Pintu Gerbang Kerajaan Majapahit Diketemukan, Seperti ini Keadaannya 2023

Pintu Gerbang Kerajaan Majapahit Diketemukan, Seperti ini Keadaannya

Kerajaan Majapahit Situs Kumitir yang ada pada Dukuh Bendo, Kampung Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, tertengarai selaku salah satunya tempat istana bangsawan di lingkungan Kerajaan Majapahit.

Pelbagai penemuan batu bata, susunan bangunan, sampai beberapa benda spesifik memperkokoh sangkaan bakal kehadiran tapak Majapahit di website itu.

Kerajaan Majapahit

Pada sebuah video yang tidak lama ini dipublikasikan channel Youtube ASLI MOJOKERTO, mempertunjukkan sebuah susunan bangunan yang ditaksir sebagai pintu gerbang istana Majapahit.

Proses ekskavasi yang tengah dilakukan sampai kini belum bisa jalan maksimal ditambah kehadiran pintu gerbang itu yang tetap ada di dalam area punya warga. Bagaimana pemunculan secara lengkap? Baca info ini.

Hasil Pintu Gerbang Istana Majapahit

Kerajaan Majapahit

Dimulai dari laporan penduduk di tempat, penemuan suatu talud yang diprediksi menjadi gerbang istana Majapahit di Situs Kumitir menimbulkan perhatian Arkeolog.

Masyarakat pertama kalinya sukses mendapati talud disebelah timur dengan panjang sekitaran 10 mtr.. Lihat ada kemungkinan tersedianya susunan bangunan kuno, masyarakat menyampaikan ke Tubuh Konservasi Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur buat proses lebih jauh.

Petugas coba memantau penemuan itu melalui ekskavasi kurang lebih 50 mtr.. Sesudah proses diteruskan, petugas sukses temukan suatu susunan bangunan memanjang serupa benteng dengan panjang diperhitungkan 316 mtr. dan lebar 203 mtr..

Pada sisi sudut bangunan, ditemui sebuah pos menjaga di sejumlah titik. Berpedoman pada penemuan itu diduga bangunan itu seperti benteng dan kemunculan pintu gerbangnya ada benar di tengah-tengah.

Kerajaan Majapahit Susunan Bangunan Terbenang Air

Bangunan yang sudah ditemui tidak akan berwujud terang. Bisa disaksikan susunan setumpuk batu bata merah memanjang, tapi sejumlah batu bata telah dalam posisi tumbang.

Susunan bangunan pun sekarang ini tergenang sungai lantaran dekat sama sungai serta berdasarkan keterangan masyarakat, sungai itu tidak dalam maka dari itu air membludak sampai menenggelamkan bangunan.

Karena keadaan susunan bangunan yang makin tergenang air, bikin batu bata riskan tergerus serta tertutup lumut.

Kerajaan Majapahit Proses Pembangunan Terhambat Tentang pembuatan izin

Kerajaan Majapahit

Proses ekskavasi dijadwalkan a ulang diteruskan, tetapi ada hambatan pembebasan area serta persetujuan dengan masyarakat. Lebih-lebih lokasi bangunan itu benar ada dalam area punya penduduk yang memiliki nama Budi.

“Bila masalah tempo hari waktu pengen diekskavasi itu dari penduduk yang miliki tanah ini kan bahwasanya dahulu waktu ekskavasi ada sewa ganti kerugian. Selalu ini inginnya warga sini ya ini waktu nggak dapat ditanam bahwasanya mesti dicarter,” ujar orang masyarakat di saluran Youtube ASLI MOJOKERTO.

Kemunculan tempat itu kurang lebih udah mengusik kesibukan penduduk yang mau menanam. Lebih banyak tanah yang sekarang dipakai buat proses ekskavasi. Penduduk mengharap ada aturan yang dibikin hingga tidak memberikan kerugian keduanya.

“Niat orang sini itu nggak sama bikin rugi . Sehingga pemerintahan pula jalan, masyarakatnya jalan. Artinya jalan untuk waktu sewa ini. Pada akhirnya tempo hari dana diarahkan ke Tribhuwana Tunggadewi,” susulnya.
Artikel Dari Berita Burung