7 Pemicu Mati Rasa pada Vagina, Dapat Kacaukan Kehidupan Sex

7 Pemicu Mati Rasa pada Vagina, Dapat Kacaukan Kehidupan Sex

Beritaburung – Vagina ialah organ badan yang paling peka. Ini yang mengakibatkan wanita alami beragam jenis kesan saat melakukan hubungan intim. Tetapi, kadang sensitivitas pada vagina bisa menyusut, bahkan juga sampai mati rasa.

Mati rasa pada vagina dapat disebabkan karena beragam factor, dimulai dari keadaan kesehatan sampai peralihan. Walau biasanya tidak mencelakakan, tapi keadaan ini bisa mengusik pengalaman seksual. Karena itu, penting buatmu ketahui apa pemicu mati rasa pada vagina.

1. Pemakaian vibrator yang terlalu berlebih

Vibrator

Untuk banyak wanita, memakai vibrator menjadi langkah paling efektif untuk memperoleh orgasme. Tetapi, pemakaian yang terlalu berlebih malah akan merugikanmu.

Dikutip Health, memakai vibrator sering bisa mengakibatkan vagina kehilangan sensitivitas atau bahkan juga alami mati rasa, hingga lebih susah untuk capai orgasme. Tetapi, tak perlu cemas. Bila kamu alami ini, stop pemakaian dan diamkan badan istirahat sesaat.

2. Menopause

Menopause
Peralihan hormonal yang dirasakan wanita sepanjang menopause bisa mengakibatkan minimnya sensitivitas atau mati rasa pada vagina. Menopause menjadi satu diantara argumen paling besar kenapa wanita tidak rasakan kesan apa saja saat dikasih rangsangan sensual.

Diterangkan situs Health Tembakan, saat menopause, kandungan estrogen turun dengan berarti. Estrogen ialah hormon yang membuat jaringan vagina kenyal dan terlumasi secara baik. Pengurangan tingkat estrogen mengakibatkan jaringan vulva dan vagina jadi lebih tipis, lebih kering, dan kurang plastis.

3. Depresi

Stress

Peranan seksual benar-benar tergantung dari sesuatu yang terjadi pada fisik atau psikis. Mati rasa pada vagina bisa disebabkan karena depresi, terlebih bila terjadi terus-terusan.

Satu study yang termuat dalam Journal of Sexual Medicine tahun 2014 memperlihatkan jika depresi akut dihubungkan dengan tingkat nafsu seksual genital yang lebih rendah. Ini peluang karena depresi memacu kenaikan kortisol. Tingginya kandungan kostisol selanjutnya memacu pengurangan kandungan estrogen.

4. Permasalahan pada jaringan dasar panggul

 masalah pada panggul
Mengusung berat beban dan jaringan parut pada vagina bisa memberi penekanan besar pada otot-otot dasar panggul, hingga mengakibatkan kontraksi. Ini memacu pengurangan saluran darah, dan seterusnya pengurangan kesan.

Permasalahan pada otot-otot dasar panggul bisa terjadi karena persalinan pervaginam, operasi panggul, atau karena sembelit kronis. Untungnya, permasalahan ini kerap bisa ditangani secara mudah, dimulai dari tehnik rileksasi sampai konsumsi beberapa obat.

5. Kompleksitas persalinan pervaginam

Komplikasi persalinan
Persalinan bisa memberikan penekanan, regangan, atau bahkan juga mencederai saraf di dasar panggul. Ini lebih biasa terjadi pada wanita yang melahirkan bayi memiliki ukuran besar.

Menurut situs Healthline, ini karena persalinan beresiko menggunting saraf atau pembuluh darah yang bawa darah ke tempat itu. Ini bisa mengakibatkan lenyapnya kesan seksual, yang oleh sebagian orang dipandang seperti mati rasa. Berita baiknya, permasalahan ini tidak tetap dan akan sembuh seiring berjalannya waktu

6. Trauma

Mati rasa pada Vagina
Pernah merasakan kekerasan seksual atau trauma yang lain bisa mengakibatkan mati rasa sepanjang kegiatan seksual. Ini bisa saja karena pengalaman awalnya mengakibatkan perasaan takut, depresi, atau kesan-kesan jelek dari hubungan seksual.

Keadaan ini jangan didiamkan. Siapa saja yang mempunyai kisah trauma kemungkinan memperoleh faedah saat bicara dengan psikiater atau psikolog hingga dapat memperoleh perawatan yang diperlukan.

7. Inflamasi

Inflamasi

Inflamasi dapat mengakibatkan tempat genital alami mati rasa. Inflamasi bisa disebabkan karena hal ini, seperti dikutip Buoy Health:

Menyebar:

Infeksi bakteri serta virus bisa mempengaruhi saraf langsung atau membuat abses tulang belakang yang dapat mengakibatkan infeksi.

Berkaitan kebal:

  • Banyak masalah infeksi yang menyebabkan badan serang dirinya. Ini bisa mempengaruhi saraf dan mengakibatkan cidera yang memacu mati rasa. Beberapa keadaan yang bisa mengakibatkan ini, mencakup multiple sclerosis dan lupus.
  • Menyusutnya kesan dan mati rasa pada vagina ialah permasalahan yang umum. Tetapi, mati rasa yang berkelanjutan bisa mengusik kekuatan untuk nikmati sex . Maka, bila kamu mempunyai permasalahan ini, tidak ada kelirunya untuk bicara sama dokter.