Pemasaran PC di Indonesia naik sejauh 2021

Pemasaran PC di Indonesia naik sejauh 2021

Beritaburung.id ,jakarta – Produsen piranti tehnologi ASUSmengamati ada peningkatan pemasaran PC di pasar Indonesia sejauh 2021, bahkan juga volumenyalebih tinggi dibandingkan pemasaran 2019 saat sebelum wabah COVID-19.

Maka dari itu, dalam penyeluncuran beberapa produk anyarnya di Nusa Dua, Bali, minggu ini ASUSoptimistis tahun ini dapat jual sampai 1 juta PC.

Di tengah-tengah wabah 2020 pemasaran PC (meliputi desktop, netbook) dari semua merk di Indonesia memang turun sekitaran 32 % dibandingkan 2019.

“Tetapi yang memikat, sejauh 2021 saat wabah surut, pemasaran PC naik 52 % . Maka, keseluruhan penjualannya itu semakin tinggi dibanding dengan 2019 saat sebelum wabah terjadi,” kata Head of Public Relation ASUS Indonesia Muhammad Firman dalam tayangan jurnalis, Jumat.

Data ASUS memperlihatkan pemasaran PC di Indonesia untuk semuanya merk (merek) pada 2019 capai 2,lima juta unit, sementara pada 2020 cuma 1,tujuh juta unit.

Tetapi, pada 2021 pemasaran naik capai 2,enam juta unit.

“Kenaikannya 52 % (pada 2021), dan sekarang ini 2022 normal kembali. Kemungkinan di tahun akhir ASUStargetnya jual satu juta unit,” kata Firman.

Selama ini, ASUS jual sekitaran 400.000 s/d 500.000 PC per kwartal dua 2022. Melihat dari perolehan itu, dia percaya diri faksinya bisa capai sasaran pemasaran di akhir 2022.

Untuk merealisasikan itu, ASUS juga mengeluarkan beragam type dan variasi netbook di pasar Indonesia di tahun ini, yang satu diantaranya netbook berstandar untuk pemakaian “luar angkasa” (ruang grade standar) yang diberi nama Zenbook Ruang Edition.

Netbook itu dibuat terbatas sekitar 3.000 unit untuk pasar Indonesia, dan tidak dibuat ulangi bila nanti habis terjual, kata Fahmi.

PC

Zenbook Ruang Edition yang sah dikeluarkan bulan kemarin sebagai wujud peringatan pada netbook pertama ASUS yakni seri P6300 yang dipakai sebagai piranti simpatisan untuk visi di stasiun luar angkasa pada 25 tahun lalu.

“Dalam visi itu, netbook ASUS sanggup bertahan di dalam lingkungan gravitasi micro yang sarat dengan radiasi kosmik sepanjang 600 hari tanpa permasalahan. Netbook P6300 bisa disebutkan sebagai tonggak riwayat untuk ASUS,” kata Fahmi.

Di seri Zenbook Ruang Edition, ASUS menjaga standard penggunaan di luar angkasa, yang

ditunjukkan dengan sertifikasi bisa lolos tes ketahanan “space-grade” berstandar US Ruang Sistem Command (SMC-S-016A).

Zenbook Ruang Editiontampil dengan design unik yang modern dan mempunyai feature terbatas namanya ZenVision. Body (cangkang) netbook ini dibikin memakai bahan aluminium yang dibalut warna Zero-G Titanium seperti yang dipakai pada design stasiun luar angkasa dan diperlengkapi ukir-pahatan code morse yang mempunyai arti penting.

‘Di balik monitornya ada monitor OLED monochrome namanya ZenVision yang berperan seperti jendela pada stasiun luar angkasa, yang dapat tampilkan animasi terbatas, status, atau info pemakainya,” kata Head of PR ASUS Indonesia.

“(Laptop ini) untuk siapa saja yang menyenangi tehnologi memiliki nuansa luar angkasa, kemungkinan beberapa pencinta film Star Track atau Star Wars, kemungkinan ini netbook yang memikat perhatian mereka,” kata Firman.