Produk Mie Sedaap Diambil di 3 Negara, BPOM Kerjakan Tes Sample

Produk Mie Sedaap Diambil di 3 Negara, BPOM Kerjakan Tes Sample

Beritaburung.id , Jakarta – Tubuh Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ) pastikan jika produk Mie Sedaap yang ditawarkan di Indonesia berlainan sama yang diambil di Hong Kong dan Singapura.

Meskipun ada variasi yang sama yang tersebar di Indonesia. Walau demikian, BPOM masih tetap lakukan pengetesan produk untuk pastikan keamanan dari kandungan bumbu di Mie Sedaap.

“Sekarang ini, Tubuh POM berproses lakukan sample dan pengetesan dan pengkajian untuk tindak lanjuti emerging issue itu, dalam rencana pelindungan warga. Sekarang ini, sudah berproses pengkajian penataan EtO ( etilen oksida ) dengan ahli dan disetujui untuk membikin Dasar Mitigasi Resiko Senyawa Etilen Oksida dalam Pangan Olahan,” kata BPOM ke Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

mie sedaap

BPOM secara terus-terusan lakukan pantauan dan pemantauan pre dan post pasar pada fasilitas dan produk yang tersebar untuk pelindungan pada kesehatan warga. Juga jamin produk mi instant yang tercatat di BPOM dan tersebar di Indonesia aman dimakan.

“Sejauh mempunyai ijin beredar, karena itu produk mi instant yang tersebar di Indonesia aman dimakan warga, karena Tubuh POM sudah lakukan penilaian pada faktor keamanan dan kualitas untuk pelindungan pada kesehatan warga,” terang BPOM.

BPOM menerangkan, selama ini, Codex Alimentarius Commission (CAC) sebagai organisasi internasional di bawah Organisasi Kesehatan Dunia/WHO dan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) belum atur batasan optimal endapan etilen oksida dan 2-Kloroetanol (2-CE).

Tetapi, sesuai document Guidelines for Rapid Risk Analysis Following Instances of Detection of Contaminants in Food Where There is no Regulatory Tingkat yang diedarkan tahun 2019, diberi batasan maksimal kontaminan sejumlah 1 mikrogram/kg.

“Tubuh POM sudah minta Produsen untuk lakukan pembaruan dan menarik produk dari negara arah export yang mempersyaratkan endapan EtO,” katanya.

Kabar berita awalnya, faksi Wings Grup yang menghasilkan Mie Sedaap memperjelas jika produk Mie Sedaap tidak memiliki kandungan bahan etilen oksida. Walau bahan etilen oksida sering dipakai untuk agrikultur, bukan hanya di Indonesia tetapi beberapa negara lain memakai zat itu.

“Akan tetapi, Mie Sedaap pastikan tidak memakai etilen oksida di semua baris produksi. Mie Sedaap sudah penuhi standard keamanan pangan hingga aman untuk dimakan,” tutur Head of Corporate Communications dan CSR Wings Grup Indonesia, Sheila Kansil lewat pengakuan tercatat.

Faksi Wings Grup pastikan keselamatan untuk warga yang mengkonsumsinya dan jamin Mie Sedaap masih tetap aman dimakan. “Keamanan pangan dan keselamatan customer ialah target utama kami. Percayalah jika kami akan memberi yang terbaik untuk warga,” tutur Sheila.