Ilmuwan China Ambil Sampel Batu di Sisi Jauh Bulan

Ilmuwan China Ambil Sampel Batu di Sisi Jauh Bulan

Chang’e 6 akan membawanya ke laboratorium

Sebuah pesawat ruang angkasa China, mendarat di sisi jauh bulan untuk mengumpulkan sampel tanah dan batuan yang dapat memberikan wawasan tentang perbedaan antara wilayah yang kurang dijelajahi dan sisi dekat bulan yang lebih terkenal.

Modul pendaratan itu mendarat sebuah kawah besar yang dikenal sebagai South Pole-Aitken Basin, kata Badan Antariksa Nasional China (CNSA).

Baca Juga: 10 Foto Menakjubkan Galaksi yang Berhasil Ditangkap Hubble NASA 

Dikirim ke laboratorium

Sampel yang dikumpulkan sebagai bagian dari misi Chang’e-6 itu dipindahkan ke kendaraan pada hari Kamis (06/06/2024). Pesawat penjelajah bulan Chang’e-6, yang membawa sampel Bulan, telah melakukan manuver keduanya, menyusul keberhasilan misi Chang’e-5 pada 2020.

Terletak di Beijing, laboratorium bulan dari National Astronomical Observatories (NAOC) dilengkapi dengan ruangan yang diperuntukkan untuk membuka segel sampel, ruang tengah untuk sampel yang dikumpulkan oleh wahana Chang’e-5, dan ruangan paling dalam yang disediakan untuk sampel yang diambil oleh wahana penyelidikan Chang’e-6.

Zhou Qin, Wakil Kepala Perancang Sistem Aplikasi Darat Misi Chang’e-6 mengatakan, setelah sampel tiba, mereka akan melakukan studi pendahuluan mengenai sifat fisik dan komponen kimianya.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Balikkan Usia Biologis, Pria Ini Habiskan 2 Juta Dollar AS Setahun
  • Apa Itu El Nino? Ini Penyebab dan Dampaknya bagi Kehidupan
  • 7 Fakta Iguana Galapagos, Satu-satunya Iguana yang Hidup di Laut!

“Kami telah melakukan segala persiapan yang diperlukan, termasuk ketersediaan dan fungsionalitas instrumen yang biasa digunakan untuk analisis komponen kimia, seperti mikroskop, mikroskop elektron pemindai, dan probe elektron,” tambahnya.

China Sampel menjadi resin

Ilmuwan China Ambil Sampel Batu di Sisi Jauh Bulan
Laboratorium tersebut berfungsi sebagai pusat penerimaan dan distribusi sampel Chang’e-5 dan Chang’e-6 di masa depan. Sampel yang dikumpulkan oleh Chang’e-5 telah ditanamkan ke dalam resin untuk penelitian ilmiah.

“Fragmen batuan kecil atau tanah bulan ditanamkan ke dalam resin untuk membuat irisan sampel. Para ilmuwan dapat langsung menggunakan irisan ini untuk berbagai analisis, termasuk analisis isotop dan komponen kimia. Kita dapat melihat bahwa irisan ini mengandung dua partikel. Kami juga telah membuat irisan menggunakan tanah bulan, yang sangat bagus,” kata Zhou.

CNSA telah menyelesaikan distribusi enam batch sampel bulan Chang’e-5 ke institusi dalam negeri. Ilmuwan dan institusi asing diperbolehkan mengajukan sampel pada gelombang ketujuh.

Menanamkan sampel ke dalam resin tidak hanya mempertahankan bentuk asli partikel sampel, namun juga memastikan pelestarian dan penggunaan jangka panjang.

“Ini adalah potongan sampel gelombang ketujuh yang akan didistribusikan. Gelombang ketujuh terdiri dari lima irisan sampel, dan kami telah menyiapkan semuanya untuk didistribusikan,” kata Zhou.