7 Pengumuman Penting di WWDC 2024, Akhirnya cPunya Kalkulator!

7 Pengumuman Penting di WWDC 2024, Akhirnya iPad Punya Kalkulator!

Salah satunya integrasi dengan OpenAI

Intinya Sih…

  • Apple menggelar Worldwide Developers Conference 2024 di Cupertino, California.
  • Apple memperkenalkan Apple Intelligence dengan fokus pada keamanan dan integrasi dengan OpenAI ChatGPT untuk Siri.
  • Pembaruan besar termasuk AI baru dalam aplikasi, Pusat Kontrol baru, VisionOS 2, dan fitur baru untuk iPad.

Apple baru saja menggelar event Worldwide Developers Conference 2024. Event tahunan bagi developer tersebut digelar pada Rabu (11/6/2024) di Cupertino, California. Banyak Apple fanboy yang sudah menantikan acara tersebut. Hal tersebut lantaran biasanya Apple mengumumkan banyak hal baru dalam gelaran tersebut.

Tahun ini sepertinya Apple fokus dengan Apple Intelligence atau AI. Dalam Keynote WWDC 2024 yang digelar pukul 00.00 WIB tadi, berikut beberapa pengumuman terbesarnya!

Kenalkan Apple Intelligence

7 Pengumuman Penting di WWDC 2024, Akhirnya iPad Punya Kalkulator!Apple Intelligence WWDC adalah sistem AI pribadi baru di produk Apple. Fitur ini memungkinkan banyak kemampuan baru di seluruh aplikasi asli Apple, seperti kemampuan untuk menghasilkan gambar atau meringkas teks.

Apple Intelligence hadir dengan penekanan besar pada keamanan, karena sistem akan secara otomatis memutuskan apakah perlu menggunakan pemrosesan pada perangkat atau menghubungi server komputasi awan pribadi Apple untuk memenuhi permintaan pengguna. Sistem ini akan tersedia secara gratis di iPhone 15 Pro serta di iPad dan Mac dengan chip M1 dan versi lebih baru.

Kemampuan baru Siri dengan ChatGPT

Peningkatan AI besar-besaran pada Siri juga mencakup integrasi dengan chatbot ChatGPT OpenAI. Dengan integrasi baru, Siri akan secara otomatis menentukan apakah suatu querry akan lebih cocok untuk ChatGPT. Ia kemudian akan meminta izin pengguna sebelum mengirimkan permintaannya ke ChatGPT. ChatGPT dapat digunakan melalui Siri secara gratis dan tanpa harus membuat akun baru.

Baca Juga: Daftar iPhone yang Akan Kebagian iOS 18, Ada iPhone XR

Fitur baru di aplikasi ekosistem Apple

Apple telah meluncurkan berbagai fitur AI baru dalam aplikasi-aplikasinya pada iOS 18, termasuk metode untuk merangkum email dan menghasilkan respons. Perusahaan tersebut juga memperkenalkan fitur Genmoji yang memungkinkan pembuatan emoji khusus melalui perintah teks, serta generator gambar AI yang dinamakan Image Playground.

Apple juga menghadirkan AI ke aplikasi Foto, memberi kemampuan untuk mencari foto menggunakan bahasa alami. Pengguna juga dapat membersihkan objek di latar belakang gambar, mirip dengan Magic Eraser Google. Selain itu, Apple menambahkan transkripsi dan ringkasan yang didukung AI ke Catatan dan aplikasi Telepon.

WWDC Opsi kustomisasi di iOS 18

7 Pengumuman Penting di WWDC 2024, Akhirnya iPad Punya Kalkulator!Editor’s picks
  • 7 Platform AI Terbaik untuk Desain Grafis, Apa Saja?
  • 3 Cara Melihat Kata Sandi Email yang Lupa, Pakai HP dan Laptop
  • Mengenal Ransomware, Kejahatan Siber yang Bisa Lumpuhkan Sistem!

Selain semua AI, WWDC  Apple memperkenalkan Pusat Kontrol baru dan lebih dapat disesuaikan di iOS 18. Apple juga meluncurkan cara untuk secara bebas menempatkan ikon aplikasi di layar beranda. Apple juga akan mengizinkan pengguna mengunci aplikasi tertentu dengan pembaruan yang akan datang, mencegah orang lain menggunakannya.

Perubahan besar lainnya termasuk desain ulang aplikasi Foto dan Mode Game baru untuk iPhone yang meminimalkan aktivitas latar belakang untuk mengoptimalkan gameplay.

Fitur baru untuk Apple Vision Pro

7 Pengumuman Penting di WWDC 2024, Akhirnya iPad Punya Kalkulator!Apple telah mengumumkan visionOS 2, pembaruan besar pertamanya untuk sistem operasi. Salah satu fitur baru yang hadir di Vision Pro menggunakan pembelajaran mesin untuk memberikan kedalaman pada foto yang ada. Pembaruan ini juga akan memperkenalkan dukungan untuk tampilan Mac virtual ultrawide, gerakan yang lebih intuitif, dan dukungan untuk mode perjalanan di kereta.

Apple juga berencana menghadirkan Vision Pro ke lebih banyak negara, termasuk Tiongkok, Singapura, Australia, Kanada, Prancis, dan Inggris.

Fitur Mirroring iPhone di PC Apple

Pembaruan macOS Apple berikutnya akan memungkinkan pengguna mencerminkan iPhone di Mac pengguna. Anda akan dapat berinteraksi dengan iPhone langsung dari Mac, memungkinkan pengguna melihat notifikasi dan mendengar audio diputar dari perangkat seluler pengguna.

Ada juga fitur Sorotan baru yang hadir di Safari, yang menggunakan pembelajaran mesin untuk memilih bagian halaman yang menarik.

iPad akhirnya punya kalkulator

7 Pengumuman Penting di WWDC 2024, Akhirnya iPad Punya Kalkulator!IPad akhirnya mendapatkan aplikasi Kalkulator lebih dari satu dekade setelah dirilis. Muncul dengan fitur baru yang disebut Math Notes, yang memungkinkan pengguna menggunakan Apple Pencil untuk menulis persamaan di iPad dan meminta aplikasi menyelesaikannya.

Apple juga meluncurkan fitur Smart Script, yang menggunakan pembelajaran mesin untuk meningkatkan tampilan tulisan tangan dan memeriksa ejaan catatan pengguna.

Itu tadi 7 pengumuman paling menarik di gelaran WWDC 2024. Mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 7 Pengumuman Terbesar di WWDC 2023, Event Tahunan Apple!