Saran 7 Seri dan Film Dokumenter Bertemakan Sekte Salah jalan

Saran 7 Seri dan Film Dokumenter Bertemakan Sekte Salah jalan

Film Dokumenter Beberapa waktu terakhir ini, seri dokumenter In The Name of God: Holy Betrayal jadi pembicaraan hangat di kelompok masyarakat. Bukan bimbang, seri dokumenter garapan Netflix ini berkisah bagaimana penebaran 4 saluran salah jalan paling besar di Korea Selatan, yang bisa menggoyangkan iman sejumlah nyaris 44% penduduk di situ.

Parahnya kembali, dokumenter ini diangkat menurut cerita fakta menyeramkan bagaimana empat pimpinan sekte salah jalan yang akui jadi Tuhan. Bawa banyak penganutnya mengarah kekeliruan dengan janjikan “anugerah” serta “ketenangan hidup”. Banyak pimpinan sekte ini menyatakan sebagai Utusan Tuhan.

Saran 7 Seri serta Film Dokumenter Bertajuk Sekte Salah jalan

Netflix.com Film Dokumenter Dengan pembawaannya yang karismatis, mereka sanggup menarik penganutnya jalankan peraturan keagamaan yang diputuskannya. Bukannya bawa kearifan, peraturan keagamaan ini malahan bawa perkara kejahatan yang di luar batasan manusiawi.

Mulai dengan penipuan, pencucian otak, pemaksaan, sampai yang paling sadis yakni penumbalan yang mengambil nyawa seorang serta pemerkosaan terus-menerus.

Lalu itu dia, sejumlah sineas terkenal juga memperoleh ide buat mengabadikan cerita sekte menyimpang jadi suatu kreasi sinematik. Di bawah ini ialah daftar 7 film serta seri dokumenter terkait sekte salah jalan.

1. AUM: The Cult at the End of the World (2023)

Film Dokumenter

Film dokumenter AUM: The Cult at End of the World focus di terkait insiden gempuran gas mematikan di kereta membawa tanah Jepang di tahun 1995. Insiden itu masuk di momen besar sejauh histori di Jepang yang timbulkan kebingungan umum.

Disutradrai oleh Ben Braun serta Chiaki Yanagimoto, dokumenter ini pula berisi kultus kiamat Aum Shinrikyo, dalang dibalik penyerbuan gas mematikan itu. Sekte apokaliptik ini dibuat oleh bekas pakar akupuntur Shoko Asahara serta punya 10.000 penganut yang tersebarkan luas di pelosok dunia.

2. Children of God (1994)

Film Dokumenter

Film dokumenter bertema sekte salah jalan sesudah itu Children of God. Diterbitkan pada 1994, dokumenter garapan John Smithson ini bercerita perjalanan kultus Children of God di zaman 1970-1980-an di Amerika Serikat serta Eropa.

Children of God sendiri yaitu saluran salah jalan yang menebarkan tuntunan sex bebas, dengan argumen jadi cara protektif buat melindungi diri dari kiamat. Lantaran tuntunannya yang liberal serta tidak demikian menguasai, sebagian besar pemeluk sekte ini berawal dari golongan remaja serta hippies yang haus akan kebebasan.

Apa lagi, keadaan sospol di Amerika Serikat pada masa itu penuh huru-hara karena problem diskriminasi rasial di bawah gejolak melawan perang Vietnam. Di bawah kepemimpinan bekas pendeta Misionaris, David Berg atau Moses David Mo, kultus ini acapkali membikin kejahatan yang memakai beberapa korban. Dimulai dari pencucian uang, kecurangan, pemerkosaan, dan sex bebas di luar consent.

3. Wild Wild Country (2018)

Film Dokumenter

Film Dokumenter Wild Wild Country ialah seri dokumenter bertemakan sekte menyimpang garapan Netflix yang terbagi dalam 6 adegan. Berdasar di Oregon, Amerika Serikat, dokumenter garapan Maclain Way serta Chapman Way ini ceritakan di tuntunan menyimpang frontal yang diketuai oleh guru asal India, Bhagwan Shree Rajneesh serta banyak penganutnya di pemukiman Rajneeshpuram.

Bersama tangan kanannya, dia dan Ma Anand Sheela memberikan tuntunan menyimpang itu di pelosok dunia dengan dirikan komune meditasi yang memiliki nama Osho International Meditation Resor. Gak hanya India, populasi ini bahkan juga tersebarkan di Eropa serta Amerika Serikat.

Sebagai persoalan, Bhagwan punyai skema meditasi destruktif dikarenakan mendidik kebebasan sex secara berlebihan. Meski demikian, dia mencapai banyak simpati dan penganut.

4. Jonestown: The Women Behind The Massacre (2018)

Film Dokumenter satu ini ceritakan perihal kasus komune kultus Peoples Temple yang paling membunuh dan mengkonsumsi banyak jiwa sejauh riwayat. Dalam dokumenter disutradarai oleh Nicole Rittenmeyer, dikisahkan jika empat wanita yang diduga selaku pejabat kultus mendoktrin beberapa penganutnya untuk ikut serta dalam bunuh diri umum. Juga, 900 orang meninggal seusai lakukan uji coba bunuh diri umum itu.

