Bacaan dan Fungsi Doa Sukur Nikmat yang Gampang Dihafal Menyambut Ramadan 2023

Bacaan dan Fungsi Doa Sukur Nikmat yang Gampang Dihafal

Doa Sukur Badan yang sehat, hati yang tenang, rizki yang cukup ialah sedikit dari banyak nikmat yang diberi Allah SWT. Bila dikasih kesenangan, udah sewajarnya kita mengucapkan syukur, kan?

Di surat Ibrahim ayat 7 diperjelas bila kita mengucapkan syukur karenanya Allah SWT bakal menambahkan nikmat serta karunia-Nya.

Doa Sukur
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Wa iz ta`azzana rabbukum la`in syakartum la`azidannakum wa la`ing kafartum inna ‘azabi lasyadid

Berarti: “Serta (ingatkanlah juga), ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya bila kamu ucapkan syukur, jelas Kami bakal meningkatkan (nikmat) kepada kamu, sekiranya kamu memungkiri (nikmat-Ku), karena itu sebenarnya azab-Ku amat pedih'”.

Metode bersukur

Sebagai kaum muslim, lakukan diri untuk mengucapkan “Alhamdulillah” baik secara lisan atau diucap di hati waktu terasa ucapkan terima kasih. “Alhamdulillah” memiliki kandungan pengertian ‘Segala Puji Buat Allah’, kalimat ini asal dari bahasa Arab yang sekarang sudah masuk ke Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Terdapat banyak trik buat bersukur atas nikmat yang diberi Allah SWT. Pertama kali, jadi umat-Nya kita memahami seutuhnya kalau nikmat yang kita alami waktu ini yaitu karunia serta kemurahan ilahi. Dengan mengucapkan syukur, hati akan berasa tenang dikarenakan kita terlatih untuk mengartikan semua hal dengan positif.

Doa sukur nikmat

Doa Syukur

Disamping mengucapkan “Alhamdulillah”, ada doa sukur nikmat yang dapat kamu baca dan amalkan selaku pernyataan rasa terima kasih ke Allah SWT.

1. Doa sukur

اَلحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئ ُمَزِيْدَهُ

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin khamdan katsira yuwafi ni’amahu wa yukafiu mazidahu.

Berarti: “Semua puji Allah Tuhan alam semesta, aplaus yang sama dengan nikmat-nikmat-Nya serta jamin tambahannya.”

2. Doa ucapkan syukur sewaktu mendapat rejeki

يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ اَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَاكْفِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاك‌َ

Ya ghaniyyu ya hamidu ya mubdiu ya mu’idu ya rahimu ya wadudu, aghnini bihalalika ‘an haramika wakfinii bifadllika ‘amman siwaka.

Berarti: “Wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Maha Terpuji, wahai Dzat Yang Membikin makhluk dari permulaan, wahai Dzat Yang Maha Pengasih, wahai Dzat Yang Maha Kasih, kayakanlah diriku yang halal dari yang haram, dan cukupilah diriku anugerah-Mu dari pemberian disamping dari diri-Mu.”

3. Doa sukur nikmat Allah SWT

Surat An-Naml Ayat 19

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّن قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَدْخِلْنِى بِرَحْمَتِكَ فِى عِبَادِكَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Fa tabassama dahikam ming qauliha wa qala rabbi auzi’ni an asykura ni’matakallatī an’amta ‘alayya wa ‘ala walidayya wa an a’mala salihan tardahu wa adkhilni birahmatika fi ‘ibadikas-salihin

Maknanya: “Karenanya ia tersenyum dengan ketawa karena (dengar) pengucapan semut itu. Dan ia berdoa: ‘Ya Tuhanku berilah saya ilham untuk terus mensyukuri nikmat Mu yang sudah Kamu anugerahkan kepadaku dan terhadap 2 orang ibu bapakku serta untuk lakukan amal saleh yang Kamu ridhai, dan masukanlah saya dengan rahmat-Mu ke kelompok hamba-hamba-Mu yang saleh’.”

