Daftar Kota Dengan Biaya Hidup Murah Cocok Untuk Mahasiswa

Daftar Kota Dengan Biaya Hidup Murah Cocok Untuk Mahasiswa

Beritaburung – Kota yang dikenali dengan ongkos hidup murah satu diantaranya ialah Yogyakarta. Kota yang dikenal juga sebagai kota siswa ini kerap jadi arah favorite mahasiswa dalam meneruskan study. Tetapi apa cuma Yogyakarta yang dikenali murah?

Daftar Kota Dengan Biaya Hidup Murah Cocok Untuk Mahasiswa

Survey Ongkos Hidup (SBH) Tubuh Pusat Statistik (BPS) tahun 2012 menulis, Jakarta ialah kota dengan ongkos hidup paling mahal di Indonesia.

Di Jakarta, ongkos hidup seseorang yang telah memiliki keluarga sekitaran Rp 2,5 juta-Rp lima juta, bergantung pola hidup. Adapun, ongkos hidup sekeluarga dengan 2 anak bisa capai sekitaran Rp 7,lima juta.

Dan beberapa kota paling murah di Indonesia, cukup ramah kantong dengan range paling murah sekitaran Rp 1-1,lima juta /bulan setiap orang. Hal tersebut terhitung ongkos bahan pangan, transportasi, makanan, sampai sewa kost yang murah.

Berikut deretan kota yang dikenali dengan ongkos hidup paling murah di Indonesia diambil dari Instansi Konselor Pengajaran SUN Education.

Daftar Kota dengan Ongkos Hidup Paling murah di Indonesia:

  1. Yogyakarta

Kota pertama sudah pasti ada Yogyakarta. Sampai sekarang ini propinsi yang dijepit propinsi Jawa tengah ini menjadi satu diantara kota arah mahasiswa untuk kuliah karena ongkos hidup yang dikenali murah.

Pada sebuah bulan, mahasiswa bisa hidup di Yogyakarta cukup dengan keluarkan sekitaran RP 1-1,lima juta saja. Ini karena ada banyak makanan di Yogyakarta yang harga di bawah Rp 10 ribu per jatah.

Disamping itu, ongkos yang dikeluarkan untuk rumah berbentuk kamar kos (kost-kosan) sekitar di antara sekitaran Rp 300 sampai 700 ribu saja.

Yogyakarta mempunyai daya magnet karena ada kampus-kampus favorite. Dimulai dari Kampus Gadjah Mada (UGM), Kampus Negeri Yogyakarta (UNY), Kampus Pembangunan Nasional Veteran (UPN), sampai Kampus Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

  1. Solo

Mempunyai lokasi yang tidak jauh dengan Yogyakarta, Solo jadi kota dengan ongkos hidup yang murah di Indonesia.

Solo

Ongkos hidup di kota ini sekitaran Rp 1,lima juta, telah terhitung rumah dan ongkos makanan.

Di Solo jadi ada juga beberapa universitas favorite seperti Kampus Negeri Sebelas Maret (UNS), Kampus Muhammadiyah Surakarta (UMS), sampai Institut Seni Indonesia Surakarta.

  1. Banyuwangi

Menurut hasil laporan survei Tubuh Pusat Statistik (BPS) Indonesia, Banyuwangi menjadi satu diantara kota dengan ongkos hidup yang murah, dengan ongkos sekitaran Rp 1-1,lima juta /bulan.

Di kota ini ada juga universitas favorite, satu diantaranya yaitu Kampus PGRI Banyuwangi.

  1. Cirebon

Dari daerah Jawa Barat ada Cirebon yang dikenal juga sebagai kota dengan ongkos hidup murah. Untuk ongkos ongkos kos, ongkos makan, dan selingan cuma sekitar kurang dari Rp 1 juta sampai Rp dua juta.

Di Cirebon ada banyak universitas favorite, dimulai dari Kampus Gunung Jati, Kampus Muhammadiyah Cirebon, sampai Kampus 17 Agustus Cirebon.

  1. Metro, Lampung

Untuk mahasiswa, pasti Kota Metro terhitung dalam kota dengan ongkos paling murah di Indonesia. Karena di kota ini, ongkos sewa kamar rerata cuma Rp empat juta /tahun atau sekitaran Rp 350 ribu /bulan.

Disamping itu, ongkos makan termasuk murah dengan sekitar Rp 600-800 ribu /bulan. Hingga keseluruhan ongkos hidup di Metro bila dijumlahkan kurang dari Rp 1,lima juta.

Beberapa universitas yang populer di Kota Metro diantaranya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Kampus Muhammadiyah Metro, STKIP PGRI Metro, dan Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung.

Daftar Kota beserta universitas disana

Merilis Instansi Konselor Pengajaran SUN Education dan informasi, berikut lima kota paling murah yang paling ramah di kantong untuk mahasiswa.

  1. Purwokerto

Purwokerto populer sebagai salah satunya kota dengan ongkos hidup termurah di Indonesia. Rerata ongkos makan di kota yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa tengah, ini sekitaran Rp 7.000 sampai Rp 15.000 per jatah.

Bila dikumpulkan, rerata ongkos hidup tiap bulannya sekitaran Rp dua juta. Bahkan juga, di tepian kotanya, mahasiswa dapat cuma keluarkan uang sekitaran Rp 1 juta /bulan.

Beberapa perguruan tinggi populer yang berada di Purwokerto salah satunya Kampus Jenderal Soedirman (Unsoed) dan Kampus Muhammadiyah Purwokerto.

  1. Yogyakarta

Kuliah di Yogyakarta menjadi opsi yang akurat. Karena, selainnya tempatnya universitas favorite beberapa siswa, ongkos hidup di situ termasuk murah.

Pada sebuah bulan, mahasiswa dapat memenuhi tuntutan hidupnya cukup dengan keluarkan uang sekitaran Rp 1-1,lima juta saja. Banyak tempat makan yang menetapkan harga di bawah Rp 10 ribu per jatahnya.

Disamping itu, ongkos kost di Yogyakarta cuma sekitaran Rp 300-700 ribu /bulannya. Tetapi, hal ini bergantung lokasi yang diputuskan.

Beberapa universitas favorite yang berada di Yogyakarta diantaranya Kampus Gadjah Mada (UGM), Kampus Negeri Yogyakarta (UNY), Kampus Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga, sampai Kampus Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

  1. Solo

Ongkos hidup di Solo hampir sama dengan Yogyakarta, baik dari sisi rumah atau makanan. Kota ini populer pada harga makanan yang murah tetapi mengenyangkan.

Rerata ongkos hidup /bulan di Solo sekitaran Rp 1,lima juta. Ongkos kost hampir serupa dengan Yogyakarta.

Beberapa perguruan tinggi yang populer di situ dimulai dari Kampus Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Kampus Muhammadiyah Surakarta (UMS), sampai Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

  1. Banyuwangi

Berdasar laporan survey Tubuh Pusat Statistik (BPS), Banyuwangi menjadi satu diantara kota dengan ongkos hidup terendah. Pengeluaran rerata sekitaran Rp 1-1,lima juta /bulan.

Selainnya populer sebagai kota paling murah, Banyuwangi populer akan keelokan tujuan wisatanya. Di situ ada Kampus PGRI Banyuwangi.

  1. Cirebon

Cirebon dikenal juga sebagai kota dengan ongkos hidup yang murah. Rerata mahasiswa akan keluarkan dana sekitaran Rp 1-2 juta untuk ongkos kost, makan, dan selingan.