Difondasikan oleh Jim Jones di Guyana, People Temple adalah sekte Kristen salah jalan di Amerika Serikat yang menyatukan komponen komunis, sosialis, dengan sentuhan kesetaraan gender. Saluran yang terlahir di tahun 1954 serta 1978 ini dimonopoli oleh figur dan pemeluk politik sayap kiri. Digadang-gadang, sekte ini miliki pemeluk sampai 20.000 orang (walaupun berdasar data di Wikipedia cuman menggapai 3.000 – 5.000 orang)

5. Helter Skelter: An American Myth (2020)

Film Dokumenter terkait sekte menyimpang seterusnya merupakan kreasi sutradara Lesley Chilcott dengan judul Helter Skelter: An American Myth. Dokumenter ini berkisah kultus hippie Helter Skelter Manson yang memperkirakan kalau bakal ada perang rasial yang selekasnya terjadi di AS, dibarengi kehadiran 5 malaikat yang berkuasa.

Sekte yang dikepalai keluarga Manson ini mendoktrin beberapa penganutnya jika teknik buat mengakibatkan perang ras di Amerika Serikat yaitu dengan membunuh selebritas untuk menimbulkan perhatian. Helter Skelter pun jadi dalang dibalik pembunuhan umum merencanakan kepada artis Sharon Tate dan enam yang lain di tahun 1969.

Lantaran tindakan kejinya itu, Charles Manson serta bersama 3 anggota yang lain dihukum penjara sepanjang umur pada 25 Januari 1971. Charles Manson sendiri yaitu orang dominasi kulit putih sekalian bekas penjahat yang anyar bebas dari penjara federasi di Negara Sisi Washington.

6. Keep Sweet: Pray and Obey (2022)

Film Dokumenter Keep Sweet: Pray and Obey yakni film dokumenter yang bercerita sekte Mormon di Amerika Serikat. Disutradarai oleh Rachel Dretzin serta Grace McNally. Dokumenter ini dimulai pernyataan satu diantara penganut Mormon kalau tiada orang juga yang memeriksa mereka, terkecuali Warren Jeffs bertindak sebagai “nabi” serta pejabat sekte.

Bukan bawa kegunaan buat penganutnya, Warren Jeffs justru menyelewengkan kekuasaannya dan buat sekte Mormon ini jadi kebun pemroduksi uang, kekuasaan, dan perbudakan seksual. Sekte ini dirasa patriarkal dan merendahkan kelompok wanita dikarenakan menjustifikasi eksplorasi pada wanita di bawah usia.

Manalagi, sekte Mormon ini menjalankan ungkapan bertambah banyak istri, karena itu bertambah banyak juga anak yang bakal bikin orang-tua mendapatkan tempat wajar waktu telah meninggal.

Karenanya, tiap-tiap pengikut sekte pria disarankan sekurang-kurangnya miliki 3 istri serta beranak banyak untuk meningkatkan penebaran Sekte Mormon secara luas.

7. Sins of Our Mother (2022)

Film Dokumenter

Sins of Our Mother yakni seri dokumenter tiga fragmen yang dibuat oleh raksasa streaming Netflix. Docuseries garapan Skye Borgman ceritakan seorang ibu yang memiliki nama Lori Vallow Daybell yang disangka jadi dalang kematian dua anak kandungnya.

Film Dokumenter Bekerja bersama-sama dengan suami kelima nya Chad Daybell, Lori Vallow lancarkan tindakan kejinya serta sembunyikannya pembunuhan anaknya dengan rapi.

Chad Daybell sendiri ialah seseorang pimpinan sekte menyimpang namanya ‘Preparing a People’. Di mana, sekte ini yakin jika hari kiamat udah dekat. Berdasarkan pengakuan Lori, dia menyakini kalau si suami miliki kekuatan memandang sukma baik dan jahat dan ‘zombie’.

Oleh setiap itu, sekte menyimpang ini lantas ikut mendasari bencana pembunuhan bengis ini. Atas waham salah jalan itu , Lori Vallow dengan sampai hati membunuh ke-2 buah hatinya sebab dia yakin kalau beberapa anaknya kerasukan arwah jahat dan bakal berbeda seperti zombie.

Begitu yakni 7 saran film atau seri dokumenter bertajuk sekte menyimpang yang seumpamanya dapat kamu saksikan. Ditarik dari peristiwa riil, bikin dokumenter ini dapat memberi rasa intimidasi pada pemirsa serta terlarut ke dalamnya.

Ingat, begitu banyak pemicu warning yang diantarkan kepada dokumenter itu. Mulai dengan menyoalkan iman satu orang, pemerkosaan, pembunuhan, penistaan, sampai pencucian otak kepada beberapa kelompok orang.

Pesan: Kalau kamu miliki tanda-tanda dari sejumlah penggerak warning di atas yang bisa menyebabkan trauma dalam, seharusnya jauhi saksikan dokumenter sekte salah jalan di atas itu, ya.
Jurnalis Kami : Berita Burung