7 Langkah Menjaga Bunga Mawar Supaya Cepat Berbunga, Benar-benar Sederhana

7 Langkah Menjaga Bunga Mawar Supaya Cepat Berbunga, Benar-benar Sederhana

Beritaburung – Langkah menjaga bunga mawar tidak sulit. Bila kamu mempunyai bunga mawar pasti kamu ingin menjaganya dengan segenap hati supaya tanaman itu mempunyai bunga yang mekar dan wangi.

Ini adalah tanaman hias yang kerap ditanamkan setiap rumah. Berwarna yang ceria dan mempunyai wewangian wangi, jadikan bunga ini dicintai beberapa orang.

Bunga mawar ini identic dengan warna merah. Walau sebenarnya, banyak tipe tanaman bunga mawar yang dapat di tanam di pelataran rumah. Seperti bunga mawar warna ungu yang super harum, ungu pucat, batik kuning, dan warna yang lain. Diambil dari bibitbunga.com, berikut faktor-faktor yang paling biasa terjadi kenapa bunga mawar tidak juga berbunga.

Dan langkah menjaga bunga mawar. Baca penjelasannya di bawah ini.

1. Pencahayaan Matahari (Intensif Sinar) yang pas

Mawar
Semua tipe tumbuhan terhitung bunga mawar benar-benar memerlukan cahaya matahari. Cahaya matahari ini berperan untuk menolong proses fotosintesis. Tanpa cahaya matahari proses fotosintesis tidak jalan secara lancar. Cahaya matahari dapat menolong proses florasi atau pembungaan bisa lebih cepat dan efisien.

Oleh karenanya, tempatkanlah bunga mawar pada lokasi yang memperoleh intensif sinar yang cukup, khususnya cahaya matahari saat pagi hari sekitaran jam 06.00-10.00 WIB. Waktu itu ialah waktu tumbuhan yang pas untuk lakukan mekanisme fotosintensis. Bila kamu menempatkan tanaman bunga mawar dalam ruangan, upayakan tiap pagi hari selalu menjemur bunga mawar di bawah cahaya matahari dengan teratur. Ini akan menolong bunga mawar cepat berbunga.

2. Pengaturan gulma

Saat menanam tanaman, kita tidak dapat menghindar beragam jenis gulma pengganggu. Seperti saat kita menaman bunga mawar. Supaya bunga mawar cepat berbunga, karena itu kamu selalu harus mengontrol gulma itu, dengan teratur, tidak hanya kadang-kadang. Kamu harus juga bersihkan gulma yang tumbuh di tempat tanam di pot disekitaran tanamannya. Semua rumput-rumput pengganggu harus rajin dibikin bersih.

Bila tidak ditarik, karena itu ini akan mengusik proses perkembangan bunga mawar. Banyak orang yang malas bersihkan gulma itu, perkembangan bunga mawarnya akan terhalang. Saat sebelum kamu lakukan pemupukan, yakinkan lebih dulu semua gulma telah dibikin bersih, hingga pupuk dan gizi yang diberi akan mempernyerap secara baik pada akar mawar. Memperhitungkan ada gulma benar-benar menolong tanaman bunga mawar supaya tidak berebut gizi dengan rumput liar disekitaran tanaman.

3. Proses pemupukan

bunga mawar indah

Bunga mawar

Bunga mawar
Supaya bunga mawar bisa berbunga secara cepat, kamu wajib melakukan pemupukan dengan teratur. Pemupukan akan memberi semua elemen hara pada tanaman bunga mawar. Elemen hara yang ada dalam tanah kadang kurang cukup untuk memenuhi keperluan gizi dari bunga mawar. Kamu dapat lakukan pemupukan 2x dalam satu bulan atau sekali dalam setiap dua minggu.

Kamu bisa juga memakai pupuk kandang, pupuk kompos atau pupuk NPK. Bila memakai pupuk NPK mutiara cukup beri 2 butir tiap tanamannya. Pupuk NPK mempunyai banyak elemen hara yang paling komplet. Ada fosfot, nitrogen dan kalium. Semua elemen hara itu bisa menolong bunga mawar berbunga bisa lebih cepat. Disamping itu sanggup tingkatkan kebal tanaman pada hama dan tingkatkan kesuburan tanaman.

