Mengenali Tipe Pengecekan untuk Menganalisis Tumor Otak

Mengenali Tipe Pengecekan untuk Menganalisis Tumor Otak

Beritaburung – Tumor otak ialah massa atau tonjolan yang terjadi karena perkembangan sel abnormal di otak.

Tumor otak dapat memiliki sifat garang (kanker) atau memiliki sifat jinak (bukan kanker). Beberapa tumor tumbuh secara cepat, sementara lainnya tumbuh lamban.

Bagaimana tumor otak didiagnosa?

Menganalisis tumorotak menjadi proses yang sulit dan kemungkinan mengikutsertakan beberapa dokter specialist.

Tetapi pada beberapa kasus, dokter kemungkinan mengetahui tumor otak saat lakukan test untuk permasalahan klinis lain.

Bila Anda alami tanda-tanda tumorotak , dokter akan lakukan pengecekan fisik dan ajukan pertanyaan sekitar tanda-tanda, keadaan kesehatan dahulu dan saat ini, obat-obatanyang dimakan, operasi dan perawatan klinis, dan kisah kesehatan keluarga.

Dokter dapat lakukan pengecekan neurologis yang mengikutsertakan penelusuran peralihan pada kesetimbangan dan koordinir, status psikis, pendengaran, pandangan, dan refleks.

Peralihan ini bisa memperlihatkan sisi otak yang kemungkinan dipengaruhi oleh tumor.

Bila Anda diduga mempunyai resiko tumor otak , karena itu dokter akan lakukan penyekenan otak yaitu MRI.

Tumor otak

Test apa yang hendak dilaksanakan untuk menganalisis tumor otak ?

1. MRI otak atau CT scan

Magnetic resonance imaging (MRI) ialah test pencitraan terbaik untuk mengenali tumor otak. Computed tomography (CT) ialah alternative yang bagus bila Anda tidak bisa jalani MRI.

Saat sebelum jalani test ini, zat yang membuat tumor lebih gampang disaksikan yang disebutkan zat kontras disuntikkan ke salah satunya pembuluh darah Anda. Tes-tes ini bisa memperlihatkan ukuran tumor dan status yang pas dengan detail.

2. Biopsi

Dokter umumnya perlu lakukan biopsi tumor (pengangkatan contoh tumor untuk pengecekan di bawah mikroskop) untuk mengenali tipe tumor atau kanker.

Seorang pakar bedah saraf bisa lakukan biopsi sepanjang operasi di mana mereka hapus semua atau beberapa dari tumor. Bila tumor susah dicapai, karena itu mereka kemungkinan lakukan biopsi stereotaktik, yang mengikutsertakan pembikinan lubang kecil di tengkorak Anda dan memakai jarum untuk ambil contoh jaringan dari tumor.

3. Proses keran tulang belakang

Keran tulang belakang ialah proses ambil cairan tulang belakang dan otak (serebrospinal).

Untuk proses ini, dokter akan memakai jarum kecil untuk keluarkan cairan serebrospinal (CSF) dari sekitaran tulang belakang Anda. Laboratorium mengecek cairan ini untuk cari sel kanker.

4. Test khusus

Test tertentu kadang bisa menolong analisis. Misalkan, dokter mengecek darah dan cairan serebrospinal Anda untuk zat yang dilepaskan tumor tertentu yang disebutkan pertanda tumor. Mereka dapat mengetes abnormalitas gen yang disebut karakter tumor tertentu.

Begitu paparan berkenaan analisis tumor otak dan test yang umum dilaksanakan oleh dokter specialist.