10 Rekreasi Garut Memiliki nuansa Alam Terbaik

10 Rekreasi Garut Memiliki nuansa Alam Terbaik

Beritaburung – Jawa Barat menjadi satu diantara propinsi yang banyak memiliki wilayah arah rekreasi menarik, satu diantaranya di daerah kabupaten Garut. Mayoritas daerah Garut dikitari oleh pegunungan, terkecuali Garut sisi selatan banyak rekreasi alam Garut berbentuk pantai yang bisa kamu dapatkan.

Daerah Garut pada dasarnya dikitari oleh lima pegunungan. Oleh karenanya, jika ke Garut akan berasa kurang komplet jika kamu tidak naik gunung. Selainnya gunung, ada banyak ikon rekreasi alam Garut yang lain yang tidak kalah terkenal dan harus kamu masukan dalam daftar lawatan rekreasi kamu di Garut.

Jika sudah senang jalan -jalan dan bertandang ke beragam tempat rekreasi alam Garut, janganlah lupa mencicip bermacam kulineran sedap ciri khas Garut. Info secara lengkap mengenai icon rekreasi alam Garut dan referensi kulinerannya bisa kamu baca dalam pembahasan berikut!

Referensi Rekreasi Alam Garut Paling populer

1. Gunung Papandayan

 Gunung Papandayan.

Alamat : Dusun Pupusjaya dan Dusun Kramatwangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa BaratMap : Click di siniJam membuka : 24 jam non stopHarga ticket masuk : 30 ribu rupiah per-orang, belum terhitung ticket parkir

Untuk kamu yang menyukai pendakian dan suka melihat sunrise di atas ketinggian, bertandang ke Gunung Papandayan bisa menjadi perjalanan rekreasi membahagiakan. Gunung Papandayan sebagai salah satunya rekreasi gunung di Garut dengan ketinggian capai 2.665 mdpl dan berada antara dua dusun yakni dusun Pupusjaya dan Kramatwangi, Kecamatan Cisurupan, Garut, Jawa Barat.

Rekreasi alam Garut ini sebagai salah satunya rekreasi gunung vulkanik terbaik di Indonesia yang mempunyai bermacam daya magnet. Beberapa daya magnet rekreasi Gunung Papandayan salah satunya :

I. Kawah Belerang

 kawah belerang

Sebagai gunung vulkanik, hal pertama kali yang tentu saja mengundang perhatian kamu saat ke teritori ini ialah kawah belerangnya. Di tempat ini pengunjung bisa melihat kepulan asap putih belerang yang mengepul pada udara. Tempat ini dibatasi dengan pagar, namun pengunjung masih tetap bisa berpose dengan background kawah yang memiliki kandungan belerang itu.

II. Tempat Rimba Mati

Hutan mati

Rimba mati menjadi satu diantara keunikan keelokan dari rekreasi alam Garut Gunung Papandayan ini. Tempat rimba mati sebagai tempat yang memvisualisasikan situasi rimba dengan pohon-pohonan gundul tanpa dedaunan.

Kamu akan rasakan kesan yang lain di sini. Situasi yang menakutkan namun tetap pancarkan kekhasan. Pohon – pohon yang berdiri di rimba ini ialah pohon dengan tipe cantigi. Di sini tempat yang sering jadi object photo untuk beberapa pendaki Gunung Papandayan.

III. Padang Edelweiss

padang edelweis
Selainnya punyai rimba mati, padang edelweiss jadi spot yang dapat kamu kunjungi di rekreasi alam Garut ini. Di tempat wisata Gunung Papandayan, padang edelweiss dapat kamu tonton antara Pondok Saladah dan Rimba Mati . Maka, janganlah lupa berpose di spot ini ya!

IV. Tempat Perkemahan Pondok Saladah

Pondok Saladah

Jika kamu ingin lakukan camping di Gunung Papandayan, di tempat perkemahan ini kamu dapat membangun tenda. Disamping itu, kamu juga bisa nikmati daya tarik bintang bertaburan di angkasa yang kelihatan benar-benar terang dari Pondok Saladah.

Situasinya makin cantik saat sunrise datang. Tempat ini akan dipenuhi oleh semburat warna orange di langit saat matahari akan ada. Pada peristiwa – peristiwa beginilah kamu bisa mengincar photo sebaik mungkin di spot yang ini.

