5 Ayat Al Quran yang Buat Semangat Kerja Kembali

5 Ayat Al Quran yang Buat Semangat Kerja Kembali

Beritaburung – Dalam soal cari nafkah, ada saatnya kita berasa malas. Ingin rasanya stop bekerja, tetapi apa daya, banyak tuntutan hidup yang perlu kita penuhi dan mustahil untuk berpangku tangan pada manusia lain.

Tenang! Itu ialah hal normal dan umum terjadi, tetapi, kamu harus tetap kembali berikan motivasi diri supaya semangat kembali. Salah satunya triknya dengan membaca ayat-ayat Al Quran ini. Mudah-mudahan berguna.

1. Allah SWT menyaksikan tugas kita

kerja
Saat kamu malas bekerja, kamu dapat ingat pesan Allah melalui Al Quran Surah At-Taubah ayat 105. Ingat-ingatlah! Jika Allah, Rasulullah, dan beberapa orang mukmin akan menyaksikan apa yang kamu lakukan, karena itu bekerjalah sebagus mungkin.

وَقُلِ اعْمَلُوْا فَسَيَرَى اللّٰهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُوْلُهٗ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ
وَسَتُرَدُّوْنَ اِلٰى عٰلِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَۚ

Maknanya: “Dan ucapkanlah, “Bekerjalah kamu, karena itu Allah akan menyaksikan tugasmu, begitupun Rasul-Nya dan beberapa orang mukmin, dan kamu akan dibalikkan ke (Allah) Yang Ketahui yang gaib dan yang riil, lalu dikabarkan-Nya ke kamu apa yang sudah kamu lakukan.” (QS. At-Taubah: 105)

2. Allah jadikan Bumi gampang untuk kita telusuri

Allah sudah jadikan bumi ini gampang untuk kita untuk cari rejeki. Tidak boleh karena tugasmu susah lalu kamu malas bekerja. Ingat selalu ayat ini supaya tiap kesusahan yang kamu temui saat bekerja berasa lebih enteng.

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ ذَلُوْلًا فَامْشُوْا فِيْ مَنَاكِبِهَا وَكُلُوْا
مِنْ رِّزْقِهٖۗ وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Maknanya: “Dia yang jadikan bumi buat kamu yang gampang ditelusuri, karena itu telusurilah di semua penjurunya dan konsumsilah beberapa dari rejeki-Nya. Dan cuma kepada-Nyalah kamu (kembali sesudah) dibangkitkan. (QS. Al-Mulk: 15)

BACA JUGA : 5-kesalahan-orang-tua-saat-tegas-pada-anak

3. Sukurilah tugas yang kita punyai

 Bekerja keras

Kita harus mengucapkan syukur di tengah-tengah susahnya untuk seseorang mencari kerja, Allah jadikan kita dapat mempunyai tugas yang halal. Salah satunya bentuk sukur dapat kita tunjukkan dengan rajin dan semangat bekerja.

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ
لَشَدِيْدٌ

Maknanya: Dan (ingat-ingatlah) saat Tuhanmu memaklumkan, “Sebenarnya bila kamu mengucapkan syukur, pasti Saya akan menambahkan (nikmat) padamu, tapi bila kamu memungkiri (nikmat-Ku), karena itu tentu azab-Ku benar-benar berat.” (QS. Ibrahim: 7)

BACA JUGA : 5 keuntungan saat kamu sanggup mengurus management waktu produktif

4. Tidak boleh iri ke orang lain

وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللّٰهُ بِهٖ بَعْضَكُمْ عَلٰى بَعْضٍ ۗ لِلرِّجَالِ
نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبُوْا ۗ وَلِلنِّسَاۤءِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبْنَ ۗوَسْـَٔلُوا اللّٰهَ
مِنْ فَضْلِهٖ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا

Maknanya: “Dan jangan sampai kamu iri hati pada anugerah yang sudah dilebihkan Allah ke beberapa kamu atas beberapa lainnya. (Karena) untuk lelaki ada sisi atas sesuatu yang mereka upayakan, dan untuk wanita (juga) ada sisi atas sesuatu yang mereka upayakan. Mintalah ke Allah beberapa dari karunia-Nya. Benar-benar, Allah Maha Ketahui segala hal.”(QS. An-Nisa: 32)

Malas bekerja karena iri dengan rekanan kerja sering terjadi. Kemungkinan atasan tentukan kasih di antara karyawan satu dan lain, upah yang berbeda, tingkat kesusahan tugas yang lain, sering membuat kita malas bekerja di ayat al Quran.

Kita dapat ingat ayat di atas jika, Allah larang kita iri pada pendapatan yang kemungkinan berlainan. Yakinlah, semuanya sudah Allah gariskan seadil-adilnya.

5. Allah sudah jamin rejeki tiap makhluk

Ayat Al Quran

۞ وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ
مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

Maknanya: “Dan tidak satu juga makhluk bergerak (bernyawa) di bumi tetapi semua ditanggung Allah rejekinya. Ia ketahui tempat rumah tinggalnya dan tempat penyimpanannya. Semua (tercatat) dalam Kitab yang riil (Lauh Mahfuzh)” (QS. Hud: 6) ayat al Quran

Dengan ketahui jika Allah sudah jamin rejeki kita, semestinya kita menjadi lebih semangat kembali pada bekerja, karena usaha tidak pernah mengkhianati hasil.

Kadang-kadang malas bekerja memang lumrah, tetapi bila kita ingat jika berusaha keras cari rejeki yang halal sebagai beribadah yang berpahala, kita tentu dapat berikan motivasi diri kembali.