DANA Datangkan Digitalisasi Keuangan ‘Natuna Digital Islands’

DANA Datangkan Digitalisasi Keuangan ‘Natuna Digital Islands’

Jakarta, Berita burung – Dana meluaskan akses service keuangan digital untuk kemandirian UMKM ke semua daerah Indonesia, satu diantaranya Kepulauan Natuna. Kepulauan ini berpotensi banyak. Kelestarian alam, migas, sampai perikanannya turut lebih memajukan beragam bidang dari pariwisata, perdagangan, sampai kelautan. Kekuatan ini turut memengaruhi perkembangan kewiraswastaan di Kepulauan Natuna yang sekarang capai lebih dari 5.650 UMKM pada 2021.
Walau ada di wilayah 3T (Ketinggalan, Paling depan, dan Paling luar) tidak merintangi Kepulauan Natuna untuk perkuat daya saing. Kebalikannya, Kepulauan Natuna semakin berkembang bersamaan dengan perubahan infrastruktur telekomunikasi, Palapa Ring, hingga warga Natuna saat ini telah merdeka internet.

Kepulauan Natuna juga mendatangkan pengembangan warga lokal lewat NatunaMart dan adopsi mekanisme pembayaran QRIS.

DANA
“DANA sebagai sisi dari ekosistem ekonomi digital yang tetap mendayagunakan lebih dari 500.000 UMKM partner Usaha, turut berperan serta aktif dalam meluaskan akses service keuangan digital di Kepulauan Natuna sepanjang satu tahun paling akhir,” ungkapkan Chief People dan Corporate Strategy DANA Indonesia Agustina Samara dalam tayangan resminya, Selasa (18/10/2022).

Ia menambah Semenjak tahun kemarin,  sudah bekerja bersama dengan Pemda Kabupaten Natuna, jadi partner yang dipercayai untuk tingkatkan inklusi dan literatur keuangan warga, memberikan fasilitas transaksi bisnis nontunai di program NatunaMart lewat QRIS, dan membuat bertambah pengetahuan UMKM melalui pengiringan berkenaan kewiraswastaan di zaman digital. Pucuknya, DANA menginisiasi sekalian menyiapkan Kepulauan Natuna jadi Kepulauan Digital melalui penetapan Natuna Digital Islands.

Ide DANA untuk mendayagunakan Kepulauan Natuna melalui tehnologi yang inklusif mendapatkan support oleh seluruh penopang kebutuhan di wilayah dan pusat. Penetapan yang berjalan di Ruangan Terbuka Hijau (RTH), Pantai Piwang, Kabupaten Natuna, ini didatangi oleh Pemerintahan Wilayah Kabupaten Natuna dan barisan Organisasi Piranti Wilayah (OPD) dan seluruh barisan Komunitas Koordinir Pimpinan Wilayah (Forkopimda) di Kabupaten Natuna. Datang barisan dari Kementerian/Instansi, diantaranya Bank Indonesia, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dan Kementerian Koordinir Sektor Maritim dan Investasi.

Kekhasan dari ekosistem digital di pulau paling depan ini ditunjukkan dengan timbulnya startup lokal garapan putra-putri wilayah Natuna yang dikenali dengan NatunaMart. Mengaminkan perkembangan ini, Staff Khusus Menteri Koperasi dan UKM, M. Riza Damanik mengharap semakin bertambah UMKM yang bisa go digital sesuai kearifan lokal. Seirama dengan semangat digitalisasi dan inklusi keuangan, Direktur Departemen Peraturan Mekanisme Pembayaran (DKSP) Bank Indonesia, Dudi Pemurah hati menghargai pergerakan nontunai yang sudah dilakukan oleh DANA dan menggamit aktor lokal, buat terus menyosialisasikan pemakaian QRIS sebagai sistem pembayaran favorit untuk UMKM.

“Penetapan ini ialah momen untuk menyaksikan digitalisasi sebagai salah satunya jalan keluar ekonomi secara detail, membagikan faedah ke beberapa daerah paling depan di Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih ke semua penopang di ekosistem digital, karena melalui suportnya kita bisa berseluncur di internet secara mudah dan cepat di Natuna,” tutur Agustina

Ia menginginkan kerjasama kolaborasi di antara aktor usaha yang memberikan dukungan UMKM lokal bisa diperlebar ke daerah-daerah lain di Indonesia. Ini menunjukkan digitalisasi jadi kunci kemajuan ekonomi lokal yang akan datang.

Dalam peluang yang serupa Bupati Kabupaten Natuna, Wan Pelajarndi menerangkan Kabupaten Natuna makin hari, makin maju dengan beragam pengembangan, dan pembangunan di beberapa bidang.

“Kedatangan DANA di Natuna sebagai tanda majunya Kabupaten Natuna dengan memaksimalkan zaman digital untuk transaksi bisnis keuangan, bagus untuk transfer, atau jual-beli barang,” katanya.

Sepanjang acara pengesahan, DANA mempersiapkan beberapa program memikat buat tingkatkan adopsi sekalian mendidik faedah dompet digital. Selainnya memberi tempat untuk Jurangan UMKM DANA – UMKM yang sudah mendapatkan pengiringan digitalisasi dan wiraswasta dari DANA – untuk menunjukkan produk kulineran dipilih dalam ‘Pojok Kulineran Rakyat’, DANA mempersiapkan penghargaan khusus untuk 10 UMKM NatunaMart dan 3 Driver NatunaMart Paling atas.

Buat memberikan dukungan diwujudkannya Natuna Digital Islands yang terus-menerus, DANA merengkuh Smartfren sebagai partner telekomunikasi. Melalui keterlibatan semua aktor ekosistem ekonomi digital dari hilir ke hulu, DANA optimis sanggup merealisasikan kemandirian untuk semua warga Kepulauan Natuna dan gerakkan perkembangan ekonomi lokal atau nasional. Hingga cerita sukses di Natuna bisa diterapkan ke beberapa daerah paling luar yang lain.