Baca Panduan Perawatan Gear Motor Sport Supaya Peranan Masih tetap Maksimal

Baca Panduan Perawatan Gear Motor Sport Supaya Peranan Masih tetap Maksimal

Beritaburung – Motor sport adalah type motor yang disukai oleh customer yang dipakai bagus untuk kendaraan harian atau hoby. Pada motor sport ada gear yang berperan untuk pemindah daya dari mesin ke roda belakang. Untuk jaga supaya peranan itu masih tetap maksimal, karena itu perlu memperhatikan perawatannya.

Perawatan Gear Motor Sport

Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan dan Bengkulu) memberi beberapa point panduan perawatan gear motor sport seperti berikut:

1. Teratur Dibikin bersih

Di saat musim penghujan, gear motor sport riskan kotor dan terserang air cipratan. Oleh karenanya, teratur dibikin bersih dengan cairan pencuci khusus gear dan rantai. Tidak boleh memakai oli sisa sebab bisa membuat kotoran dan debu malah semakin melekat.

2. Teratur Dilaksanakan Pemulasan

Selainnya jaga kebersihan, janganlah lupa untuk rajin memulasi perawatan gear motor sport dengan menyemprotkan memakai pelumas khusus gear dan rantai. Hal itu supaya kurangi gesekan dan kotoran yang dapat mengakibatkan usia gunakan gear dan rantai makin pendek. Dianjurkan untuk lakukan pemulasan minimum 1x dalam satu minggu.

3. Geprekelan Gear dan Rantai

Geprekelan gear dan rantai dapat disaksikan di buku panduan kendaraan sepeda motor, kekencangan rantai harus dicheck tiap saat sebelum berkendaraan, dan disetel bila dibutuhkan. Tanyakan lebih dulu dengan bengkel sah bila ingin lakukan geprekelan rantai sendiri.

4. Servis Periodik

Sisi rantai dan gear akan dilaksanakan pengecekan sama sesuai agenda perawatan periodik. Apabila sudah di luar standar karena itu mekanik akan lakukan geprekelan. Bila rantai telah terlampau renggang dan gear telah terlampau aus, karena itu harus dilaksanakan penggantian satu set. Kekencangan rantai yang tidak pas akan memberatkan mesin dan beberapa komponen penting yang lain hingga rantai bisa slip atau putus.