Kartun SpongeBob SquarePants 5 Pengetahuan Biologi yang Bisa Diambil

5 Pengetahuan Biologi yang Bisa Diambil dalam Kartun SpongeBob SquarePants

Kartun SpongeBob Berdasar belakang di lautan, seri legendaris SpongeBob Squarepants ceritakan kehidupan lautan yang tidak pernah kita kenal awal kalinya. Apa lagi si inisiator, almarhum Stephen Hillenburg yaitu seseorang pakar biologi laut sekalian pendidik biologi.

Di bawah payung produksi Nickelodeon, kartun ini gak cuman tampilkan episode SpongeBob serta teman-teman yang penuh komedi dan mengocak perut. Hillenburg sebagai animator SpongeBob Kartun SpongeBob kerapkali menambahkan pengetahuan biologi pada sejumlah adegan kreasinya.

Hasilnya, SpongeBob Squarepants jadi seri selingan yang gak cuma penuh bakal arti kehidupan, namun juga penuh pengetahuan Biologi yang bisa memperbanyak wacana pengetahuan kita. Terus, ada pelajaran biologi apa sajakah yang berada pada kartun SpongeBob Squarepants? Sedetailnya akan dikupas di artikel beriku !

Kartun SpongeBob

1. Tiap makhluk hidup miliki ciri-ciri unik semasing

Kartun SpongeBob Adegan Pressure (2001) jadi bukti jika tiap-tiap makhluk hidup memiliki ciri, pembawaan, serta komunitasnya khusus. Makhluk laut tidak dapat hidup darat tanpa air dan mudah jadi makanan predator darat. Juga kebalikannya, makhlut darat gak dapat hidup di air tanpa alat tolong pernafasan.

Dalam adegan ini, nampak suatu kompetisi seru di antara Sandy (makhluk darat) dan SpongeBob, Patrick, Tuan Krabs dan Squidward (makhluk laut) buat perlihatkan siapakah yang paling baik. Pertarungan ini dimulai saat Spongebob menghina Sandy yang tidak dapat bernafas di air tanpa ada baju astronautnya.

Sampai, mereka juga tidak enggan buat sama sama jatuhkan serta melawan keduanya untuk mengakui siapa makhluk hidup yang terhebat. Pucuknya, Sandy menentang SpongeBob serta rekan-rekan untuk tetap bertahan hidup di dataran.

Mulanya, banyak makhluk laut sukses sampai dataran tiada problem. Nahas, mereka jadi sasaran banyak burung yang lagi lapar. Menyaksikan teman akrab lautnya dalam bahaya, Sandy hanya satu makhluk darat pada akhirnya Sandy membantu mereka.

2. Siput butuh cangkang untuk tetap bertahan hidup

Kartun SpongeBob

Di pelajaran biologi bab anatomi hewan, diterangkan jika siput yakni hewan moluska mempunyai tubuh lunak dan gak memiliki tulang belakang. Lantaran badannya yang mudah, karenanya siput butuh cangkang jadi “rumah” buat perlindungan dianya sendiri dari bahaya.

Berikut ini sebagai buah pikiran untuk Hillenburg dalam membuat adegan Shell Shocked (2009). Dalam adegan itu, Gary berduka serta geram sewaktu cangkangnya pecah gara-gara ketidaksengajaan SpongeBob. Di mana badan Gary tampak benar-benar menyeramkan saat tanpa cangkang.

Akan halnya manfaat cangkang untuk siput yaitu membuat perlindungan dirinya sendiri dari virus, cahaya matahari dan kotoran yang melekat dan selaku pertahanan dari problem predator. Siput pula perlu cangkang untuk menjaga dianya biar tidak terangkut derasnya laut.

3. Proses perkembangan tanaman

Perkembangan tanaman dan fotosintetis pertama diperinci mata pelajaran Pengetahuan Pengetahuan Alam di kursi sekolah dasar. Begitu halnya adegan Home Sweet Pineapple (1999) yang melipur memaparkan sebuah proses perkembangan tanaman dari biji sampai tumbuh berbuah terhadap pemirsa.

Diakhir narasi, diterangkan jika biji kerikil yang terserang air mata SpongeBob merupakan sebuah biji nanas. Dari biji itu, selanjutnya tumbuh buah nanas sebagai rumah SpongeBob.

Fragmen ini pula memperjelas kalau air bertindak sentra dalam bertumbuhnya tanaman. Manfaatnya untuk mengawasi temperatur tanaman, menghalang tanaman layu, dan menolong waktu proses fotosintesis.

4. Metamorfosis kupu-kupu

Kehadiran Wormy (2000) yang beralih dari cacing jadi kupu-kupu gak cuma buat heboh penduduk Bikini Bottom. Dan juga jadi dalang kerusakan kota itu, di mana Wormy sendiri dipandang sebagai monster menyeramkan.

Dalam adegan berikut, kita jadi belajar proses metamorfosis kupu-kupu. Mengenai posisi metamorfosis kupu-kupu terdiri 4 tingkatan adalah, telur, larva (kupu-kupu), pupa (kepompong) serta tumbuh jadi kupu-kupu.

Kupu-kupu merupakan hewan dengan kelompok metamorfosis prima. Dalam perubahannya ketujuan dewasa, kupu-kupu mengenyam peralihan wujud badan, performa serta sikap yang lain.

5. Plankton sebagai makanan ikan

Kartun SpongeBob

Dalam satu diantara fragmen di adegan One Coarse Meal (2010), dilihat Plankton sangatlah ketakutan saat lihat Pearl, satu ekor ikan paus sebagai putri dari Tuan Krabs.

Kemungkinan beberapa beberapa anak atau orang memandang Plankton takut kepada Pearl sebab badannya yang lebih besar, seakan mau menyantap Plankton. Realitanya, plankton adalah makanan buat ikan paus dan hiu dewasa. Disamping plankton, mereka melahap larva serta ikan kecil.

Itu dia ke-5 pelajaran biologi yang bisa kita petik dalam kartun SpongeBob SquarePants. Mendapat suatu pengetahuan gak harus asal dari buku atau sekolah. SpongeBob SquarePants dapat jadi tontonan mendidik untuk memperkenalkan perihal-perihal terkait biologi, khususnya makhluk laut.

Disclaimer: artikel berikut telah ditampilkan di IDN Times dengan judul “5 Pelajaran Biologi yang Ada Pada Kartun SpongeBob SquarePants” oleh Amanda R Putri
Jurnalis Kami : Berita Burung