Jika kamu datang dari luar kota dan punya niat untuk berlibur ke Garut, kamu dapat bertandang ke arah tempat rekreasi ini dengan naik pesawat. Saat ini kamu dapat memperoleh ticket pesawat pada harga yang lebih murah bila tahu panduan dan trick-nya. Seperti apakah trik dan tips untuk peroleh harga ticket pesawat murah?

V. Kolam Air Panas Gunung Papandayan

Kolam Air Panas Gunung Papandayan

Jika sedang rekreasi di Gunung Papandayan, kamu dapat nikmati kesan santai dengan merendam di kolam air panas. Kolam air panas ini ada di tempat parkir kendaraan . Maka untuk kamu yang baru turun dari pendakian dan ingin mandi air hangat, langsung bisa ke tempat ini untuk merendam.

2. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray.

Alamat : Dangiang, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Bara

tMaps : Click di sini

Jam membuka : 24 jam non stop

Harga ticket masuk : 25 ribu rupiah per-orang

Selainnya Gunung Papandayan, rekreasi alam Garut yang lain berbentuk gunung yang kerap jadi tujuan rekreasi beberapa pendaki ialah Gunung Cikuray.

Jika dibanding dengan Gunung Papandayan, rekreasi Gunung Cikuray ini mempunyai lajur pendakian yang lebih naik dengan medan yang lebih melawan. Hal ini karena ketinggian Gunung Cikuray semakin tinggi bila dibanding dengan Gunung Papandayan. Ketinggian Gunung Cikuray capai 2.821 mdpl.

Untuk kamu yang awalnya pernah mendaki di Gunung Papandayan dan saat ini mencari track pendakian yang lebih melawan, karena itu mendaki ke Gunung Cikuray benar-benar disarankan. Daya tarik sunrise dan sunset yang paling menawan juga bisa kamu tonton lewat rekreasi alam Garut yang ini.

Selainnya beberapa rekreasi gunung di Garut itu, Indonesia punyai banyak rekreasi gunung yang lain kamu harus tonton keelokannya. Pencinta sunrise atau sunset tentunya akan terpanah dengan daya tarik keelokan yang dijajakan. Apa saja gunung paling indah di Indonesia itu? Baca : 10 Gunung Paling indah di Indonesia yang Harus Didatangi

3. Bukit Pilar Angin

Bukit Pilar Angin

Alamat : Cikelet, Garut, Jawa Barat

Map : Click di siniJ

am membuka : 24 jam non stop

Harga ticket masuk : Gratis

Jika kamu ingin pergi bertandang ke sebuah tempat rekreasi alam Garut yang sanggup hasilkan photo instagenic, kamu harus tiba ke Bukit Pilar Angin. Di sini, hasil photo kamu akan instagramable dengan background pegunungan dan rumput-rumputan warna kuning yang paling kece.

Bila umumnya kamu mendapati bukit dengan rumput-rumputan hijau, di sini bukitnya dihias dengan rumput-rumputan warna kuning yang jadikan situasi seakan ada di Afrika atau di pulau – pulau yang berada di Lombok.

Jadi untuk kamu yang domisili di Garut, tidak perlu jauh – jauh ke Lombok atau ke Afrika untuk berpose dengan padang savanna berumput kuning karena kamu dapat nikmati situasi yang semacam itu di Bukit Pilar Angin. Bukit ini benar-benar gampang dijangkau. Kamu dapat sewa motor untuk berlibur ke rekreasi alam Garut ini.

4. Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas

Alamat : Wanajaya,

Jl. Talaga Bodas No.5, Sukamenak,

Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Maps : Click di siniJam membuka : 24 jam non stop

Harga ticket masuk : 10 ribu rupiah per-orang

Masih mengulas mengenai rekreasi alam Garut yang cantik tetapi tidak perlu kebanyakan tenaga untuk mendatanginya, rekreasi yang kami tujuan ialah Telaga Bodas. Tempat rekreasi alam Garut yang ini datang dengan keelokan alam yang memikat. Situasi yang teduh dan sejuk ala-ala nuansa pegunungan akan kamu dapatkan.

Selainnya situasi yang sejuk dan teduh, telaga warna biru kehijauan yang cantik akan membuat kamu kerasan berlama – lama rekreasi di Kawah Talaga Bodas ini. Kamu dapat duduk – duduk rileks sekalian bercakap-cakap di tepi telaga. Disamping itu, kamu juga bisa trackking di sejumlah titik yang telah diputuskan.

