskan.

Radang Kerongkongan

Radang kerongkongan bahkan juga dapat pulih sendirinya dalam kurun waktu satu minggu. Tetapi, bila Anda terusik dengan kondisi ini, Anda bisa juga lakukan cara-cara untuk menanganinya.

Radang kerongkongan sendiri ialah merasa sakit, kering, atau gatal di kerongkongan. Sakit di kerongkongan adalah tanda-tanda yang umum. Umumnya radang kerongkongan disebabkan karena infeksi, atau oleh factor lingkungan seperti udara kering.

Radangtenggorokan (faringitis) adalah masalah kesehatan yang umum, khususnya sepanjang cuaca dingin. Dan, radang kerongkongan umumnya tiba dibarengi dengan flu, batuk, sampai sakit di kepala.

Berikut cara-cara menangani radang kerongkongan yang dapat Anda kerjakan, dikutip dari health.clevelandclinic.org dan pennmedicine.org.

Langkah Menangani Radang

Berikut ialah cara-cara menangani radang kerongkongan yang dapat Anda coba;

Radang Kerongkongan

1. Berkumur dengan Air Garam

Langkah menangani radang kerongkongan yang pertama dengan berkumur memakai air garam. Walau air garam kemungkinan tidak memberi kesembuhan pada radang dengan selekasnya, ini masih sebagai obat yang efisien untuk mematikan bakteri sekalian longgarkan lendir dan kurangi merasa sakit. Cukup campur 1/2 sdt garam ke satu cangkir air hangat dan pakai untuk berkumur-kumur.

2. Madu

Langkah menangani radang kerongkongan yang ke-2  dengan memakai madu. Madu adalah obat terbaik untuk sakit kerongkongan karena karakter antibakteri alaminya yang memungkinkan bertindak selaku pengobat cedera, dan selekasnya menurunkan merasa sakit sekalian bekerja untuk kurangi infeksi. Madu dapat mematikan bakteri dan menolong menantang infeksi virus.

Bila Anda menanggung derita batuk kronis selainnya sakit kerongkongan, madu dapat bertindak selaku penekan batuk yang efisien. Campur dua sendok makan madu dengan satu gelas air hangat atau teh dan aduk sampai rata. Minum seringkali satu hari sama sesuai keperluan. Penting untuk dicatat jika madu jangan dikasih ke bayi di bawah umur setahun.

3. Lemon

Langkah menangani radang kerongkongan yang ke-3  dengan memakai lemon. Serupa sama air garam dan madu, lemon juga baik untuk sakit kerongkongan karena bisa menolong merusak lendir dan menurunkan ngilu.

Ditambah lagi, lemon dibungkus dengan vitamin C yang bisa menolong tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh dan memberikannya semakin banyak kemampuan untuk menantang infeksi Anda. Campur satu sendok teh air perasan buah lemon ke satu gelas air hangat dan minum dengan teratur.

4. Teh Tipe Tertentu

Langkah menangani radang yang keempat dengan konsumsi teh dari tipe tertentu. Ada beberapa tipe teh herbal yang dapat Anda coba untuk menurunkan sakit kerongkongan secara cepat. Salah satunya ialah teh cengkeh dan teh hijaukarena ke-2 nya memiliki kandungan karakter antibakteri dan anti-inflamasi untuk menantang infeksi sekalian memberi kelegaan.

BACA JUGA: efek-sering-minum-minuman-manis

Teh raspberry, chamomile, dan peppermint ialah opsi yang baik untuk hilangkan merasa sakit dan kurangi infeksi. Teh chamomile bisa berperan sebagai pelumas alami, maka bila suara Anda serak dan alami kesusahan bicara, teh ini ialah opsi yang terbaik. Sementara, teh peppermint dengan alami bisa membuat kerongkongan mati rasa dan kurangi merasa sakit.

5. Humidifier

Langkah menangani radang yang ke-5 dengan memakai humidifier untuk buka sinus. Bila Anda alami kenaikan jumlah sakit kerongkongan pada sebuah waktu, kemungkinan telah saatnya untuk melakukan investasi dengan beli pelembap udara atau humidifier.

Udara kering, khususnya sepanjang beberapa hari musim dingin menjadi pemicu sakit kerongkongan. Humidifier akan jaga kelembapan udara dan buka sinus Anda. Tambah satu atau dua sendok makan larutan hidrogen peroksida untuk memberi kelegaan tambahan.

6. Antihistamin dan Penurun Ngilu

Langkah menangani radang yang ke enam dengan konsumsi antihistamin atau obat penurun ngilu yang dipasarkan bebas. Antihistamin bisa menyanggalkan atau menurunkan ngilu kerongkongan. Acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen menolong menangani merasa sakit yang berada sedikit dalam di kelenjar dan sisi leher yang lain.