Nokia Klaim Ciptakan Panggilan Audio Imersif Pertama di Dunia

Nokia Klaim Ciptakan Panggilan Audio Imersif Pertama di Dunia

Sebuah inovasi baru yang menarik di industri telekomunikasi
  • Panggilan suara dan audio langsung yang imersif pertama di dunia dilakukan oleh Nokia melalui jaringan seluler
  • Teknologi IVAS mampu menghadirkan pengalaman suara tiga dimensi yang hidup dan menarik dalam panggilan suara dan video

BERITA BURUNG

Nokia masih terus memberikan inovasi di bidang telekomunikasi. Meski tak lagi besar di dunia produk telepon seluler, mereka tetap jadi salah satu perusahaan telekomunikasi yang terus melakukan inovasi sejak rebranding beberapa tahun belakangan.

Terbaru Nokia mengklaim berhasil melakukan panggilan suara dan audio langsung yang imersif pertama di dunia melalui jaringan seluler. Panggilan tersebut dilakukan oleh Pekka Lundmark, Presiden dan CEO Nokia, yang mengadakan panggilan audio dan video langsung dengan Stefan Lindström, Duta Digitalisasi dan Teknologi Baru Finlandia.

Panggilan tersebut diaktifkan oleh teknologi codec Immersive Voice and Audio Services (IVAS) baru yang merupakan bagian dari standar 5G Advanced yang akan datang. Codec IVAS memungkinkan konsumen mendengar suara secara real-time dibandingkan pengalaman panggilan suara smartphone monofonik saat ini.

Lundmark mendemonstrasikan dimensi akustik khas yang dapat dirasakan dengan teknologi IVAS baru kepada Lindström saat meneleponnya dari kampus Nokia di Espoo.

Apa itu IVAS?

Nokia Klaim Ciptakan Panggilan Audio Imersif Pertama di Dunia
Teknologi Immersive Voice and Audio Services atau IVAS diklaim mampu menghadirkan kekayaan, kualitas, dan interaksi yang lebih nyata pada panggilan suara dan video dalam teknologi 5G yang canggih. Teknologi ini sendiri sejatinya merupakan codec suara dan audio baru yang distandarisasi oleh 3GPP dan merupakan dari Rel. 18.

IVAS sendiri jadi standar 3GPP pertama untuk transmisi stereo percakapan serta suara dan audio yang imersif. Codec IVAS memungkinkan audio live yang imersif untuk segala bentuk perangkat, menyatukan orang-orang untuk interaksi kehidupan nyata dengan rendering tiga dimensi yang akurat dan imersif dari suara yang ditangkap. Dalam pengembangan IVAS, Nokia merupakan salah satu pihak yang berpartisipasi dalam standardisasi IVAS dalam 3GPP dan merupakan salah satu kontributor dan pendukung paling aktif.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 7 Platform AI Terbaik untuk Desain Grafis, Apa Saja?
  • 3 Cara Melihat Kata Sandi Email yang Lupa, Pakai HP dan Laptop
  • Mengenal Ransomware, Kejahatan Siber yang Bisa Lumpuhkan Sistem!

Baca Juga: 14 HP Nokia Jadul Legendaris, Dari Nokia 3315 hingga N-Gage!

Nokia Teknologi yang inovatif di industri telekomunikasi

Nokia Klaim Ciptakan Panggilan Audio Imersif Pertama di Dunia“Kami telah menunjukkan masa depan panggilan suara,” ujar Pekka Lundmark, Presiden dan CEO Nokia.

Panggilan telepon umumnya bersifat monofonik yang memampatkan elemen audio menjadi satu dan terdengar lebih datar dan kurang detail. Teknologi audio inovatif ini diklaim mampu memberikan kesan yang ‘dekat’ antara penelepon dan lawan bicara sehingga menciptakan pengalaman mendengarkan panggilan suara dan video yang lebih baik secara spasial. Pekka juga mengatakan bahwa teknologi ini akan menawarkan manfaat yang signifikan bagi perusahaan dan industri telekomunikasi.

berhasil mendemonstrasikan teknologi IVAS dalam panggilan real-time meskipun teknologi tersebut belum diterapkan pada jaringan seluler. Panggilan langsung pertama ini menggunakan teknologi Immersive Voice milik untuk mencapai pengalaman melalui jaringan 5G publik.

“Pengalaman suara dan audio langsung yang imersif yang dimungkinkan oleh IVAS meningkatkan kekayaan dan kualitas panggilan, dan pengalaman suara tiga dimensi membuat interaksi menjadi lebih hidup dan menarik, sehingga menghadirkan kekayaan,” Stefan Lindström, Duta Digitalisasi dan Teknologi Baru Finlandia