9 Tanda Kamu Pacaran dengan Seorang Misoginis si Pembenci Perempuan

9 Tanda Kamu Pacaran dengan Seorang Misoginis si Pembenci Perempuan

 

9 Tanda Kamu Pacaran dengan Seorang Misoginis si Pembenci Perempuan

 

BERITABURUNG, Memang, sepertinya nggak masuk akal jika seorang misoginis yang membenci perempuan justru menjalin hubungan dengan perempuan. Ya, tapi memang seperti itu yang biasa terjadi.

Jika kamu belum terlalu mengerti apa itu misoginis, ini adalah sebutan untuk orang yang memiliki pemikiran misogini, yaitu kebencian terhadap perempuan. Pada banyak kasus, laki-laki yang memiliki pemikiran misoginis nggak sadar kalau dirinya misoginis. Itulah mengapa mereka masih tetap menjalin hubungan dengan perempuan.

Nah, jika si laki-laki saja nggak sadar dirinya misoginis, nggak heran jika perempuan yang menjadi pasangannya juga nggak menyadari hal tersebut. Jika kamu curiga tapi belum yakin, psikoterapis Dr. Jenn Mann memberitahukan sembilan tanda kamu pacaran dengan seorang misoginis, seperti di bawah ini.

 

1. Memandang perempuan hanya sebagai objek

Memandang perempuan hanya sebagai objek

Menurut misoginis, perempuan adalah objek yang tugasnya menyenangkan laki-laki. Ketika perempuan “gagal” melakukannya, dia akan merasa kesal dan tersinggung karena “ketidakmampuan” perempuan tersebut.

Misoginis menilai perempuan dalam skala satu sampai sepuluh. Mereka memberi label buruk dan merendahkan untuk perempuan yang dianggapnya nggak menarik. Mereka bahkan nggak segan mengkritik penampilan perempuan.

 

2. Mengoleksi perempuan

Mengoleksi perempuan

Laki-laki yang memiliki pemikiran misoginis memandang perempuan sebagai piala yang dia kumpulkan. Harga dirinya tergantung pada seberapa cantik pasangannya ketika datang ke sebuah acara.

Dia membutuhkan validasi ini, karena sebenarnya ada rasa tidak aman dalam dirinya sendiri. Dia juga suka gonta-ganti pacar dan menyombongkannya. Padahal, dia melakukan ini karena takut memiliki ketergantungan emosional dengan perempuan.

 

3. Memiliki hubungan buruk dengan perempuan penting dalam hidupnya

Memiliki hubungan buruk dengan perempuan penting dalam hidupnya

Jika laki-laki memiliki hubungan yang buruk dengan ibunya, saudara perempuannya, neneknya, atau perempuan penting lainnya dalam hidupnya, ini bisa membuatnya menjadi misoginis.

Hal ini disebabkan perasaan atau masalah yang belum terselesaikan dengan orang-orang tersebut membuatnya jadi menyamaratakan semua perempuan. Akhirnya, dia menjadi marah dan mempermainkan semua perempuan yang berhubungan dengannya.

 

4. Suka catcalling perempuan

Suka catcalling perempuan

Misoginis berpikir kalau catcalling yang dilakukannya adalah bentuk pujian. Padahal, ini menunjukkan kalau dirinya kurang empati, kalau perilakunya itu dianggap sebagai ancaman terhadap perempuan, bahkan dikategorikan sebagai bentuk pelecehan seksual.

 

5. Mengendalikan perempuan

Mengendalikan perempuan

Ini bisa menjadi tanda kamu pacaran dengan misoginis yang sulit disadari. Pembenci perempuan yang halus akan mengontrol apa yang dikenakan pasangannya, caranya menata rambut dan merias wajahnya, serta hampir segalanya.

Jika pacar bahkan sampai membuatmu mengganti pakaian atau menghapus makeup yang kamu kenakan, ini merupakan tanda seorang misoginis. Lama-kelamaan kontrolnya meluas ke seluruh hubungan ke dalam kategori yang berbeda, seperti pekerjaan, kebiasaan makan, pakaian, hobi, teman, dan kontak dengan keluarga Anda.

 

6. Menyalahkan dirimu atas masalahnya

Menyalahkan dirimu atas masalahnya

Dalam alam bawah sadarnya pacar kamu membenci perempuan, jadi dia selalu mencari cara untuk menyalahkan dirimu atas masalahnya. Jika selama pacaran dengannya, kamu sering disalahkan atas kekurangan dan kegagalannya sendiri, sangat mungkin ini adalah tanda kamu pacaran dengan misoginis.

 

7. Tak setuju dengan kesetaraan gender

Tak setuju dengan kesetaraan gender

Bagi seorang misoginis, nggak ada yang namanya kesetaraan gender. Dia memiliki pandangan seksis yang ketinggalan zaman tentang peran apa yang harus dimainkan perempuan dalam masyarakat dan dunia kerja.

Tanda kebencian misoginis terhadap perempuan di antaranya adalah ketidaksetujuannya terhadap pemberian upah yang sama untuk pekerjaan yang sama kepada perempuan dan laki-laki, serta pandangan yang bias terhadap perempuan di tempat kerja.

 

8. Tidak nyaman dengan kesuksesan perempuan

Tidak nyaman dengan kesuksesan perempuan

Misoginis percaya bahwa laki-laki harus berada di posisi kekuasaan. Hal itu membuatnya nggak nyaman dengan perempuan sukses, terutama pasangannya.

Bahkan dia nggak segan untuk terus terang mengatakan kalau dirinya merasa paling nyaman ketika kamu (sebagai pasangannya) menghasilkan lebih sedikit uang, memiliki lebih sedikit kekuatan, dan kurang berhasil daripadanya. Dia menganggap kesuksesan dirimu sebagai ancaman.

 

9. Mengkritik tubuh pasangannya

Mengkritik tubuh pasangannya

Ini adalah trik misoginis yang paling sering dilakukan. Seorang pembenci perempuan akan mengkritik tubuh pasangannya untuk membuatnya selalu merasa kurang. Dia mungkin bilang kalau payudaramu nggak cukup besar, pinggangmu harus lebih kecil, pahamu gemuk, atau hidungmu terlalu besar.

Intinya, dia akan membuat kamu merasa buruk tentang penampilan dirimu sendiri. Keuntungan baginya adalah kritik tersebut membuat kamu memiliki pandangan negatif tentang diri sendiri dan kemudian merasa malu.

 

Nah, di antara semua tanda di atas, apakah ada beberapa tanda yang menyiratkan kalau kamu pacaran dengan seorang misoginis? Jika ada, mungkin sudah saatnya kamu memikirkan kembali hubunganmu dengan si pembenci perempuan ini sebelum terlambat, ya.