5. Leuwi Jurig

 Leuwi Jurig

Alamat : Daerah Rupit, Dusun Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut,

Jawa BaratMap : Click di sini

Jam membuka : 07.00 – 18.00 WIB

Harga ticket masuk : 10 ribu rupiah per-orang

Bila baru pertama kalinya dengar namanya, kamu akan berasa bergidik dibikinnya. Ya, tempat wisata alam Garut ini namanya Leuwi Jurig. Leuwi maknanya kolam, sementara jurig maknanya setan . Maka, Leuwi Jurig maknanya Kolam Setan.

Namanya benar-benar sangat mengerikan ya? Eit, tetapi tidak boleh salah pengertian dahulu sahabat! Tempat rekreasi Leuwi Jurig ini tidak semengerikan namanya kok! Tidak ada nuansa tes nyali atau situasi horor benar-benar dari rekreasi alam Garut Leuwi Jurig. Malah, keelokan alamnya yang hendak kamu alami semenjak pertama kalinya memijakkan kaki untuk mengeksploitasi tempat rekreasi alam Garut yang ini.

Leuwi Jurig dikitari tebing batu yang cantik. Airnya jernih warna kehijauan yang bisa membuat siapa saja yang melihatnya tertarik untuk berenang. Jika kamu dapat berenang, harus sekali berenang di leuwi yang tinggi airnya capai 10 mtr. ini. Tetapi jika kamu tidak jago berenang, lebih bagus kamu berpose atau santai saja di pinggiran Leuwi karena hal itu lebih aman.

Bila kamu tertarik ke Leuwi Jurig dan datang dari Jakarta, kamu dapat ke arah Bandung lewat tol Cileunyi selanjutnya ke kota Garut. Disana, perlu waktu sekitaran 2 s/d 3 jam perjalanan ke Bungbulang. Perjalanan yang kamu menempuh memang cukup panjang, namun hal itu sebanding dengan keelokan pemandangan alam yang didatangkan oleh rekreasi alam Garut ini.

6. Leuwi Tonjong

Leuwi Tonjong

Alamat : Jayamukti, Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Map : Click di sini

Jam membuka : 07.30 – 17.30 WIB

Harga ticket masuk : 10 ribu rupiah per-orang

Selainnya Leuwi Jurig, Garut punyai rekreasi alam yang lain yang namanya Leuwi Tonjong. Serupa dengan Leuwi Jurig yang tampilkan cantik dan gagahnya tebing batu, Leuwi Tonjong juga begitu. Kamu dapat berpose dengan background tebing batu yang cantik.

Tetapi di Leuwi Tonjong ini bukan hanya keelokan leuwi saja yang kamu dapat temui, kamu akan mendapati sebuah air terjun kecil yang tidak kalah cantik. Selainnya dapat bermain air di kolam airnya, kamu juga dapat bermain air dan rasakan sejuknya air di air terjun ini.

7. Curug Batu Nyusun

Curug Batu Nyusun

Alamat : Pangrumasan, Peundeuy, Pangrumasan, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Map : Click di sini

Jam membuka : 07.00 – 18.00 WIB

Harga ticket masuk : 10 ribu rupiah

Bila air terjun kecil di Leuwi Tonjong kurang memberikan kepuasan untuk kamu pencinta rekreasi alam air terjun, karena itu bertandang ke Curug Batu Nyusun benar-benar disarankan. Di salah satunya rekreasi alam Garut berbentuk air terjun ini, kamu akan melihat daya tarik air terjun yang memikat.

Curug Batu Nyusun dikenal juga bernama Curug Cisarua. Curug ini mempunyai tebing dengan ketinggian sekitaran 12 mtr. yang berwujud formasi batu-batuan dengan saluran air benar-benar deras. Kamu dapat bermain – main air dan yakinkan janganlah lupa bawa pakaian tukar bila ke curug ini supaya kamu tidak pulang dengan kondisi basah karena terserang semburan air dari tebingnya.

8. Pantai Santolo

 Pantai Santolo

Alamat : Dusun Pamalayan, Cikelet, Pamalayan, Garut, Jawa Barat

Map : Click di sini

Jam membuka : 24 jam non stop

Harga ticket masuk : 10 ribu rupiah per-orang

Pantai Santolo sebuah rekreasi pantai di Garut yang lokasinya ada di Garut selatan. Lokasi rekreasi alam Garut ini masuk ke garis pantai selatan dan hal itu menjadi satu diantara pemicu kenapa ombak di Pantai Santolo garang dan besar.

