Begadang Hingga Hampir Merenggut Nyawa

Beritaburung: Begadang Dapat Merenggut Nyawa

Banyak hal-hal baik yang kita bisa dapatkan dalam setiap postingan viral yang tengah marak di media social. Salah satu yang masuk ke beranda TikTok saya menjelaskan bahwa seorang anak muda usia 20 tahun terkena stroke hingga koma.

Banyak praktisi kesehatan yang menjelaskan bahwa penyakit lambung dan darah rendah bisa menyebabkan kematian. Yuk kita ulas lebih dalam mengenai hal sepele namun dapat membahayakan nyawa ini.

 

Viral Video Anak Muda Stroke Hingga Koma Karena Begadang

Akun TikTok Viral

Heboh sebuah video viral FYP TikTok yang menceritakan pengalaman pribadi seorang wanita muda mengalami stroke hingga koma. Video berdurasi 60 detik itu telah ditonton lebih dari 12 juta kali dan menjadi trending topic yang hangat untuk dibahas. Pemilik akun @olszalau dalam akun TikTok nya menceritakan pengalaman pribadi setelah ia bangun dari koma.

Kebiasaannya dalam begadang dimulai semenjak pandemi melanda hingga tahun 2021 kemarin. Pola tidur yang tidak benar dan pola makan tidak teratur menjadi alasan ia terkena stroke dalam pembuluh darahnya. Ia menjelaskan bahwa dirinya merasa lebih produktif dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari pada waktu malam hingga subuh.

Saat pagi bahkan siang menjelang, barulah ia bisa tidur dengan nyenyak. Pola tidur yang tidak baik ini berlangsung selama kurang lebih 2 tahun, ditambah dengan pola makan yang sangat tidak teratur. Ia pun sering merasa stress tanpa pernah menceritakannya kepada siapapun. 3 hal inilah yang menjadikan kondisi badannya drop hingga mengalami koma.

 

Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan Tubuh

Mengantuk merupakan efek paling cepat dari begadang. Setelah begadang badan sering menjadi terasa lemah dan lesu. Namun efek jangka panjang dari begadang bahkan bisa membahayakan keselamatan nyawa loh. Apa saja efek negatif dari begadang, mari kita simak.

  1. Peningkatan Berat Badan
    Efek dari begadang adalah dapat menurunkan metabolisme tubuh. Selain itu begadang dapat membuat lebih gampang lapar sehingga pola makan menjadi sulit untuk dijaga.
  2. Penuaan Dini
    Pada saat begadang, tubuh akan otomatis menghasilkan banyak hormone stress. Akibat dari begadang juga dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam. Jelas begadang sangat tidak disarankan untuk kecantikan diri.
  3. Penurunan Fungsi Otak
    Begadang dapat menurunkan konsentrasi dalam fungsi otak. Juga menurunkan tingkat kewaspadaan dalam kerja otak.
  4. Peningkatan Risiko Kanker
    Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur atau sering begadang dapat merusak sel-sel tubuh hingga meningkatkan resiko kanker.
  5. Penurunan Sistem Imun
    Efek dari begadang ini dapat menurunkan sistem imun. Jika imun turun, maka kekebalan tubuh dalam menerima virus ataupun bakteri menjadi lemah hingga gampang mendatangkan penyakit.

Inilah beberapa efek buruk dari begadang atau kurang tidur. Pastikan tubuh beristirahat yang cukup minimal 7 hari dalam sehari.

Setelah mengetahui efek dari begadang yang banyak mendatangkan dampak buruk, mari kita membahas solusi untuk mengurangi begadang demi menjaga kesehatan ditengah maraknya virus yang menyebar dalam masa pandemi ini.

Cara Mengurangi Begadang Berlebihan

Pola hidup yang tak terarur dapat mendatangkan berbagai macam penyakit hingga menyebabkan kematian loh. Bagaimana solusi untuk mengurangi kebiasaan begadang? Mari kita simak baik-baik.

  1. Berusaha Untuk Hidup Teratur
    Langkah kecil diawal ini memang sepele namun sulit untuk dilakukan dan konsisten ketika sudah menerapkannya. Biasakan pola hidup yang teratur, jam makan dan jam tidur mulai ditentukan dari sekarang. Biasakan disiplin kepada tubuh dan hal ini akan berdampak baik untuk kesehatan jangka Panjang.
  2. Buat Suasana Tidur yang Nyaman
    Sebelum tidur, biasakan untuk mematikan lampu atau hanya memakai lampu tidur kecil saja. Karena pada saat gelap maka mata akan gampang terpejam dengan kondisi minim cahaya. Atau bisa juga dengan menyimpan aroma terapi agar suasana kamar lebih relaks dan membuat anda lebih tenang ketika ingin tidur.
  3. Melakukan Olahraga Rutin
    Ketika melakukan olahraga, maka tubuh akan merasakan letih. Dan hal ini baik agar pada saat malam tubuh sudah meminta untuk di istirahatkan.
  4. Hindari Menonton Tv atau Bermain HP Jika Hendak Tidur
    Kebiasaan manusia sekarang adalah tidak bisa lepas dari HP nya dimanapun & kapanpun. Namun pastikan bahwa 30 menit sebelum tidur untuk mengistirahatkan mata dan otak dari cahaya HP & Tv agar menjadikan mata dan otak lebih relaks.
  5. Hindari Meminum Kopi Pada Malam Hari
    Kopi memiliki kandungan kafein yang membuat tubuh tidak beristirahat maksimal. Maka hindari minum kopi ketika malam hari agar bisa tidur ya.

Inilah langkah mudah namun harus dilakukan secara konsisten agar dapat mengubah kebiasaan buruk dari begadang.

Bayangkan saja anak usia 20 tahun bisa mengalami stroke hingga koma, apa lagi jika begadang dilakukan pada usia lebih dari itu. Setelah mengetahui banyaknya efek buruk dari begadang bagi kesehatan tubuh, apakah masih ada yang ingin melakukannya? Mulai ubah pola hidup dari sekarang dan selamatkan nyawa anda dari bahaya.