5 Makanan yang Harus Dijauhi oleh Pasien Hiperkalsemia

5 Makanan yang Harus Dijauhi oleh Pasien Hiperkalsemia

Beritaburung – Hiperkalsemia sebagai satu keadaan kelebihan kandungan kalsium pada darah. Umumnya, kandungan kalsium pada darah ada pada angka 10,4 mg/dL dengan kandungan kalsium yang terionisasi 5,2 mg/dL. Istilah hiperkalsemia dipakai saat kandungan kalsium pada darah melewati angka itu.

Berdasar laporan dalam jurnalJAMA tahun 2022, kelebihan kandungan kalsium pada darah yang berangsur lama bisa mengakibatkan mual, muntah, dehidrasi, mengantuk, bahkan juga paling kronis dapat mengakibatkan koma

Konsumsi mineral kalsium setiap hari harus jadi perhatian. Orang dengan hiperkalsemia jangan kebanyakan konsumsi makanan tinggi kalsium . Maka, jaga konsumsi kalsium di tingkat yang diinstruksi oleh dokter.

Penting untuk ketahui makanan apa yang memiliki kandungan kalsium tinggi dan harus dijauhi oleh pasien hiperkalsemia. Lima makanan berikut harus dijauhi atau terbatasi konsumsinya oleh orang dengan hiperkalsemia.

1. Produk buatan susu

Olahan Susu
Produk buatan susu seperti keju, yoghurt, cream, mentega, dan es cream mempunyai kandungan kalsium yang tinggi. Dikutip SaintLukesKC, orang dengan hiperkalsemia harus menghindar semua makanan itu, bahkan juga hentikan konsumsinya, sebab bisa menambahkan kandungan kalsium yang telah tinggi pada darah.

Sebagai substitusinya, teh dan kopi menjadi alternative karena rendah kalsium. Bahkan juga, dikutip American Bone Health, banyak konsumsi kopi dapat mengakibatkan pengurangan peresapan kalsium pada tubuh. Namun, ini harus tetap dalam pemantauan dokter karena suatu hal yang terlalu berlebih tidak bagus . Maka, tanyakan sama dokter lebih dahulu bila ingin konsumsi teh dan kopi bila kamu mempunyai hiperkalsemia.

2. Bayam

Bayam
Kalsium banyak juga dijumpai dalam sayur. Nach, bayam adalah sayur yang mengandung kalsium yang tinggi. Jatah 100 g bayam kurang lebih memiliki kandungan 136 miligram (mg) kalsium. Pasti konsumsinya perlu terbatasi atau dijauhi oleh orang dengan hiperkalsemia.

Tidak boleh cemas, ada tipe sayur yang lain semakin aman, misalkan pakcoy. Dikutip Livestrong, jatah secangkir sayur pakcoy mempunyai kurang dari 100 mg kalsium, yakni sekitaran 40 mg.

3. Kacang kedelai

Kacang KEdelai
Seperti diterangkan dalam situs Healthline, kacang kedelai adalah tanaman tipe polong-polongan yang mempunyai kandungan kalsium tinggi didalamnya. Kacang kedelai dengan alami kaya kalsium, dan jatah 100 gramnya memiliki kandungan 100 mg kalsium.

Maka jauhi dan awasi kacang kedelai. Sebagai alternative yang semakin aman, ada beberapa kacang-kacangan lain yang mengandung kalsium di bawah 100 mg. Salah satunya ialah kacang tanah dan kacang kenari yang diprediksi memiliki kandungan 92 mg kalsium. Tetapi, ingat-ingatlah tidak untuk mengkonsumsinya terlalu berlebih.

4. Ikan sarden


Ikan sarden

Dikutip WebMD, ikan sarden mempunyai kandungan kalsium yang tinggi dan sisi tulangnya ialah yang tertinggi kandungan kalsiumnya. Ikan sarden yang dimakan bersama tulangnya ialah sumber kalsium yang bagus. Tetapi, konsumsinya harus dijauhi oleh orang dengan hiperkalsemia. Ini karena kandungan kalsium dalam 100 g ikan sarden dapat capai 382 mg. Tinggi sekali, kan?

Tenang, ada tipe ikan yang lain dapat dimakan oleh pasien hiperkalsemia, misalkan makerel. Kandungan kalsium dalam ikan makerel termasuk rendah, yakni 16 mg dalam 100 g.

5. Oatmeal

Hiperkalsemia
Mencuplik The Healthy, 1/2 cangkir oatmeal kering memiliki kandungan sekitaran 200 mg kalsium. Bila kamu biasa konsumsi ini saat makan pagi, kamu dapat menukarnya dengan kentang rebus. Kandungan kalsium kentang rebus cuma 63 mg.

Sebenarnya orang dengan hiperkalsemia bukanlah jangan konsumsi minuman atau makanan yang memiliki kandungan kalsium, tetapi konsumsinya harus terbatasi.

Peralihan pola hidup yang terbaik untuk orang dengan hiperkalsemia yakni mengatur konsumsi makanannya. Lima makanan tinggi kalsium di atas seharusnya dijauhi atau terbatasi supaya keadaan tidak lebih buruk dan mengakibatkan kompleksitas serius.