4. Beri ZPT Seperti Atonik atau Gandasil B

Salah satunya langkah supaya tanaman bunga mawar dapat berbunga secara cepat dan lebat yakni dengan memberi ZPT. ZPT ialah zat perangsang yang hendak menolong pada proses pembungaan bisa lebih cepat. Kamu dapat memakai ZPT tipe pupuk gandasil B. Pupuk ini umumnya dipakai untuk melipatgandakan hasil bunga. Dalam ZPT ini memiliki kandungan kalium yang tinggi sekali. Kalium berikut yang hendak menggairahkan bunga mawar lakukan proses pembungaan bisa lebih cepat. Oleh karenanya banyak petani bunga mawar yang memakai ZPT ini.

5. Proses penyiraman tanaman mawar

Penyiraman tanaman bunga mawar dengan teratur bisa tingkatkan kesempatan bunga mawar berbunga cepat dan lebat. Tanpa penyiraman bunga mawar, karena itu tidak bisa tumbuh secara baik. Air benar-benar diperlukan oleh tumbuhan. Semua proses di dalam tumbuhan tentu memerlukan kandungan air yang tinggi. Air akan diserap oleh akar dan disebarkan ke semua sisi tanaman. Bila bunga mawar kekurangan air, maka membuat jadi cepat layu dan mati.

Proses penyiraman dapat kamu kerjakan 2x satu hari yakni pada sore dan pagi hari. Tidak boleh lakukan penyiraman di siang hari sebab bisa membuat tanaman cepat layu. Di saat musim penghujan, kamu dapat lakukan penyiraman sama sesuai keperluan. Kamu pun tidak harus menyirami bunga mawar 2x satu hari.

Yakinkan selalu untuk memakai air bersih untuk menyirami bunga mawar. Kamu bisa juga memakai air cucian beras untuk menyirami bunga mawar. Air cucian beras ini bisa menolong tingkatkan kesuburan tanah, hingga bunga mawar tumbuh lebih subur.

6. Pemotongan tanaman bunga mawar

Langkah menjaga bunga mawar yang lain yakni memotong tanaman. Beberapa orang yang lupakan perawatan yang ini. Walau sebenarnya, bila kamu rajin memotong tanaman mempunyai bermacam faedah. Tanaman bunga mawar yang kebanyakan dahan, ranting dan daun umumnya perkembangan bunganya akan terhalang atau cuma berbunga sedikit.

Hasil fotosintesisnya cuma dipakai untuk perkembangan dahan ranting dan daunnya saja, hingga perkembangan bunga mawarnya terhalang. Oleh karenanya kamu selalu harus rajin lakukan pemotongan. Membersihkan sisi dahan dan ranting yang tua. Membersihkan daun yang kering . Maka tanaman akan konsentrasi di proses pembungaan saja. Kerjakan penggunaan minimum dua minggu sekali.

7. Pengaturan penyakit dan hama

Bunga mawar
Langkah menjaga bunga mawat yang paling akhir yakni pengaturan dari penyakit dan hama. Bunga mawar sebagai salah satunya tanaman yang paling gampang terkena penyakit hama. Bila bunga mawar terkena penyakit atau hama, karena itu perkembangan dan proses pembungaannya terhalang . Maka bila ada sisi tanaman yang terserang hama penyakit, kamu harus langsung menghilangkan.

Saat kamu menyaksikan daun bunga mawar yang bolong-bolong, kamu dapat menyemprot insektisida atau toksin pembasmi serangga. Bila kamu menyaksikan tanaman mawar yang cepat layu meskipun telah disiram dengan teratur, kamu dapat menyiraminya fungisida, untuk membunuh semua jamur pengganggu. Tapi bila tidak ada masalah benar-benar, kamu tak perlu menyiraminya pestisida atau fungisida.

Demikian pembahasan mengenai langkah menjaga bunga mawar yang benar dan baik. Bila kamu lakukan semua proses perawatan itu, karena itu bunga mawar akan cepat berbunga. Mudah-mudahan artikel ini berguna. Dan mudah-mudahan mawar yang kamu tanam cepat berbunga ya.