Profile Portugal, Peluang Paling akhir Ronaldo Capai Piala Dunia

Profile Portugal, Peluang Paling akhir Ronaldo Capai Piala Dunia

Jakarta, Beritaburung – Tim nasional Portugal menjelma sebagai salah satunya favorit di Piala Dunia 2022. Walaupun terseok di set kwalifikasi, team bimbingan Fernando Santos itu tetap diakui tajinya karena memenangkan beberapa persaingan dalam enam tahun akhir.

Team Samba Eropa raih titel juara Piala Eropa 2016 dan Nations League pada 2019 kemarin. Hal itu menjadi modal baik untuk tim Portugal yang saat ini sedang diperkokoh beberapa pemain bintang di Liga Eropa.

Di Piala Dunia 2022 kelak, Portugal akan berkompetisi di Group H bersama Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan.

Sanggupkah mereka mengambil langkah jauh? Silahkan kita baca bukti dan sejarahnya.

1. Portugal telah bisa lolos 7x ke Piala Dunia 2022

Portugal
Portugal sudah maju ke perputaran final Piala Dunia sekitar 7x. Catatan itu terhitung sedikit karena Portugal memang baru naik performnya saat masuk zaman Milenium. Walau demikian, Portugal terdaftar bisa lolos pertama kalinya ke hajat sepak bola besar dunia ini pada edisi 1966 di Inggris.

Mereka selanjutnya mangkir di empat edisi selanjutnya dan baru bisa lolos kembali gelaran sama edisi 1986. Portugal lalu mangkir di tiga edisi seterusnya saat sebelum selalu bisa lolos di lima edisi paling akhir pada 2002, 2006, 2010, 2014, dan 2018.

Piala Dunia 2022 bisa menjadi ajang yang ke-8 untuk Portugal. Itu menjadi momen paling akhir Cristiano Ronaldo untuk mengantongi gelar paling tinggi yang belum pernah dicapai sejauh profesinya.

2. Prestasi terbaik Portugal ialah tempati rangking tiga di Piala Dunia

Timnas Portugal
Prestasi paling tinggi Portugal di Piala Dunia ialah tempati rangking ke-3 . Hal tersebut terjadi di edisi pertama kali yang mereka turuti yakni pada 1966. Waktu itu, Portugal bisa lolos dari group yang salah satunya pesertanya ialah Brasil. Portugal juga ada di urutan ke-3 selesai mengalahkan Uni Soviet.

Tidak itu saja, Portugal sempat juga finish di rangking ke-4 pada edisi 2006 di Jerman. Mereka kalah atas Prancis di partai semi-final dan kalah atas Jerman di persaingan perebutan urutan ke-3.

3. Portugal masih utamakan pemain unggulan yang mentas di liga Eropa

Cristiano Ronaldo
Portugal pasti memercayakan bomber ternamanya Cristiano Ronaldo. Superstar berumur 37 tahun itu akan bernafsu untuk dapat bawa Portugal jadi juara dunia sesudah sukses menjadi juara Piala Eropa pada 2016 kemarin.

Tidak cuma Ronaldo, Portugal mempunyai beberapa pemain unggulan yang lain seperti Diogo Jota, Bruno Fernandes, dan Joao Palhinha. Sepanjang melalui kwalifikasi, Portugal cetak 22 gol. Ke-4 pemain itu keseluruhan mengumpulkan 16 salah satunya.

Sanggupkah Portugal meluncur jauh di Piala Dunia 2022? Sanggupkah mereka capai partai final? Memikat buat dinanti tentu saja.