Gil de Ferran, Juara IndyCar nang Meninggal dunia di Umur 56 Waktu 2024

Gil de Ferran, Juara IndyCar nang Meninggal dunia di Umur 56 Waktu

Ia mengangkut Fernando Alonso membalap biar McLaren
Gil de Ferran, Juara IndyCar yang Wafat pada Usia 56 Tahun

BERITABURUNG– Jagat balap alami duka dengan keperginya sebagian legenda IndyCar, Gil de Ferran, pada umur 56 waktu. Dia diingat mendapati penyakit serangan jantung di, Jumat (29/12/2023) masa di tempat waktu mengerjakan kegiatan oleh sebiji grup balap di Opa-Locka, Florida, Amerika Serikat. Awalnya sempat diangkut ke kediaman sakit paling dekat, sebaliknya nyawanya enggak terselamatkan.

Eks pebalap asal Brasil itupun yaitu juara dua saat dalam kejuaraan Championship Auto Racing Kubus (CART) pada 2000 oleh 2001 juga memenangi Indianapolis 500 pada 2003. selepas pensiun ketimbang jagat balap, de Ferran awalnya sempat mencengkram andil dalam management skuat balap, keliru satunya masa dia memegang menjadi Direktur Gerak badan McLaren di Formulasi 1 pada 2018 sesampai-sampai 2021.

1. Gil de Ferran sebelumnya sempat jalani tes cek oleh Williams lagi Arrows di Formulasi 1
Gil de Ferran, Juara IndyCar yang Wafat pada Usia 56 Tahun

Gil de Ferran yaitu bekas pebalap kelahiran Paris, Prancis, pada 11 November 1967. Dia setelah berpindah ke Brasil sambil keluarganya masa lagi kanak-kanak. Memperoleh ide ketimbang legenda balap daripada negaranya, Emerson Fittipaldi, dianya sendiri sehabis merintis tiang penghidupan balapnya untuk jadi pebalap karting pada abad 1980-an.

Profesi pangkal balapnya dimana untung membuat bertolak ke Inggris supaya meng ikuti turnamen balap nang lebih bergengsi. De Ferran sehabis sukses memenangi British Formulasi 3 di 1992 lagi menduduki masa ke 3 di International Formulasi 3000 (nan sekarang sebagai Formulasi 2) juga Paul Stewart Racing di 1994. Akan tetapi, dianya keliru tembus Formulasi 1 walaupun sebelumnya sempat menjalani tes jajal sama Williams terus Arrows.

2. Gil de Ferran awali diingat karena prestasi benderangnya sewaktu balapan di CART

Gil de Ferran, Juara IndyCar yang Wafat pada Usia 56 Tahun

Gil de Ferran selepas menguji keberuntungan perdana sama pindah ke Amerika Serikat pada 1995 biar meng ikuti Championship Auto Racing Tims (CART). Dia pertama kala berhimpun oleh Hall/VDS Racing terus berpacu sama sebagian legenda balap Formulasi 1, ibarat Jacques Villeneuve oleh Emerson Fittipaldi. Didalam musim pertama kalinya, dianya secara langsung tampil cemerlang oleh menyikat gelar Rookie of the Year.

Dalam 1997, de Ferran berpindah ke regu Walker Racing. Didalam musim pertama kalinya, dianya sendiri tercapai untuk jadi runner-up pada kejuaraan tertera ada di belakang si juara, Alex Zanardi, nan adalah bekas pebalap Formulasi 1 di 1991-1994. Hanya, prestasinya di 2 musim seterusnya menyusut oleh finish di rangking keduabelas pada 1998 lalu rangking kedelapan pada 1999.

Pucuk garis hidup Gil de Ferran di CART muncul pada 2000 oleh 2001 selagi memenangkan turnamen tercantum lagi Penske Racing. Didalam 2000, dia menyimpan 168 jumlah ketimbang 2 keunggulan lalu 5 tempo mimbar juga mencatat rekor lap paling cepat di CART. Pencapaian pointnya bertambah di 2001 sama membungkus 199 nilai daripada 2 keuntungan lagi 6 saat tribune.

3. sesudah berhasil di CART, Gil de Ferran melanjurkan profesi di IndyCar lagi Indianapolis 500
Gil de Ferran, Juara IndyCar yang Wafat pada Usia 56 Tahun

kemudian mencetak kejayaan di CART, Gil de Ferran setelah meneruskan tiang penghidupan balapnya di festival IndyCar pada 2001. Dia membalap semasa 3 musim sambil Penske Racing, regu dimana membawa memenangi CART. Hendak sebaliknya, dia tidak tercapai memeluk titel juara oleh prestasi terbaik duduk di posisi ke-dua classement belakang pada 2003.

Eksepsi meng ikuti IndyCar, de Ferran mending balapan di Indianapolis 500 dimana diingat selaku festival balap mobil terkuak termewah di Amerika Serikat. Di 2003, dia lulus dengan cara menghebohkan daripada teman segrupnya, Helio Castroneves, sama beda masa 0,299 saat. Kian asing rata-rata , dia memenangkan balapan dalam waktu menemui kram pundak di belakang balapan. Musim tertera sekalian selaku musim terakhir nya menjadi pebalap lebih dulu memutus pensiun.

4. sesudah pensiun, Gil de Ferran sebelumnya sempat mencengkram peranan managerial di salah satu grup balap
Image

kemudian pensiun ketimbang jagat balap, Gil de Ferran bersekutu oleh regu Formulasi 1, BAR-Honda, menjadi Direktur Sport di 2005-2007. Di musim pertamanya, BAR-Honda tampil sedikit oke sama finish di situasi ke enam classement terakhir konstruktor. Di 2006, teamnya menjangkau perolehan nan lebih gemintang oleh finish di situasi ke 3 classement konstruktor. Pebalap dia orang, Jenson Button, cukup sukses merengkuh ganjaran pertama kalinya di Formulasi 1 di GP Hungaria 2006.

Gil de Ferran jangan cuma selaku pebalap untung, dia rada orang konstestan grup balap. Didalam 2008, ia menyelenggarakan grup balap nang dinamakan de Ferran Motorsport nan balapan di kancah Le Mans Bentuk dasar (LMP) 1 lalu 2 untuk jadi pabrikasi regu Acura. Yang lain, dia selaku sedikit Siapa regu IndyCar de Ferran Dragon Racing sesampai-sampai 2011.

De Ferran setelah dipilih menjadi Direktur Latihan jasmani McLaren di 2018 sesampai-sampai 2021. Dia berperanan wajib saat mengantarkan Fernando Alonso berpadu oleh skuat biarpun perform McLaren masa itu selagi anjlok. Dalam Mei 2023, dianya sendiri bekerja lagi biar McLaren untuk jadi konselor oleh penasihat sesampai-sampai tidak buka umur di 29 Desember 2023 oleh.

Gil de Ferran adalah beberapa legenda balap dimana pernah membagikan kontributor gede menurut jagat balap. Dia merenggut sukses di banyak arena balap, start ketimbang CART, IndyCar, sesampai-sampai Formulasi 1. Kepergiannya menyia-nyiakan duka dalam buat orang-orang peminat balap oleh bakal terus menerus diingat menjadi sebagian pebalap jempolan di waktunya.