Alternatif 9 Oleh -Oleh Unik Kota Yogyakarta yang Termashyur

Alternatif 9 Oleh -Oleh Unik Kota Yogyakarta yang Termashyur

Kota Yogyakarta sebagai salah satunya tempat rekreasi popular di Indonesia. Banyak pelancong bertandang kesini untuk nikmati pelbagai jenis obyek wisata menarik. Juga tidak cuma turis lokal, turis di luar negeri banyak pula yang bertandang kesini. Kepopularitasan itu membuat Kota Yogyakarta dipanggil sebagai Kota Liburan. Mulai dengan liburan alam, liburan riwayat, tamasya budaya, sampai tamasya kulineran berada di sini. Satu diantara teritori liburan di Yogyakarta yang cukup popular ialah Malioboro.

Ada beberapa pelancong di luar kota serta luar negeri yang bermain ke Malioboro. Beberapa dari mereka ada yang duduk rileks, jalanan melingkari Malioboro sekalian beberapa foto, serta cukup banyak pun pada mereka yang rekreasi berbelanja. Tamasya berbelanja di Malioboro terbilang lumayan menarik, pasalnya kamu bakal mendapati bermacam tipe oleh-oleh Kota Yogyakarta dalam tempat ini. Seluruhnya dipasarkan harga yang relatif dapat terjangkau.

Selainnya di Malioboro, kamu bisa pula memperoleh oleh-oleh ciri khas Kota Yogyakartadi banyak wilayah lain di Kota Murid itu. Dari demikian banyak oleh-oleh Yogyakarta, ada sejumlah yang cukup ternama dan dikenali oleh beberapa orang, berikut salah satunya:

1. Gudeg

Gudeg

Salah satunya kulineran Kota Yogyakarta yang terkenal ialah gudeg. Panganan yang berikut sering jadi sasaran turis di saat bertandang ke wilayah ini. Rasa gudeg yang renyah, manis, dan sedikit ada kesan pedas bikin orang kecanduan dengan makanan ini. Ada dua macam gudeg yang dapat kamu tentukan, yakhni gudeg kering/gudeg kaleng dan gudeg basah. Ke-2 nya memiliki sifat yang beda.

Buat gudeg basah, cuman dapat bertahan sekejap serta lebih bagus disantap secara langsung pada tempat, sedangkan gudeg kering dapat bertahan beberapa waktu. Untuk oleh-oleh serta dibawa pulang, kamu dapat tentukan gudeg kaleng. Pengembangan teranyar ini dapat tahan dalam waktu 3 – 5 hari . Sehingga, kamu dapat bawa makanan ciri khas Kota Yogyakarta ini ke wilayah asalmu.

2. Bakpia

Bakpia

Bakpia atau bakpia pathuk yaitu oleh-olehan ciri khas Kota Kota Yogyakarta  yang sering dicari oleh pelancong. Kenikmatan panganan yang berikut sangat diketahui, sampai saat ini kamu tidak harus ke Yogyakarta agar dapat mendapati makanan ini. Pada umumnya bakpia memiliki tiga variasi rasa, ialah kacang hijau, cokelat, dan keju. Sebagian besar brand dagang bakpia yang tersebar tawarkan ke-3 rasa ini.

Seiring waktu berjalan, saat ini juga udah ada bakpia kukus dengan penampakan yang jauh beda dengan bakpia biasa. Walaupun juga jadi makanan unik Kota Yogyakarta, konon makanan ini datang dari Tiongkok, di mana kata “bak” memiliki makna daging dan “pia” mempunyai makna kue . Maka di Tiongkok bakpia adalah kue bersifat gepeng dengan isian daging.

3. Batik

Batik

Selainnya makanan, Kota Yogyakarta pula punyai oleh-olehan kain batik. Terdapat beragam jenis macam batik yang datang dari Kota Yogyakarta, salah satunya batik corak ceplok atau grompol, konsep kawung, corak parang, serta corak semen. Tiap pola batik mempunyai makna filosofis yang berlainan. Contohnya, konsep parang yang memiliki makna filosofis cukup suci maka tak bisa dipakai untuk seluruhnya acara. Batik-batik Yogyakarta bukan hanya dipasarkan berbentuk kain atau busana, kamu bisa juga temukan batik berbentuk lain, seperti souvenir, tas, sandal, serta type barang yang lain. Kamu dapat mendapat batik-batik itu di wilayah Malioboro serta Pasar Beringharjo.

