Pohon Kayu Putih, Mempercantik Ruang Sekalian Pengusir Nyamuk

Pohon Kayu Putih, Mempercantik Ruang Sekalian Pengusir Nyamuk

Beritaburung – Pohon kayu putih dikenali dapat hilangkan nyamuk secara alami. Karena, pada daunnya ada kandungan wewangian yang tidak dicintai nyamuk. Perawatannya juga lumayan gampang dan jarang-jarang terserang penyakit.

MELALEUCA leucadendra lengkapi macam tanaman di dalam rumah Gabriella Krissta, penggemar tanaman asal Surabaya. Banyak tamu yang baru ketahui bentuk asli dari pohon pemroduksi minyak kayu putih itu. Tanaman itu benar-benar direferensikan untuk dipiara. Khususnya saat musim penghujan datang.

kayu putih
Wanita yang dekat dipanggil Ica itu mempunyai satu pohon memiliki ukuran sedang dengan tinggi sekitaran 1 mtr.. Pohon itu ditempatkan di pelataran tempat tinggalnya. Untuk ia, memiara Melaleuca leucadendra mempunyai bermacam faedah. Satu diantaranya, menyingkirkan nyamuk disekitaran tempat.

Karena, daunnya mempunyai kandungan wewangian yang lumayan kuat dan tidak dicintai nyamuk. Pemakaiannya juga lumayan gampang karena perlu menempatkan tanaman itu di lokasi yang diharapkan. Temanan nyamuk itu akan tersingkir sendirinya dan baik sepanjang tiga sampai lima jam. “Dahulu, di pelataran itu banyak (pohon kayu putih, Red),” katanya.

Tanaman itu bisa juga ditempatkan dalam ruangan. Akan lebih bagus bila ukuran pohon yang diputuskan sesuaikan keperluan. Saat ditaruh di kamar, tentukan pohon memiliki ukuran kecil dengan pot estetis. Selainnya sebagai wewangianterapi, tanaman itu berperan percantik ruang.

Ada langkah khusus bila wewangian kurang merebak. Yaitu, petik beberapa daun, selanjutnya leburkan dengan tangan dan simpan dalam mangkok. Hasilnya, wewangian kandungan minyak dari daun makin gampang menebar. Bahkan juga, tidak diperlukan bahan tambahan lain. ”Kalau digabung air, baunya dapat berbeda. Karena ini kan masih wujud asli, belum jadi minyak,” jelas ia.

Wanita 29 tahun itu cenderung pilih memakai tanaman kayu putih dibanding lotion antinyamuk. Karena, ada beberapa efek dari lotion untuk kulit seperti alergi atau iritasi, apa lagi bila digunakan dalam periode waktu yang lama. ”Kan lotion langsung menempel di kulit dan ada kandungan kimianya,” katanya.

Memang, banyak tipe tanaman yang dipercaya sanggup menyingkirkan nyamuk. Seperti lavender, rosemary, dan peppermint. Tetapi, pohon kayu putih diputuskan Ica karena lebih bandel dan tidak membutuhkan perawatan extra dan sulit. Bila dibanding lavender yang perlu ada di tempat teduh dengan temperatur yang dingin. ”Di Surabaya ini kan temperaturnya dapat disebut panas. Karena itu, tidak pas dan harus pilih yang mana kiranya sama sesuai,” katanya.

Saat ingin menempatkan Melaleuca leucadendra dalam ruangan, tidak boleh lupakan penerangan. Karena, tanaman itu memerlukan cahaya matahari. Triknya, tiap pagi sampai siang, tanaman bisa dijemur di bawah panas matahari tanpa intensif tertentu. Tidak boleh cemas daun tanaman akan hancur.

Sepengalaman Ica, pohon kayu putih harus memperoleh air yang berkecukupan. Hal tersebut sesuai dengan tingginya tingkat intensif sinar yang diterima. Pohon itu bisa disiram sekali tiap hari. Berkaitan pemupukan, dapat dilaksanakan satu bulan sekali memakai pupuk NPK. “Jika sudah terkena hujan, tak perlu disiram kembali,” terang ia.

Walau populer bandel, tanaman itu dapat terserang hama atau penyakit. Yang kerap menulari umumnya ialah hama putih dan ulat. Langkah penangkalannya juga gampang, yaitu campur satu sendok teh fungisida dengan 1 ltr air. Lantas, semprot sebulan sekali, lengkap pada bagian daun sampai tangkai.


Pohon kayu putih
Pohon kayu putih mempunyai harga yang bervariatif. Ukuran 1 mtr. sekitar Rp 100 ribu dan ukuran kecil Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu. Tanaman itu dinilai pas untuk dipiara, khususnya saat musim penghujan datang.