Bank Indonesia Memberikan Nilai Transaksi bisnis Digital Banking Menembus Rp4.900 Triliun di Januari 2023

Nilai Transaksi bisnis Digital Banking Menembus Rp4.900 Triliun di Januari 2023

BERITA BURUNG – Bank Indonesia (BI) memberikan laporan negosiasi ekonomi dan keuangan digital di Indonesia semakin tumbuh cepat dalam memajukan aktivitas ekonomi. Tercantum, nilai negosiasi digital banking bertambah 27,96 prosen secara year on year (yoy) jadi Rp4.900,6 triliun pada Januari 2023.

Bank Indonesia

“Perubahan ini ditunjang oleh bertambah luasnya ekonomi digital serta entengnya skema pembayaran digital, dan cepatnya digital banking,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam pertemuan reporter di Kantornya, Kamis (16/2).

Nilai Transaksi bisnis Digital Banking

Nilai bisnis uang electronic (UE) pada Januari 2023 sampai Rp36,57 triliun. Angka ini tumbuh penting sejumlah 26,08 prosen secara yoy. Selanjutnya, nilai transaksi bisnis pembayaran memakai kartu ATM, kartu debit, serta kartu credit tumbuh penting. BI menulis kenaikannya 5,42 % (yoy jadi Rp689,09 triliun.

Bank Indonesia

Saat itu, jumlah Uang Kartal Yang Disebarkan (UYD) menggapai Rp930,05 triliun di Januari 2023. Angka ini bertambah 5,07 prosen secara yoy. Bank Indonesia meyakinkan adanya uang Rupiah dengan kwalitas yang tersadar di semuanya area Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bank Indonesia

Bank Indonesia juga lagi melindungi kestabilan dan tingkatkan efektivitas bisnis pembayaran cross border lewat pengukuhan aturan dan akselerasi digitalisasi skema pembayaran untuk mengontrol momen pembaharuan ekonomi,” ujar Perry.