Turun Rp15 Ribu, Harga Emas Tidak Jadi Sampai Sejutaan per Gr

Turun Rp15 Ribu, Harga Emas Tidak Jadi Sampai Sejutaan per Gr

Jakarta, Beritaburung – Harga emas ini hari, Selasa (6/12/2022), yang dibuat PT Bermacam Tambang atau Antam turun Rp15 ribu jadi Rp984 ribu per gr.

Harga emas Antam tidak jadi sentuh tingkat Rp1 juta-an per gr, sesudah tempo hari, Senin (5/12) meningkat tipis dan ada di tingkat Rp999 ribu per gr.

Adapun harga buyback ini hari yang di-launching situs logammulia.com, turun Rp24 ribu jadi Rp882 ribu per gr. Harga buyback ialah harga yang diputuskan Antam saat kamu akan jual emas ke Butik Logam Mulia.

Harga Emas
1. Harga emas Antam dalam pecahan lain

Berikut harga emas batangan Antam per ini hari dalam pecahan lain:

Harga emas 0,5 gr: Rp542 ribu.
Harga emas 1 gr: Rp984 ribu.
Harga emas 2 gr: Rp1,908 juta.
Harga emas 3 gr: Rp2,837 juta.
Harga emas 5 gr: Rp4,695 juta.
Harga emas 10 gr: Rp9,335 juta.
Harga emas 25 gr: Rp23,212 juta.
Harga emas 50 gr: Rp46,345 juta.
Harga emas 100 g: Rp92,612 juta.
Harga emas 250 g: Rp231,265 juta
Harga emas 500 g: Rp462,32 juta
Harga emas 1.000 gr: Rp924,enam juta.

Nilai jual emas itu belum terhitung Pajak Pendapatan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 % untuk pemegang Nomor Dasar Harus Pajak (NPWP). Untuk konsumen yang tidak mengikutkan NPWP mendapat potongan pajak semakin tinggi sebesar 0,9 %.

2. Emas fisik sebagai instrument investasi beresiko rendah

 

Tiap instrument investasi mempunyai tingkat resiko berlainan. Ada yang rendah, moderat atau menengah, sampai beresiko tinggi.

Menurut perencana keuangan dari Advisors Alliance Grup Indonesia, Andy Nugroho, salah satunya instrument investasi beresiko rendah ialah logam mulia atau emas fisik. Tetapi, emas mempunyai resiko tinggi lenyap atau diculik, khususnya saat dibawa melancong.

“Resiko rendah karena perkembangan nilai telah semakin tinggi dibandingkan bunga bank, tetapi juga naik-turun, cukup likuid. Mengapa juga bisa digolongkan resiko tinggi, karena gampang atau riskan lenyap, diculik. Di satu segi ia benar-benar ringkas, gampang bawa-bawa. Tetapi itu dapat diculik,” sebut Budy ke Beritaburung.

Disamping itu, Budy mengingati supaya warga pahami instrumen-instrumen investasi yang rendah resiko, tentu saja akan memberi imbal hasil lebih kecil.

Kebalikannya, bila kamu cari instrument investasi yang imbal hasil semakin besar, karena itu resikonya tinggi atau kesempatan hadapi rugi semakin besar, high risk high return.

“Karena ada resiko rendah memiliki arti return kecil . Maka janganlah sampai orang beranggapan resiko rendah tetapi return tinggi,” kata Andy.

3. Langkah hitung keuntungan investasi emas

Langkah hitung keuntungan melakukan investasi emas adalah dengan cari beda nilai jual dan harga membeli. Misalkan, harga membeli emas Antam Rp1,021 juta per gr dan nilai jual kembali Rp917 ribu per gr.

Ada beda Rp104 ribu dari nilai jual dan harga membeli. Maknanya, kamu harus menanti sampai beda harga melewati harga membeli supaya raih keuntungan.

Jika kamu membeli emas Rp1,031 juta saat pagi hari, lalu sore harinya ingin dipasarkan, kamu rugi Rp104 ribu. Berlainan hal jika kamu beli emas ini hari, lalu dipasarkan kembali 5 tahun setelah itu. Oleh karenanya, emas sering dikatakan sebagai instrument investasi periode panjang.