Pemandangan Sungai di Curug Depok yang Viral karena Diuruk, Sebelum Ada Jembatan Gantung

Depok – Mantan Ketua LPM Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Wardana mengungkap kondisi sungai di Depok yang viral karena hilang diuruk. Wardana mengungkapkan, sebelum ada jembatan gantung besi, warga membuat jembatan dari bambu yang sering rusak dihantam arus sungai.

FOTO: Menikmati Sore di Atas Jembatan Gantung - Foto Liputan6.com

Jembatan bambu itu menjadi penghubung antara Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok dengan Desa Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Munculnya sungai yang terbentuk dari aliran Kali Angke yang jebol itu, memisahkan wilayah itu.

“Kalau yang jembatan gantung besi itu hasil aspirasi Anggota DPR RI, Bapak Mahfudz Abdurrahman, anggarannya sampai Rp3,6 miliar” kata Wardana, Senin, 23 Januari 2023.

Sebelum ada jembatan gantung besi, warga terpaksa bolak-balik membuat jembatan bambu dan kayu secara swadaya. Jembatan itu kerap hancur. Setahun bisa rusak sampai tiga kali.

“Karena dari kayu dan tidak terlalu tinggi, akhirnya saat debit air tinggi mengantam tulangan jembatan dan hanyut terbawa air,” ujar Wardana.

Pengendara motor melintasi jembatan gantung di Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Senin, 23 Januari 2023. TEMPO/Ricky Juliansyah

Sungai itu muncul setelah Kali Angke jebol pertama kali pada 2011, dan membuat aliran sungai baru di lahan milik PT. Graha Perdana Indah. Setelah muncul aliran baru, tiap tahun warga membangun jembatan menggunakan bambu.

“Setahun bisa tiga kali, sampai warga capek sendiri, tiap jembatan hanyut, kita nebang bambu lagi, dulu kan banjirnya gede terus,” ungkap Wardana.

Ketua RT 2 RW 7, Andi menuturkan jembatan dari bambu hancur akibat turap di pinggir Kali Angke  jebol. Turap jebol pertama kali terjadi pada  2011 dan terakhir pada awal 2018 sebelum dibangun jembatan gantung dari besi.

“Yang jembatan gantung posisinya lebih tinggi dan pondasinya juga kuat, jadi belum pernah rusak atau hanyut lagi sampai sekarang,” kata Andi.

Jembatan gantung di perbatasan Depok dan Kabupaten Bogor ini sebelumnya sempat viral di media sosial, karena aliran air di bawahnya diuruk pengembang perumahan.

BACA LAINNYA : 4 Cara Masak Kacang Polong agar Cepat Empuk

BACA LAINNYA : Resep Kacang Telur, Renyah Gurih Cocok Jadi Cemilan di Rumah 1

BACA LAINNYA Resep Peyek Kacang Ijo Renyah dan Gurih, Berikut Cara Membuatnya

BACA LAINNYA : 5 Resep Bolu Pisang Coklat yang Empuk, Manis Legit dan Tidak Seret

BACA LAINNYA : 4 Cara Mengolah Roti Tawar yang Hampir Kedaluwarsa, Lezat dan Mudah Dibuat di Rumah