7 Cara Merawat Kuda Pacu Yang Baik Dan Benar

Cara Merawat Kuda Pacu

Anda perlu mengetahui cara merawat kuda pacu yang baik. Mengapa merawat kuda pacu begitu penting diperhatikan? Sebab, hewan ini membutuhkan energi dan kecepatan yang lebih daripada jenis kuda biasa. Dalam dunia pacuan, semakin cepat lari kuda maka semakin didambakan. Dengan begitu, perawatan kuda pacuan harus bisa berperan dalam meningkatkan kecepatan larinya.

Cara Merawat Kuda Pacu yang Baik dan Benar

Ada beberapa cara merawat kuda pacu yang baik dan benar, antara lain:

1. Kandang

Seperti binatang yang lainnya, kuda pacu juga membutuhkan kandang yang layak untuk tempatnya tinggal dan beristirahat. Dalam hal ini kuda pacu membutuhkan tempat yang tinggal yang aman dan nyaman.

Standar kandang untuk bintang balap tersebut setidaknya berlantai kering, aman, serta bebas dari jangkauan panas, salju, hujan, hingga angin. Selain itu, Anda perlu memastikan kandangnya bebas dari serangga.

Kandang kuda pacu sendiri juga harus berukuran panjang karena binatang tersebut akan tidur dengan posisi rebahan. Jangan lupa untuk memberikan alas dengan menggunakan jerami untuk tempat tidurnya di kandang.

2. Pakan

Konsumsi pakan kuda berukuran sedang rata-rata mencapai 9 kilogram setiap harinya. Seperti mamalia herbivora lain, kuda pacu menjadikan rumput sebagai makanan utamanya. Selain rumput, Anda juga bisa memberikan jerami sebagai selingan dan tambahan nutrisi.

Anda disarankan untuk tidak memberikan jerami yang kuning dan mengering untuk membantu proses pencernaan. Makanan lain yang bisa diberikan pada kuda Anda dengan gandum, campuran biji jagung, dan lain sebagainya.

Untuk menjaga kesehatan kuda pacu, Anda juga sebaiknya tidak memberikan sisa tanaman seperti sisa biji, tongkol jagung, dan lain-lain. Tak hanya makanan, Anda juga harus menyediakan minumnya untuk menghindari dehidrasi. Dalam hal ini, kuda pacu sendiri bisa minum 30 liter setiap harinya, banyak bukan?

3. Pemberian Garam

Berikan garam balok yang memang dikhususkan untuk kuda untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh binatang tersebut. Dengan keseimbangan elektrolit, maka tubuh akan lebih sehat karena adanya proses pengeluaran lendir hidung, keringat, air seni, dan lain-lain. Garam juga bisa menjadi sumber mineral yang tak kalah baik dan penting.

4. Siapkan Ladang Rumput

Selain berada di kandang, sebaiknya Anda membawanya ke ladang rumput yang luas agar kuda pacu berjalan-jalan dan merumput. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kuda stres sekaligus bisa melatih kecepatan kuda.

5. Bersihkan Kandang

Kandang sebagai tempat tinggal tentu harus selalu bersih di mana Anda perlu membersihkannya secara rutin. Membersihkan kandang bisa dilakukan dengan mengangkut kotorannya ke luar kandang. Kotoran kuda ini bisa Anda manfaatkan dengan dicampur jerami untuk dijadikan sebagai pupuk organik.

6. Kebersihan Tubuh

Tak hanya kandang yang bersih, tubuh kuda pun tetap harus dalam keadaan bersih. Untuk itu Anda bisa memandikannya sesekali. Selain itu, Anda juga perlu menyisir rambut kuda dan ekornya agar terlihat lebih rapi, tidak kusut, dan jauh dari kutu.

7. Lepas Tapaknya

Lepaskan tapak pada kedua kaki kuda pacuan Anda agar kuda tetap anteng di dalam kandangnya. Melepaskan tapak kuda bisa juga akan membuat tubuh kuda santai dan bebas gerak di kandangnya.

Demikianlah 7 cara merawat kuda pacu yang baik dan benar untuk membantu perkembangannya. Beberapa cara di atas bisa Anda lakukan sendiri karena bukan hal yang terlalu sulit. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Cara Merawat Tikus Peliharaan

19 Resep bumbu jagung bakar, praktis, lezat, dan bisa buat ide jualan

17 Resep minuman segar untuk tahun baru, rasanya nikmat dan menggoyang lidah

17 Resep camilan simpel dan enak untuk temani libur tahun baru

15 Resep hidangan Natal dari berbagai daerah, lezat dan menggugah selera

13 Resep camilan gurih dan renyah, cocok temani pergantian tahun

9 Resep eggnog, minuman Natal populer yang nikmat dan mudah dibuat

11 Resep kue basah khas Natal ala rumahan, enak dan simpel

11 Resep masakan Natal ala rumahan, enak, praktis, dan cocok buat keluarga

11 Resep kue basah khas Natal ala rumahan, enak dan simpel