Ini Ketidaksamaan Nabi dan Rasul dalam Islam 2023

Jangan pernah Terubah, Ini Ketidaksamaan Nabi dan Rasul dalam Islam
Ke-2 nya berlainan, lho!

04 Juli 2023
Jangan sampai Tertukar, Ini Perbedaan Nabi dan Rasul dalam Islam
BERITA BURUNG Nabi dan Rasul menjadi dua figur suri tauladan oleh umat Muslim. Semua tabiat Nabi serta Rasul menjadi pijakan untuk menjalankan kehidupan. Akan tetapi, masih beberapa orang yang tidak bisa memilah Nabi serta Rasul. Beberapa orang itu memandang kalau Nabi dan Rasul ialah figur yang serupa. Faktanya, gak semuanya Nabi merupakan Rasul, lho. Nach, baca artikel yang ini agar kamu dapat mengerti di antara kesamaan serta ketaksamaan di antara Nabi dan Rasul dalam Islam. Berikut penuturannya.

Penjelasan Nabi dan Rasul
Jangan sampai Tertukar, Ini Perbedaan Nabi dan Rasul dalam Islam

Saat sebelum menyelisik ketidakcocokan Nabi serta Rasul, alangkah lebih baik kamu ketahui pengertian dari Nabi  terlebih dulu. D ikutip dari muslim.or.id, Nabi yaitu seorang yang dikasih wahyu oleh Allah SWT dengan syariat untuk dirinya, atau diperintah untuk sampaikan ke para yang udah bertauhid. Sedang Rasul adalah satu orang yang dikasih wahyu oleh Allah SWT dengan syariat dan disuruh untuk mengemukakan pada golongan yang menyelisihnya. Meski ke-2 nya tidak sama, tapi Nabi sama terima wahyu dari Allah SWT, lho. Perihal ini tercatat di Alquran surat Al Hajj ayat 52.

Jumlah Nabi serta Rasul yang wajib diimani
Jangan sampai Tertukar, Ini Perbedaan Nabi dan Rasul dalam Islam

Walaupun menjadi manusia kita tidak pernah berbicara dengan Nabi serta Rasul, tetapi keimanan kita kepada pribadi Rasul tak boleh redup. Nach, bercakap banyak, dua figur yang diutus oleh Allah SWT ini miliki ketidaksamaan yang penting. Jumlah nabi ialah 124.000, sementara itu jumlah rasul 312. Akan tetapi, dalam Alquran cuman ada sekian banyak nama Nabi yang dijelaskan, seperti keterangan yang tertera dalam surat Al-Ghafir ayat 787 berikut ini:

“Serta sebenarnya udah Kami utus sebagian orang saat sebelum kamu, dari mereka ada yang Kami beritahukan pada kamu dan dari mereka ada (juga) yang tidak Kami beritahukan pada kamu. Tidak bisa untuk seorang bawa sesuatu mu’jizat tetapi dengan izin Allah.” (Qs. Al-Ghafir: 787)

Sedangkan, ada 25 Nabi dalam Alquran serta Hadits yang wajib dipercayakan tiap-tiap muslim. Nabi dan Rasul yang penting disadari diantaranya:

Adam AS, Idris AS, Nuh AS, Hud AS, Saleh AS, Ibrahim AS, Luth AS, Ismail AS, Ishak (Ishaq) AS, Yaqub AS, Yusuf AS, Syu’aib AS, Ayyub AS, Dzulkifli AS, Musa AS, Harun AS, Daud AS, Sulaiman AS, Ilyas AS, Ilyasa’ AS, Yunus AS, Zakaria AS, Yahya AS, Isa AS, Muhammad SAW.

Ketaksamaan Nabi dan Rasul
Jangan sampai Tertukar, Ini Perbedaan Nabi dan Rasul dalam Islam

Selainnya tidak serupa dalam soal jumlah, dan Rasul pun banyak memiliki ketidaksamaan dalam soal yang lain. Berikut kesimpulan ketidaksamaan di antara Nabi dan Rasul:

Pendapatan wahyu: Baik Nabi serta Rasul, ke-2 nya terima wahyu dari Allah SWT. Tetapi, wahyu yang diterima Nabi diterima buat dianya dan wahyu yang diterima bakal dilanjutkan terhadap umat.
Utusan yang diberi Allah SWT: Allah SWT mengutus Nabi terhadap umat yang udah memiliki iman sedang diutus ke kelompok yang tidak mempunyai iman (kafir).
Teknik turun wahyu: Nabi cuman mendapat wahyu lewat mimpi, sementara itu terima wahyu lewat mimpi ataupun lewat malaikat, dan bisa memandang serta berbicara dengan cara langsung dengan malaikat.
Ketidakcocokan takdir: Ada banyak Nabi yang dibunuh oleh kaumnya sendiri, dan semua Rasul yang diutus Allah SWT sukses tertolong dari uji coba pembunuhan yang tengah dilakukan oleh kaumnya.
Tersebut kesamaan serta ketaksamaan dari Nabi serta Rasul dalam Agama Islam, mudah-mudahan dapat membuat cerah pengetahuanmu, ya.