4. Doa sukur nikmat tiap-tiap hari

Allahumma anta khalaqta nafsi wa anta tawaffaha laka mamatuha wa mahyaha in ahyaytaha fahfazha, wa in amattaha faghfir laha allahumma inni as’alukal ‘afiyah.

Maknanya: “Ya Allah, Kamu sudah membikin jiwaku, serta Kamu pula yang bakal ambilnya. Mati serta hidup jiwa ini yakni punya-Mu. Bila Kamu memberi nyawa di jiwa itu, tolong jaga. Namun apabila Kamu cabut nyawa itu, tolonglah ampuninya. Saya mohon pada-Mu keselamatan (agama serta duniaku).”

5. Doa sukur sudah dikasihkan kesehatan

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي ذَهَبَ بِالنَّهَارِ وَجَاءَ بِاللَّيْلِ سَكَنًا نِعْمَةً مِنْهُ وَفَضْلًا ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا لَكَ مِنَ الشَّاكِرِينَ الْحَمْدُ اللَّهِ الَّذِي عَافَانِي فِي يَوْمِي هَذَا فَرُبَّ مُبْتَلًى قَدِ ابْتُلِيَ فِيمَا مَضَى مِنْ عُمْرِي ، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِيمَا بَقِيَ مِنْهُ وَفِي الْآخِرَةِ وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alhamdulillahil ladzi dzahaba bin nahar wa jaa bil laili sakanan ni’matan minhu wa fadhlan. Allahummaj’alna laka minasy syakirin. Alhamdulillaahil ladzi ‘afani fi yaumi hadza farubba mubtalan qad ibtuliya fima madla min ‘umri. Allahumma ‘afini fima baqiya minhu wa fil akhirati wa qina ‘adzaban nar.

Maknanya: “Semua puji untuk Allah yang sudah menyingkirkan siang hari serta datangkan malam untuk saat istirahat menjadi nikmat serta anugerah dari-Nya. Ya Allah, jadikanlah kami terhitung group beberapa orang yang ucapkan syukur kepada-Mu. Semua puji buat Allah yang sudah bikin sehat saya ini hari. Udah banyak hambatan yang udah saya lakoni dari umurku. Ya Allah, sehatkan saya dari tersisa umurku, serta di akhirat lindungilah saya dari siksa neraka.”

Faedah bersukur

Doa Syukur

Di tengahnya situasi yang susah, kenapa kita tetap masih harus ucapkan syukur? Di sebuah artikel yang diluncurkan oleh situs Harvard Health Publishing diterangkan apabila bersukur bisa menolong kamu rasakan bisa lebih banyak emosi positif, tingkatkan kesehatan, serta menolong miliki interaksi yang kuat.

Terdapat beberapa kegunaan dari melatih diri buat mengucapkan syukur, baik secara moral ataupun fisik. Perumpamaannya, dengan mengucapkan syukur kita bisa turunkan depresi, menurunkan risau, tingkatkan kebahagiaan, dan tumbuhkan hati positif yang bikin lebih hati menjadi tenang.

Secara ilmiah, menurut sebuah study pada tahun 2012 yang diedarkan dalam Personality and Perorangan Differences, orang yang mengucapkan syukur mengenyam semakin sedikit merasa sakit dan ngilu, dan berasa lebih sehat dari orang lain—melansir dalam Psychology Today. Dalam study yang lain diperjelas bila ucapkan syukur bisa menolong kamu punya tidur yang makin lebih pulas pada malam hari.

Tentulah, terdapat banyak jalan untuk mengatakan perasaan sukur, diantaranya menjadi kaum muslim kita bisa membaca doa sukur nikmat. Tidak hanya itu, ada cara-cara yang lain yang dapat dipraktekkan di kehidupan tiap hari, seperti ambil makna dari situasi yang kita rasakan, menjaga sikap penuh impian dan keyakinan diri, dan hargai apa yang udah dipunyai tiada membandingkan sama orang lain.
 Jurnalis Kami : Berita Burung