6 Fungsi Potasium untuk Kesehatan

6 Fungsi Potasium untuk Kesehatan

Salah satunya mineral penting yang diperlukan oleh badan kita ialah potasium. Badan kita akan terhindar dari beragam jenis penyakit jika mempunyai konsumsi potasium yang akurat.

Salah satunya mineral penting yang diperlukan oleh badan kita ialah potasium. Badan kita akan terhindar dari beragam jenis penyakit jika mempunyai konsumsi potasium yang akurat.

Potasium
Dalam jaga kesetimbangan cairan badan, merusak dan manfaatkan karbohidrat, dan membuat protein ialah peranan potasium atau kalium.

Mineral ini berperan membuat otot, jaga perkembangan badan yang normal, mengatur kesetimbangan asam-basa badan dan kegiatan listrik di saraf dan jantung.

1. Turunkan Penekanan Darah Tinggi

Konsumsi suplemen potasium diperhitungkan sanggup turunkan tekanan darah, khususnya untuk mereka yang konsumsi makanan yang mengandung garam tinggi. Tidak itu saja, konsumsi makanan yang memiliki kandungan potasium diperhitungkan bisa menolong menahan tekanan darah tinggi.

2. Turunkan Resiko Penyakit Jantung

Konsumsi makanan kaya potasium tiap hari penting untuk jaga renyut jantung masih tetap konstan. Kondisi hipokalemia, di mana pasien kekurangan kandungan kalium dalam badannya, diperhitungkan berperanan atas berlangsungnya kematian karena aritmia.

Resiko kematian karena aritmia akan makin tinggi ke orang yang telah mempunyai permasalahan jantung awalnya. Disamping itu, makanan berpotasium diperhitungkan bisa kurangi resiko terkena penyakit jantung koroner.

3. Turunkan Resiko Stroke

Konsumsi makanan yang memiliki kandungan kalium diperhitungkan berguna dalam menolong turunkan resiko stroke sampai 20%, khususnya stroke iskemik (stroke karena ada gumpalan darah yang menutup pembuluh darah).

4. Jaga Kesehatan Tulang

Study memperlihatkan jika konsumsi makanan kaya potasium diperhitungkan bisa menahan osteoporosis, terutamanya di kelompok wanita lansia.

Kalium dipercayai bisa tingkatkan kepadatan tulang dan kurangi pembuangan kalsium lewat urine. Tetapi, masih diperlukan riset selanjutnya untuk memberikan dukungan pengakuan itu.

5. Turunkan Resiko Diabetes

Menurut riset, minimnya konsumsi potasium pada tubuh diperhitungkan bisa tingkatkan resiko kekebalan insulin dan diabetes type 2. Meskipun begitu, bukti dan study selanjutnya masih dibutuhkan untuk memberikan dukungan pengakuan itu.

6. Menahan Batu Ginjal

Konsumsi makanan memiliki kandungan kalium diperhitungkan dapat turunkan kandungan kalsium dalam urine. Kandungan kalsium yang terlalu berlebih dalam urine sebagai pemicu umum penyakit batu ginjal kalsium.