7 Pertimbangan Sebelum Membeli CCTV, Jangan Salah Pilih

7 Pertimbangan Sebelum Membeli CCTV, Jangan Salah Pilih

CCTV dibagi menjadi dalam dan luar ruangan
  • CCTV dibagi menjadi dalam dan luar ruangan, dengan harga dan fitur yang berbeda
  • Pertimbangkan sumber daya, media penyimpanan, penglihatan malam, bidang pandang, dan resolusi video kamera
  • Pilih CCTV dengan audio dua arah untuk kemampuan berbicara dengan orang di kamera melalui aplikasi seluler

BERITA BURUNG Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan rumah, salah satunya dengan memasang kamera keamanan, atau yang lebih dikenal sebagai CCTV. CCTV adalah perangkat yang memantau dan melindungi rumah, baik di dalam maupun di luar ruangan.

CCTV merupakan teknologi yang bagus untuk meningkatkan keamanan rumah. Jika kamu ingin menambahkan teknologi tersebut ke rumah, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli kamera keamanan untuk rumah.

1. Apakah kamera diperuntukkan di luar atau di dalam ruangan

7 Pertimbangan Sebelum Membeli CCTV, Jangan Salah PilihCCTV terbagi menjadi dua jenis utama: di dalam dan di luar ruangan. Satu jenis hanya dapat digunakan di dalam ruangan sementara jenis lainnya dibuat untuk penggunaan di luar ruangan dan dapat menahan unsur-unsur seperti hujan dan perubahan suhu yang besar.

Kamera yang dirancang untuk penggunaan di luar ruangan biasanya lebih mahal daripada model khusus dalam ruangan, tetapi sering kali memiliki lebih banyak fitur. Jadi, pikir baik-baik apakah kamu ingin menaruh CCTV di dalam ruangan, luar ruangan, atau keduanya.

2.CCTV Sumber daya yang dibutuhkan

7 Pertimbangan Sebelum Membeli CCTV, Jangan Salah PilihApakah kamera membutuhkan sumber daya yang selalu terhubung atau nirkabel? Jika nirkabel, berapa lama masa pakai baterainya? Apakah baterainya dapat diisi ulang atau harus selalu diganti jika habis?

Jika harus selalu terhubung ke sumber daya, berapa panjang kabel yang dibutuhkan? Untuk kamera luar ruangan, apakah colokannya tahan cuaca atau perlu stopkontak dalam ruangan? Pertanyaan ini mungkin tampak sepele, tetapi sumber daya sangat memengaruhi kerumitan pemasangan.

3. Media penyimpanan

7 Pertimbangan Sebelum Membeli CCTV, Jangan Salah PilihPilihan media penyimpanan juga memengaruhi tingkat kerumitan dalam merawat CCTV. Penyimpanan dapat dibagi menjadi dua kategori: lokal dan cloud. Penyimpanan lokal biasanya berupa kartu micro-SD, yang terpasang di kamera, atau hard drive eksternal. Dengan penyimpanan lokal, rekaman disimpan langsung ke kartu atau hard drive.

Pada CCTV dengan penyimpanan cloud, rekaman diunggah secara otomatis ke server cloud. Penyimpanan cloud ada yang gratis, ada pula yang memerlukan langganan berbayar.

Ada juga dengan penyimpanan cloud dan lokal. Dengan begitu, jika salah satu metode gagal, kamu masih memiliki metode penyimpanan lain sebagai cadangan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi CCTV yang Bisa Merekam Suara, Mudah Dipantau

Lanjutkan membaca artikel di bawah
  • 7 Platform AI Terbaik untuk Desain Grafis, Apa Saja?
  • 3 Cara Melihat Kata Sandi Email yang Lupa, Pakai HP dan Laptop
  • Mengenal Ransomware, Kejahatan Siber yang Bisa Lumpuhkan Sistem!

4. Penglihatan malam

7 Pertimbangan Sebelum Membeli CCTV, Jangan Salah PilihPenting bagi sebuah kamera untuk dapat menunjukkan dengan jelas apa yang terjadi di siang maupun malam hari. Penglihatan malam hadir dalam dua bentuk: inframerah melalui sensor LED, yang menghasilkan rekaman hitam putih, atau warna dari lampu sorot putih terang.

Perlu diingat, meskipun penglihatan malam berwarna tampaknya merupakan ide yang bagus, lampu sorot terang membuat kamera sangat mencolok. Sayangnya, kamera yang mencolok lebih mungkin dicuri.

5. Bidang pandang kamera

7 Pertimbangan Sebelum Membeli CCTV, Jangan Salah Pilih

Salah satu spesifikasi terpenting yang harus diperhatikan saat membeli kamera CCTV adalah bidang pandang. Bidang pandang adalah area yang dapat dilihat dari lokasi yang ditangkap kamera, diukur sebagai sudut. Kamera dengan bidang pandang 180 derajat dapat menangkap semua yang ada di depannya. Bidang pandang yang lebih kecil akan menangkap lebih sedikit area. Setelah memutuskan di mana ingin meletakkan kamera, kamu perlu menemukan bidang pandang yang paling sesuai dengan lokasi tersebut.

6. Resolusi gambar

7 Pertimbangan Sebelum Membeli CCTV, Jangan Salah PilihCCTV menawarkan resolusi video yang berbeda. Saat ini, sebagian besar kamera menawarkan satu dari tiga jenis resolusi—1080p HD, 2K, dan 4K. Kamera 4K menawarkan resolusi terbaik yang kemudian diikuti oleh 2K dan kemudian 1080p HD.

Untuk kamera dalam ruangan, opsi HD atau 2K kemungkinan sudah cukup. Namun, jika kamu ingin memasang kamera di luar rumah, pertimbangkan kamera 4K. Semakin tinggi resolusi kamera, harganya tentu semakin mahal. Namun, kamera beresolusi tinggi dapat menampilkan lebih banyak detail pada area yang luas dan akan berfungsi dengan sangat baik saat memperbesar gambar, seperti pelat nomor.

7. Audio

7 Pertimbangan Sebelum Membeli CCTV, Jangan Salah PilihSelain kemampuan menangkap gambar dengan jelas, kamera keamanan idealnya dilengkapi speaker dan mikrofon internal. dengan audio dua arah memungkinkan kamu berbicara dengan siapa pun yang ada di kamera melalui aplikasi selulernya. Namun, ada juga yang hanya dilengkapi mikrofon sehingga kamu tidak bisa melakukan percakapan dengan orang yang ada di kamera. Agar tidak salah pilih, periksa dulu jenis audio yang dimiliki kamera keamanan yang ingin kamu beli.

Sekarang, kamu sudah mengetahui pertimbangan dalam memilih kamera keamanan rumah. Semoga, ini bisa membantu kamu memilih yang tepat untuk membantu melindungi