7 Teknik Membuat Patung, Mulai dari Memahat hingga Merangkai

7 Teknik Membuat Patung, Mulai dari Memahat hingga Merangkai

BERITA BURUNG – 7 Teknik Membuat Patung, Mulai dari Memahat hingga Merangkai Seni patung adalah cabang dari kreasi seni rupa aplikasi yang miliki tiga dimensi. Patung dibikin dari beraneka macam bahan, mulai dengan yang lunak, seperti lempung (jawa), sampai yang keras, seperti logam.

Membuat Patung

Ada sekian banyak tehnik atau langkah yang bisa dikerjakan pematung buat bikin patung. Beberapa teknik membikin patung disamakan berbahan baku yang hendak dipakai.

BACA JUGA YA : Resep Perkedel Kentang Daging, Bisa Jadi Lauk Makan Nasi Kuning 1

7 Tehnik Membuat Patung

1.Tehnik Pahat
Tehnik mengukir patung dikerjakan dengan mengurangi beberapa bahan baku membuat patung. Bahan baku itu diukir sebegitu rupa sampai menciptakan wujud yang dibutuhkan. Tehnik pahat dipakai untuk bikin patung yang bahan bakunya punya sifat keras, seperti batu cadas dan batu marmer.

2.Tehnik Ukir
Seperti tehnik pahat, tehnik ukir pun dipakai di bahan baku memiliki sifat keras. Tapi tehnik ukir lebih dipertekankan pada pembikinan patung berbahan baku kayu. Beberapa tipe kayu yang biasa dipakai untuk bikin patung merupakan kayu jati, kayu mahoni, serta kayu sawo.

3.Tehnik Cor
Tehnik cor dikerjakan waktu membuat patung berbahan baku seperti semen, logam, fiberglass, gips, serta semacamnya. Sesaat akan membikin patung, beberapa pematung bakal membikin cetakan lebih dahulu. Selanjutnya beberapa bahan yang sudah dilelehkan ditempatkan ke cetakan itu.

4.Tehnik Ketuk
Tehnik membikin patung sesudah itu tehnik ketuk. Tehnik ketuk kebanyakan dipakai di patung-patung yang bahan bakunya datang dari lurusan logam. Lurusan itu akan dibuat melalui langkah diketuk pada bagian dalam dan luarnya. Seusai tuntas diketuk, lurusan-lempengan logam dikumpulkan dengan dilas sampai membuat patung yang dibutuhkan.

5.Tehnik Butsir
Butsir yakni tehnik membikin patung dengan membuat bahan baku patung yang punya sifat benyek seperti, bubur kertas, lilin malam (plastisin), serta lempung (jawa).

Tanah liat yang bagus yakni tanah liat yang dengan tingkat keluwesan yang tinggi serta tak pecah di saat udah kering. Bukan hanya tanah liat, ada juga plastisin yang mempunyai kualitas bagus.

Plastisin yang baik yaitu plastisin yang memiliki kandungan lemak hingga ringan dibuat dan proses pengeringannya butuh waktu lama.

6.Tehnik Membuat
Tehnik membentuk dilaksanakan dengan mengelas beberapa bahan baku patung dari logam. Dikatakan tehnik membentuk, karena di pembikinannya beberapa bahan yang dihubung dan diatur udah terjadi. Sebagian contoh berbahan yaitu, tangkai besi, kawat, serta pipa.

7.Tehnik Assembling (Merangkai)
Tehnik membuat patung ini dilaksanakan dengan membuat bahan patung berasal dari beberapa benda jadi konstruksi yang anyar. Pada tehnik assembling, patung dibikin dengan gunakan sejumlah barang yang tak dipakai. Selesai dirangkai, patung bisa diwarnai kembali mengecat.