Oleh karenanya, buat kamu yang berekreasi di Pantai Santolo harus berhati – hati saat berenang atau bermain ombak. Selainnya kerap didatangi pelancong yang liburan, pantai ini sebagai pantai sebagai tempat bersandarnya perahu dan kapal nelayan.

Jika kamu berekreasi di pantai ini, saat mendekati malam akan kamu dapatkan banyak kapal yang akan pergi melaut untuk cari ikan dan akan dipasarkan keesokannya. Buat kamu yang camping di Pantai Santolo, kamu dapat makan pagi dengan beli ikan bakar hasil tangkapan beberapa nelayan. Harga semakin lebih murah dibanding kamu beli ikan di pasar atau di warung makan sekitaran.

Di rekreasi alam Garut ini, kamu dapat nikmati kesan keliling laut dengan naik banana boat atau perahu nelayan. Untuk persewaan perahu nelayannya, kamu perlu bayar ongkos sekitaran 15 ribu rupiah sekali jalan. Perahu ini bisa berisi lebih dari lima orang dalam sekali jalan. Sementara jika kamu ingin keliling laut naik banana boat, kamu perlu bayar ongkos sewa sejumlah 30 ribu rupiah sekali perputaran.

9. Pantai Rancabuaya

 Pantai Rancabuaya

Alamat : Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Map : Click di sini

Jam membuka : 24 jam non stop

Harga ticket masuk : 5 ribu rupiah per-orang untuk weekday, 10 ribu rupiah per-orang untuk akhir pekan

Sama seperti dengan Pantai Santolo yang punyai ombak besar dan garang, Pantai Rancabuaya juga begitu. Maka dari itu, bila kamu bertandang ke Pantai Rancabuaya dan tidak dapat berenang seharusnya kamu cuma bermain – main di tepian pantai saja.

Pantai Rancabuaya punyai banyak hal bagus yang dapat kamu tonton. Satu diantaranya ialah keelokan air terjun yang menghadap ke pantai. Situasi ini akan mengingati kamu mengenai salah satunya rekreasi pantai di Jawa tengah yakni Pantai Parangtritis.

Untuk kamu yang belum pernah ke Pantai Parangtritis dan ingin ketahui seperti apakah situasinya,

10. Pantai Sayang Heulang

Rekreasi Garut

Alamat : Cijambe, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Map : Click di sini

Jam membuka : 24 jam non stop

Harga ticket masuk : 10 ribu rupiah

Jika kamu pulang dari Pantai Santolo dan tidak kesorean, kamu dapat singgah dahulu di Pantai Sayang Heulang. Jalurnya ke pantai ini sejalan dengan jalur Pantai Santolo. Pantai Sayang Heulang termasuk juga salah satunya rekreasi alam Garut berbentuk pantai yang mempunyai ombak garang.

Di pantai ini, kamu dapat kemping, bermain voli, jalan – jalan disekitaran pantai, maupun surfing. Ombaknya yang besar akan pas buat kamu yang menyukai surfing. Namun kamu perlu bawa alat surfing sendiri karena belum ada tempat persewaan alat surfing di Pantai Sayang Heulang.

Selainnya beberapa kegiatan rekreasi itu, di Pantai Sayang Heulang ini kamu bisa juga menyaksikan ikan – ikan hias yang berenang di selang – celah batu karang yang menjuru ke laut. Janganlah lupa dokumentasikan peristiwa hebat kamu di pantai Sayang Heulang yang situasinya makin keren saat mentari akan tenggelam.

Selainnya daftar rekreasi di atas, Garut punyai beberapa rekreasi menarik yang lain yang dapat kamu masukan daftar perjalanan rekreasi kamu.

Untuk kamu yang telah senang jalan – jalan di Rekreasi Garut, janganlah lupa cari rekreasi kulineran ciri khas Garut yang kesedapannya tidak ada banding. Selainnya Garut, kota yang lain sama dengan hidangan rekreasi kulineran terbaik ialah Jogja dan Bandung.

Nach, untuk kamu pencinta traveling, tersebut kota-kota terbaik yang harus kamu kunjungi terhitung Garut. Banyak rekreasi Garut yang mencatatkan keelokan dan pengalaman bernilai buat pencandu rekreasi . Maka, janganlah lupa singgah di Garut dan telusuri beragam rekreasi alam Garut jika kamu sedang ada di Jawa Barat. Bahagia holiday!