7 Hal Unik di Negara Filipina yang Belum Banyak Orang Tahu

BERITA BURUNG Banyak orang kurang familiar dengan budaya atau ciri khas negara Filipina. Mengingat, negara berbahasa Tagalog ini masih kalah beken di Asia Tenggara, jika disandingkan dengan Indonesia atau Thailand

Tetapi, negara berjulukan Lumbung Padi Asia ini juga menyimpan daya tarik yang cukup unik. Sehingga, membuat pelancong internasional penasaran juga. Hanya di Filipina, kamu akan menemukan sebuah restoran dengan seluruh staf bertubuh kerdil.

Selain itu, ada 7  hal unik yang hanya dapat ditemukan di Filipina, dilansir dari laman The Culture Trip. Dijamin, kamu akan semakin terkesima dan tertarik untuk menyambangi negara ini!

1. Restoran bertema hobbit

7 Hal Unik di Negara Filipina yang Belum Banyak Orang Tahu

Hobbit adalah sekelompok suku fiktif yang memiliki tubuh kerdil dengan tinggi sekitar 100 cm. Walau pertama kali hadir dalam karya fantasi Holkien, ras pendek ini lebih dikenal lewat waralaba The Lord of The Rings.

Di Filipina, terdapat restoran bernama Hobbit House yang menyandang gelar ‘restoran paling aneh di dunia’. Keunikan restoran ini terlihat dari seluruh pegawainya yang merupakan orang kerdil dan pendek. Restoran berumur 60 tahun ini sudah ada sejak 1973.

Mantan profesor sekaligus sukarelawan Peace Corps, Jim Turnet adalah pendiri The Hobbit House. Dalam menentukan desain interior dan konsep restoran, ia juga terinspirasi dari waralaba Lord of The Rings.

2. The Jeepney

7 Hal Unik di Negara Filipina yang Belum Banyak Orang Tahu

Kalau ke Filipina, jangan lupa untuk menaiki The Jeepney ya, Bela. Transportasi umum mirip perpaduan angkot-kopaja ini terkenal sebagai “raja jalanan” Filipina. Angkutan umum ini awalnya terinspirasi dari jip militer yang ditinggalkan oleh Amerika Serikat (AS) pasca Perang Dunia II.

Mobil modifikasi ini juga menjadi bagian penting dari sistem transportasi di Filipina.  Harganya cukup ekonomis ketimbang kereta, taksi, atau becak bermotor. Bentuknya yang panjang dengan dekorasi mobil yang ramai dan colorful pun membuat orang tertarik untuk menaikinya.

3. Menyantap balut

7 Hal Unik di Negara Filipina yang Belum Banyak Orang Tahu

Meski merupakan kosa kata yang sama dalam bahasa Indonesia, balut dalam bahasa Filipina memiliki arti berlainan. Dalam KBBI, balut memiliki arti pembungkus. Sedangkan di Filipina, balut adalah kuliner ekstrem yang terdiri dari telur bebek rebus dengan embrio di dalamnya.

Banyak pelancong dari negara lain menganggap makanan ini sungguh menjijikan, tak terkecuali Indonesia. Tetapi di Filipina, menyantap balut adalah hal biasa dan banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima.

4. Mandi di panci besar

7 Hal Unik di Negara Filipina yang Belum Banyak Orang Tahu

Kalau sedang penat dan pegal, memang paling enak merelaksasi diri dengan bermandikan air hangat. Nah di bilangan Tibiao, Antique, kamu bisa merasakan pengalaman tak terlupakan dengan berendam dalam panci raksasa yang diletakkan di atas api panas.

Bukan panci biasa, awalnya panci raksasa ini digunakan untuk memasak gula oleh masyarakat. Tetapi, pihak resort dan penginapan justru menyulapnya menjadi tempat mandi air panas bagai bak jacuzzi.

Hal ini semata-mata untuk menarik perhatian para turis yang sedang bertandang ke sana. Air panas yang digunakan untuk berendam pun berisikan bunga dan renpah yang membuat tubuh rileks.

5. Ada seniman tato berusia 100 tahun lebih

7 Hal Unik di Negara Filipina yang Belum Banyak Orang Tahu

Zaman sekarang ini, pekerjaan seniman tato banyak digeluti oleh para kawula muda. Tapi di Filipina, ada seorang seniman tato legendaris berusia 106 tahun. Namanya Whang Od. Kariernya sebagai seniman tato dimulai sejak ia berumur 16 tahun.

Setiap harinya, perempuan lansia ini dibanjiri para pelanggan lokal maupun mancanegara yang ingin membuat tato. Karya seni tatonya pun ciamik dan artistik, terlebih ia melukiskan tato secara tradisional.

Saking melegendanya, Od pun ditunjuk menjadi bintang sampul Vogue tertua di usianya ke 106 tahun pada edisi April 2023.

6. Kulineran di bawah air terjun

7 Hal Unik di Negara Filipina yang Belum Banyak Orang Tahu

Kalau kamu sudah jenuh menyantap seafood di pinggir pantai, sekiranya kamu bisa mendatangi Restoran Air Terjun Villa Escudero. Restoran berkonsep outdoor ini menjajakan sensasi unik dan baru yang tak pernah ada sebelumnya.

Di mana, kamu akan menikmati makanan sevara langsunt di bawah air terjun buatan. Sensasi menggigil saat dinginnya air terjun mengalir dan menyentuh kaki, melukiskan memori tak terlupakan di diari hidupmu.

Mengorek dari Matador Tips, air terjun buatan ini dibangun oleh Escudero Plantations and Resort Filipina. Airnya sendiri bersumber dari Bendungan Labasin.

7. Raja Ampat-nya Filipina, El Nido

7 Hal Unik di Negara Filipina yang Belum Banyak Orang Tahu

Sebagai negara tropis, Filipina juga memiliki koleksi pulau serta pantai indah yang menawan mata. Di antaranya yang paling tersohor adalah kepulauan El Nido yang berlokasi di Pulau Palawan, Filipina. Kawasan wisata El Nido terdiri atas 45 pulau dan lebih dari 50 pantai.

Keindahan alamnya pun masih suci dan belum terjamah hiruk pikuk kota, lengkap dengan air pantai biru yang jernih dan tebing kapurnya yang kokoh. Tentu, pemandangan ini memantik ingatan kita akan Raja Ampat di Indonesia.

Walau pamornya sebagai destinasi liburan masih kurang bersinar, ternyata Filipina menyimpan banyak pesona yang menawan, sehingga menjadi daya pikat tersendiri. Setelah melihat keunikan di atas, apakah kamu terketuk untuk berlibur ke Filipina, Bela?