Chelsea Bikin Cesar Azpilicueta Jadi Legenda

Chelsea Bikin Cesar Azpilicueta Jadi Legenda
Ada jadi anak muda, pergi sebagai legenda

BERITA BURUNG-Cesar Azpilicueta berlinang air mata. Waktu-waktu elok bela Chelsea harus ia mengakhiri pada musim panas 2023 ini. Tangis dari pemain lulusan Osasuna ini nampaknya menjadi suatu yang dapat dimengerti.

Habis bekerjasama waktu 11 tahun, Azpilicueta sah angkat kaki dari Chelsea. Ia lantas bakalan pindah ke Atletico Madrid musim depan, dengan posisi bebas transfer. Kontraknya yang masih ada satu musim kembali dituntaskan bisa semakin cepat.

“Berat buat melukiskan apakah yang saya rasai sekarang ini. Saya bela Chelsea waktu 11 tahun. Saya tidak dapat mengandaikan bisa hingga sampai di titik ini, jadi kapten team, terima kasih segalanya,” tutur figur yang akrab dipanggil Dave tersebut.

Sama yang dijelaskan Dave, ia telah mendapat beberapa hal bersama Chelsea. Seandainya, di 2012 lalu ia tak terima pinangan Chelsea, barangkali ia gak akan menjadi legenda hingga sampai sekarang ini.

1. Sebelumnya sempat menjadi pemain yang gak begitu diketahui
Chelsea Membuat Cesar Azpilicueta Jadi Legenda

Dave lahir serta besar di Osasuna Cantera. Ia yaitu produk sekolah tinggi Osasuna, dan sebelumnya sempat mengenyam pengalaman bersama team senior Osasuna di LaLiga. Ia sempat juga masuk Tim nasional berusia muda.

Tetapi, nama Dave kurang begitu kedengar, sebab di masa itu, ada banyak sejumlah pemain baik yang dibuat Spanyol. Mereka sedang berada di angkatan emas yang telah sukses menggandeng piala Piala Dunia dan Piala Eropa dengan berturut-turut.

Dave tidak patah arang. Ia masih tetap menyambung profesi dan memutus merapat di Marseille. Bersama club asal Prancis itu, Dave raih sejumlah trophy berpamor, seperti Coupe de la Ligue dan Trophee des Champions.

Peluang naik tingkat lantas hadir untuk Dave di 2012. ada memberikan penawaran buat mentas di Premier League. Sebelumnya sempat keras, Dave pada akhirnya memilih untuk ambil kesempatan kali ini. Sebenarnya, itu yakni ketentuan pas.

2. Mendapat seluruh yang dapat diperoleh bersama Chelsea

Chelsea Membuat Cesar Azpilicueta Jadi Legenda

Musim 2012/13 menjadi musim kiprah Dave bersama Chelsea. Pada musim itu, ia tampil dalam 48 pertandingan di seluruh gelaran bersama . Ia pula menjadi sisi kesuksesan ‘Si Biru’ menggapai piala Liga Europa pada musim itu.

Sesudah kesuksesan musim 2012/13, Dave terus menjadi sisi penting di beberapa musim seterusnya. Ia ada sewaktu Chelsea mendapat dua gelar Premier League, di musim 2014/15 juga musim 2016/17.

Ia ada juga waktu memenangi Piala FA di musim 2017/18, dan memenangkan Liga Europa kembali di musim 2018/19. Serta pastinya, ia ada juga sewaktu memenangi Liga Champions musim 2020/21.

Dave terus menjadi unggulan tiap-tiap manager di Chelsea. Mulai dengan Rafael Benitez, Jose Mourinho, Antonio Conte, Maurizio Sarri, Frank Lampard, Thomas Tuhel, sampai paling akhir Graham Potter, seluruhnya mempercayakan Dave disamping kanan.

Dave lantas menjadi hanya satu pemain yang berhasil mendapat trophy di semua arena laga. Ia pun menjadi pemain asing dengan caps paling banyak, yaitu 508 pertandingan di seluruhnya laga, berbalut catatan 17 gol serta 56 asis.

Saat pertama ada ke Stamford Bridge, ia bukan pemain beken. Ia cuman anak muda yang dijagokan miliki kekuatan. Saat ini, ia pergi dengan posisi legenda dari Stamford Bridge.

Baca Pula: 11 Realitas Cesar Azpilicueta, Bek Spanyol yang Sukses Bersama

3. Chelsea yaitu rumah buat Dave

Chelsea Membuat Cesar Azpilicueta Jadi Legenda

Azpilicueta mengenang kembali, panggilan Dave ini diberi oleh banyak penggemar, yang terlihat kesukaran mengeja namanya. Lepas apa pun itu maknanya, dengan itu, ia berasa telah menjadi sisi dari . Buatnya, ialah rumah.

Chelsea yakni rumah saya, banyak masa lalu cantik dan susah di sini. Saya udah memberi seluruhnya dan mudah-mudahan kedepannya, saya dapat kembali. Gak boleh panik, team ini akan bangun seperti yang lalu,” kata Cesar Azpilicueta.