5 Rekomendasi Aplikasi Kurban Online Terpercaya, Cepat dan Praktis

5 Rekomendasi Aplikasi Kurban Online Terpercaya, Cepat dan Praktis

Memungkinkan donatur untuk kurban di mana saja

Intinya Sih…

  • Donatur bisa kurban secara online dengan memilih lokasi pemotongan hewan yang diinginkan
  • Tokopedia, Shopee, Kitabisa, LinkAja, dan NU Online merupakan beberapa platform yang menyediakan layanan online
  • Harga hewan bervariasi mulai dari kambing standar hingga sapi premium, dengan harga berkisar antara Rp1,6 jutaan hingga Rp12,2 jutaan

Idul Adha 1445 H sebentar lagi.Jutaan Kurban umat Islam di seluruh dunia pergi ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Sementara itu, umat yang mampu lainnya menunaikan . Sejak adanya internet dan majunya teknologi digital, sudah bisa dilakukan secara online. Artinya, bisa dilakukan dengan jarak jauh dan donatur bisa menentukan lokasi di mana hewan akan dipotong.

Dengan online, donatur atau mudhohi tidak perlu jauh-jauh ke peternakan dan mengurus hewan beberapa hari sebelum pemotongan. Semuanya sudah diatur oleh lembaga penyalur. Untuk melakukannya, kamu memerlukan platform atau aplikasi yang memungkinkan siapapun untuk secara online. Saat ini sudah banyak aplikasi kurban online terpercaya di Indonesia. Coba pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu, ya!

1. Tokopedia

5 Rekomendasi Aplikasi Kurban Online Terpercaya, Cepat dan Praktis
Sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia menyediakan layanan setiap tahunnya. Adapun hewan yang disediakan adalah kambing dan sapi. Harga hewan di sini bervariasi, mulai dari kualitas standar hingga premium. Harga kambing di Tokopedia mulai dari Rp1,6 jutaan. Sedangkan harga sapi 1/7 mulai dari Rp1,8 jutaan. Jika ingin membeli langsung satu ekor sapi, harganya mulai dari Rp12,2 jutaan.

Tokopedia akan memberikan informasi kepada donatur berupa lokasi dan waktu sehari sebelum perayaan Idul Adha. Sertifikat digital akan dikirim paling lambat H+10 setelah pemotongan selesai. Tokopedia juga akan mengirimkan dokumentasi hewan melalui email pengguna.

Baca Juga: Daftar Harga Kambing Kurban 2024 Terlengkap untuk Idul Adha

2.Kurban Shopee

5 Rekomendasi Aplikasi Kurban Online Terpercaya, Cepat dan Praktis
Sama seperti Tokopedia, Shopee juga menyediakan layanan online setiap Idul Adha. Shopee bekerja sama dengan beberapa mitra penyalur seperti Rumah Zakat dan Qurban Nusantara. Harga hewan di Shopee juga bervariasi, tergantung jenis dan kualitasnya. Di sini donatur bisa kurban sapi dengan sistem 1/7. Artinya, salah satu donatur akan bergabung dengan enam donatur lainnya. Apabila jumlah donatur tidak cukup, maka hewan akan diganti oleh kambing. Metode pembayaran hewan di Shopee sama dengan metode belanja pada umumnya, yaitu bisa menggunakan dompet digital atau transfer bank.
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 7 Platform AI Terbaik untuk Desain Grafis, Apa Saja?
  • 3 Cara Melihat Kata Sandi Email yang Lupa, Pakai HP dan Laptop
  • Mengenal Ransomware, Kejahatan Siber yang Bisa Lumpuhkan Sistem!

3. Kitabisa

5 Rekomendasi Aplikasi Kurban Online Terpercaya, Cepat dan Praktis
Kitabisa sebagai platform penggalangan dana bukan hanya menyediakan layanan donasi seperti sedekah dan zakat, tetapi juga online yang diselenggarakan setiap perayaan Idul Adha. Kelebihan di Kitabisa adalah donatur dapat memilih lokasi di mana hewan akan dipotong. Di Kitabisa ada juga fitur hewan termurah. Namun, lokasi kurban akan ditentukan oleh lembaga penyalur. Setelah melakukan pembayaran, Kitabisa akan memberikan informasi update terkait penyaluran hewan sampai dengan pemotongan dan pembagian selesai.

4. LinkAja dan LinkAja Syariah

5 Rekomendasi Aplikasi Kurban Online Terpercaya, Cepat dan PraktisLinkAja sebagai salah satu platform dompet digital juga menyediakan layanan kurban online yang bekerja sama dengan beberapa lembaga penyalur terpercaya. Donatur dapat mengunduh aplikasi LinkAja dan mengklik menu Qurban di halaman depan aplikasi. Tata caranya tidak jauh berbeda dengan platform kurban online lainnya. Pembayaran bisa dilakukan dengan saldo LinkAja.

5. NU Online

5 Rekomendasi Aplikasi Kurban Online Terpercaya, Cepat dan Praktis
NU Online merupakan aplikasi serba guna dari Nahdlatul Ulama (NU) yang menyediakan berbagai layanan untuk umat Islam seperti Al-Qur’an digital, arah kiblat, jadwal Solat, kumpulan doa, zakat, dan tentu saja online. Kelebihan di NU Online adalah mudhohi bisa menyalurkan  langsung ke Palestina. Pengumpulan hewan di NU Online dilakukan sampai 17 Juni 2024. Laporan akan langsung dikirimkan sekitar 1 bulan setelah pemotongan selesai.

Selain kelima aplikasi di atas, online juga dapat dilakukan langsung di masing-masing lembaga penyalur , seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, NU Care LAZISNU, Qurban Nusantara, dan masih banyak lagi. Selamat berkurban!

Baca Juga: Rekomendasi Vacuum Sealer untuk Distribusi Daging Kurban, Praktis!