Ini 9 Hewan dengan Durasi Tidur Terlama

BERITA BURUNG Tahukah kamu bahwa rata-rata manusia menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur, Bela? Manusia rata-rata membutuhkan 8 jam tidur per hari, namun kebutuhan ini berbeda dengan kebanyakan hewan yang hidup di alam liar.

Terutama untuk hewan mamalia, tidur dibutuhkan untuk pemulihan dari aktivitas yang melelahkan, sekaligus membangun dan menghemat kembali energi.

Seperti hewan-hewan berikut ini, yang membutuhkan jam tidur yang sangat panjang untuk menunjang kehidupannya. Salah satunya adalah koala, yang tidur selama 22 jam per hari untuk mengembalikan energinya.

Selain koala, apa saja ya, daftar hewan yang membutuhkan jam tidur yang sangat panjang? Berikut adalah daftar hewan dengan durasi tidur terlama, yang melebihi manusia.

1. Koala

Bukan Beruang, Ini 9 Hewan dengan Durasi Tidur Terlama

Koala merupakan hewan marsupial pemanjat pohon dari Australia yang tidur dengan durasi yang lama akibat pola makan yang buruk. Hanya ditemukan di Australia, mereka hidup di pohon-pohon eukaliptus dan menghabiskan sekitar 22 jam waktu mereka untuk tidur.

Ketika mereka tidak sedang tidur, mereka sangat rakus dalam memakan eukaliptus atau daun kayu putih. Mereka mampu memakan satu kilogram eukaliptus dalam sehari.

2. Kungkang (sloths)

Bukan Beruang, Ini 9 Hewan dengan Durasi Tidur Terlama

Kungkang atau sloth merupakan salah satu makhluk hidup yang malas. Ini karena mereka tidur selama 20 jam dengan posisi tergantung secara terbalik. Mereka akan bangun di malam hari selama 4 jam.

Ketika kekurangan makanan, mereka juga menghabiskan waktu sepanjang 6 bulan dalam setahun untuk hibernasi.

3. Kelelawar cokelat

Bukan Beruang, Ini 9 Hewan dengan Durasi Tidur Terlama

Kelelawar cokelat biasanya aktif berburu selama beberapa jam setelah senja, tetapi kemudian kembali ke sarangnya untuk tidur hingga 20 jam/ hari.

Kelelawar cokelat kecil perlu makan seberat setengah dari berat badan mereka setiap malam agar tetap ternutrisi dengan baik, Sementara kelelawar dewasa biasanya makan lebih dari seluruh berat badan mereka ketika sedang berburu.

Maka, kelelawar ini tidak hanya tidur hampir sepanjang hari. Mereka juga hibernasi sepanjang musim dingin.

4. Armadillo

Bukan Beruang, Ini 9 Hewan dengan Durasi Tidur Terlama

Armadillo merupakan salah satu hewan paling aktif di siang hari. Hewan ini senang menyendiri dan tidur dalam jangka waktu yang panjang. Seekor armadillo raksasa cenderung tidur sepanjang hari selama 18-19 jam.

Armadillo memiliki sebuah lapisan pelindung yang dapat melindungi mereka dari berbagai banyak ancaman, namun mereka masih lebih memilih untuk bersembunyi ketika ancaman datang.

5. Ular piton

Bukan Beruang, Ini 9 Hewan dengan Durasi Tidur Terlama

Di antara ular yang paling malas adalah ular piton, yang diyakini tidur hingga 18 jam setiap hari. Sebagai makhluk nokturnal, mereka berburu di malam hari kemudian beristirahat setelahnya tanpa terancam oleh mangsa.

Namun, masih banyak yang perlu diteliti para ilmuwan tentang siklus tidur ular tersebut. Fakta bahwa mereka tidak menutup mata untuk tidur membuatnya sulit untuk mempelajari perilaku mereka.

6. Monyet burung hantu

Bukan Beruang, Ini 9 Hewan dengan Durasi Tidur Terlama

Paling aktif di malam hari, monyet burung hantu adalah hewan nokturnal karena tidur selama kurang lebih 17 jam di siang hari. ini ditemukan di hutan Amerika Tengah dan Selatan.

Monyet burung hantu memiliki mata cokelat besar yang memungkinkan mereka untuk melihat dengan jelas dalam gelap di malam hari. Sehingga, mereka unggul dalam berburu dan bertahan hidup dalam kegelapan.

7. Harimau

Bukan Beruang, Ini 9 Hewan dengan Durasi Tidur Terlama

Hewan selanjutnya yang memiliki durasi tidur terlama adalah harimau, sebagai karnivora darat terbesar ketiga di dunia. Harimau merupakan yang sangat ganas, dengan tubuh yang perlu menghasilkan banyak energi.

Meskipun kuat, ia tetap membutuhkan waktu 16 jam sehari untuk tidur karena perlu mengembalikan energi mereka. Mereka lebih sering berburu mangsa di malam hari.

8. Tikus pohon

Bukan Beruang, Ini 9 Hewan dengan Durasi Tidur Terlama

Tikus pohon merupakan salah satu yang tidur selama 16 jam per hari. Mereka merupakan yang tidak pernah meninggalkan sarangnya di malam hari.

Siklus tidur yang panjang ini memungkinkan pembentukan ingatan yang lebih kuat di dalam otak hewan ini.

9. Tupai

Bukan Beruang, Ini 9 Hewan dengan Durasi Tidur Terlama

Tupai merupakan salah satu hewan yang sering mengumpulkan persediaan makanan, sehingga mereka dapat hibernasi selama musim dingin, Namun, mereka masih sering tidur ketika sedang tidak dalam siklus hibernasi mereka.

Tupai aktif di siang hari, dan cenderung tidur hingga 15 jam sehari selama tidak hibernasi. Ketika sedang hibernasi, mereka hanya akan bangun 12 hingga 20 jam dalam seminggu penuh.

Itulah daftar hewan yang memiliki durasi tidur terlama sepanjang hari. Banyak dari mereka aktif di malam hari dan tidur di siang hari. Apakah salah satunya adalah hewan favoritmu, Bela?