4. Kerajinan kulit

Kota Yogyakarta pula memiliki kerajinan kulit yang cukup tenar. Kebanyakan perajin kulit di wilayah ini membuatnya jadi tas, dompet, sepatu, serta beragam model barang yang lain. Salah satunya wilayah di Kota Yogyakarta yang termasyhur dengan kerajinan kulit yakni Dusun Tamasya Manding. Dusun ini yaitu utama kerajinan kulit yang udah ada sejak mulai tahun 1970 an. Di dusun ini ada seputar 40 workshop kerajinan kulit yang terus ramai dikunjungi turis. Kamu bisa pula tiba ke arah tempat ini buat mendapat sejumlah barang dari kulit. Juga tidak hanya beli, di sini kamu juga dapat memandang proses pembikinan produk kulit di workshop itu.

5. Yangko

Bila Sukabumi punyai kulineran ciri khas mochi, karenanya Kota Yogyakarta mempunyai Yangko. Kulineran yang satu berikut serupa dengan mochi. Material dasar yang dipakai pula tepung ketan dan struktur yang dibuat kenyal. Sedikit ketidaksamaan kemungkinan berada di wujud. Yangko punya wujud kotak persegi. Mulanya panganan ini cuman punya rasa kacang, akan tetapi kian kesini alternatif rasanya semakin beraneka, ada rasa melon, durian, cokelat, dan seterusnya. Buat kamu yang menyukai dengan makanan manis, kulineran yang berikut wajib kamu coba. Kamu dapat mendapatinya di wilayah Kotagede, Yogyakarta.

6. Tiwul

Sebelumnya jadi oleh-olehan ciri khas Kota Yogyakarta, dulunya tiwul sebagai makanan inti alternatif nasi untuk penduduk Gunung Kidul. Kebanyakan santapan ini dibentuk saat paceklik ada. Sejalan secara berjalannya waktu, tiwul saat ini menjadi salah satunya oleh-olehan idola Yogyakarta. Bahan inti kulineran ini merupakan gaplek atau singkong yang udah dijemur serta ditumbuk sebelumnya lantas dikukus. Tiwul kebanyakan disuguhkan gula serta parutan kelapa.

Tapi, kadang juga banyak orang yang bikin tiwul sebagai nasi . Maka mereka nikmati makanan ini dengan sambal bawang, lombok ijo, gathot, dan belalang goreng. Tiwul yang dapat sebagai oleh-oleh merupakan tiwul instant yang ringkas dan dapat dibawa kemanapun. Kamu dapat mendapatnya di toko oleh-olehan ciri khas Yogyakarta.

7. Geplak

Geplak sebagai jajan yang dibuat dari ketan, parutan kelapa, dan gula jawa. Jajan ini kebanyakan bersifat bundar serta warna hijau, coklat, dan merah muda. Panganan ini mempunyai cita rasa manis. Normalnya geplak dibuntel memakai besek dari anyaman bambu. Dari dahulunya geplak cuman berasa manis, saat ini udah siap pada sejumlah jenis rasa, seperti strobery, kacang, jahe, dan sebagainya.

8. Dagadu Jogja

Selainnya batik, produk mode yang banyak pula dicari oleh pelancong merupakan Dagadu Jogja. Dagadu Jogja sediakan beragam jenis rupa-rupa ciri khas Jogja, seperti kaos, topi, tas, dan yang lain. Satu diantara yang antik dari Dagadu ialah plesetan lucu yang tercatat pada bagian depan kaos. Konon naman Dagadu mempunyai makna “matamu” ke bahasa walikan Jogja. Di dalam tempat ini kamu dapat memperoleh beragam jenis type barang di harga yang benar-benar dapat dijangkau. Untuk kamu yang ketarik lewat produk ini, kamu dapat mendapatinya di Yogyatorium Dagadu Djokdja.

9. Wedang uwuh

Dari segi bahasa, wedang uwuh bermakna “minuman sampah”. Pemberian nama ini diberi sebab minuman ini menambahkan seluruh rempah dalam 1 gelas, maka dari itu tampak terlihat sampah. Tipe rempah yang dipakai kebanyakan, kayu secang, cengkeh, kayu manis, jahe, dan gula batu. Minuman tradisionil ini memberi cita-rasa manis, pedas, dan fresh yang dapat mendatangkan kehangatan di dalam tubuh waktu cuaca dingin.

Paduan rempah-rempah pada minuman ini mengadung anti-oksidan yang bermanfaat turunkan koleterol. Punyai faedah yang bagus buat badan, bikin turis banyak beli minuman ini untuk oleh-olehan. Kamu dapat mendapatkan minuman ini di beberapa toko oleh-olehan di Kota Yogyakarta. Itu opsi oleh-oleh unik Yogyakarta yang bisa kamu temui. Kamu dapat membeli beragam oleh-olehan unik Kota Yogyakarta.

 

BACA JUGA : Aman buat Pasien Diabetes, Baca 7 Fungsi Rahmat dari Madu