Makna Code Transmisi Matic, Dalami Apa Saja Perannya

Makna Code Transmisi Matic, Dalami Apa Saja Perannya

Beritaburung – Sekarang ini warga diberi opsi beragam tipe mobil yang dapat disamakan dengan keperluan dan kenyamanan mereka. Beberapa mobil ini ada yang memakai transmisi matic atau transmisi manual.

Mobil dengan transmisi matic sendiri lebih disukai dilapisan wanita karena dipandang lebih gampang dalam pemakaiannya. Tetapi, ada beberapa pria yang memakai mobil sejenis ini karena semakin nyaman dipakai untuk berkendaraan.

Untuk tahu lebih detilnya berkenaan transmisi matic, berikut Lifepal ulas apakah yang dimaksud dengan transmisi automatis, makna code transmisi matic dan riwayat transmisi matic tersebut.

Pemahaman transmisi automatis
Transmisi automatis atau A/T ialah tipe transmisi dengan gigi yang bisa lakukan peralihan sendirinya atau automatis.

Makna transmisi matic mobil sendiri ialah mekanisme peralihan yang ditata tidak untuk perlu mencapai pedal kopling. Transmisi ini mempunyai dua tipe mekanisme yaitu semi automatis dan automatis.

Memakai transmisi automatis lebih gampang karena bila pada mobil manual, kamu harus mencapai pedal kopling dan geser tuas untuk memidahkan gigi. Pada transmisi automatis, kamu cukup geser tuas transmisi tak perlu mencapai kopling.

Makna code transmisi matic
Tinggal pijak dan jalan adalah kelebihan mobil yang memakai transmisi matic. Mobil usahaless ini cuma memakai dua pedal saja yaitu pedal rem dan gas.

Mekanisme transmisi mobil matic ini dikontrol cukup dengan gerakkan sisi tuas pemercepatan ke status tertentu.

Nach, status tuas sendiri umumnya diatur dengan pola P-R-N-D-3-2-L tetapi ada pula yang memakai pola P-R-D-D3-2-L.

Mengemudikan mobil dengan transmisi matic ini lebih gampang dan efisien. Tetapi saat sebelum memilih untuk beli atau memakai mobil sejenis ini sebaiknya untuk pahami makna dan peranan dari tiap code mobil matic itu.

Berikut keterangan code di persneling mobil matic.

Makna dari P
Ketika telah memarkir mobil, statuskan tuas ada di code P. Makna dari P sendiri ialah “Parking” atau “parkir” bila di dengan bahasa Indonesia, dipakai saat kendaraan ada pada kondisi parkir. Dengan mengalihkan tuas ke status P, karena itu roda mobil akan terkunci.

Maka dari itu, mobil pada status ini tidak bisa didorong atau terpeleset saat kamu memarkirkan mobil di jalanan yang turun. Status ini sebagai awalnya untuk hidupkan mesin atau melepas contact mobil.

Makna dari R
Makna persneling mobil matic untuk code “Reverse” ialah mundur. Makna dari R ini mempunyai peranan untuk menolong mengundurkan kendaraan.

Makna N
Status N (Neutral) ini sebetulnya hampir sama saat tuas mobil dipindah ke status P di mana putaran mesin tidak tersambung atau terputus dari roda. Tapi yang membandingkan ialah roda mobil pada status N tidak terkunci.

Hingga mobil bisa didorong atau jalan sendiri saat ada di jalanan yang turun. Umumnya status ini dipakai saat mobil alami pemogokan dan harus didorong.

Makna dari D
Makna dari D atau “Drive” ini sebagai perintah untuk menyambungkan perputaran powertrain yang dari mesin ke roda. Hingga, mobil akan jalan jika kamu mengalihkan tuas ke status ini.

Pada status ini kamu tinggal gas-gas untuk tentukan kecepatan mobil yang akurat. Disamping itu, kamu tak perlu cemas dengan peralihan speed gigi karena hal itu akan ditata secara automatis oleh proses transmisi matic.

Makna dari L
Makna dari L (Low) atau rendah ini juga bisa disimpulkan sebagai kecepatan yang rendah (low speed). Code ini dipakai saat kamu inginkan mobil ada pada low speed sampai media.

Arahkan tuas ke status L ini sama dengan maknanya dengan memakai gigi 1 sampai 2 pada mobil yang mempunyai transmisi manual.

Angka 3 dan 2
Sesudah ketahui makna huruf di mobil matic, kamu harus juga memahami makna gigi mobil matic tersebut seperti code 3 dan 2. Berikut keterangan gigi mobil matic.

Code 3 dan 2 ini umumnya diketemukan di bawah code D. Code angka itu memperlihatkan kontrol manual dari speed gigi.

Simpelnya saat kamu arahkan tuas ke status 2 karena itu kamu memerintah transmisi untuk ada pada speed 2 yang mempunyai capaian kecepatan mobil dari media sampai High.

Tapi ada banyak mobil yang mempunyai angka 3 dari sisi status D yang maknanya angka 2 dipakai untuk kecepatan media sementara angka 3 untuk kecepatan yang tinggi (High Speed). Salah satunya mobil yang mempunyai code D3 ini ialah Avanza.

Shift Lock
Selainnya kode-kode di atas, kamu perlu mengenali tombol shift lock. Tombol ini dapat kamu dapatkan pada bagian atas tuas transmisi.

Tapi yang penting dimengerti ialah tombol ini membuka tombol electronic tetapi tombol yang mempunyai proses untuk mengamankan peralihan dari tuas gigi. Saat kamu telah tekan shift lock karena itu kamu tidak dapat mengalihkan tuas transmisi.

Disamping itu, tombol ini cuma berperan saat tuas ada pada status P saja, jika kamu ingin mengalihkan status tuas yang sebelumnya ada di N ke D kamu tidak memerlukan Shift lock ini.

Riwayat transmisi matic

Banyak orang memandang jika transmisi matic ini ialah satu pengembangan yang baru, tetapi realitanya transmisi ini telah digagas semenjak awalnya era ke-20.

Pencetus awalannya ialah Sturtevant bersaudara yang dari Boston Amerika Serikat yang lakukan eksperimen pertama mereka lewat project Horseless Carriage di tahun 1904.

Tetapi, transmisi bikinan mereka ini tidak dapat dihandalkan karena kerap alami ketidakberhasilan transmisi. Selanjutnya, penemuan ini diteruskan oleh Alfred Horner Munro, seorang insinyur uap bernegara Kanada yang membuat transmisi matic pertama pada tahun 1921 dan dipatenkan di tahun 1923.

Transmisi matic mobil ini memakai empat gear depan (forward gears) dan tidak ada reverse atau gear untuk parkir. Alfred memakai penekanan udara bukan hydraulic fluid.

Sesudah alami pembaruan, General Motor selanjutnya memakai transmisi matic ini untuk Oldsmobile, Buick, and Cadillac di antara tahun 1937 dan 1938.

kekurangan dan kelebihan mobil transmisi matic
Untuk kamu yang mempunyai kemauan untuk beli mobil baru sebaiknya untuk ketahui lebih dulu kekurangan dan kelebihan satu tipe mobil.

Untuk tipe mobil yang memakai transmisi matic ada banyak kekurangan dan kelebihan yang pantas kamu pikirkan saat sebelum memilih untuk membeli.

Kelebihan

  • Lebih gampang dipakai
  • Kaki anda akan terbebas dari rasa pegal
  • Semakin aman saat dipakai di jalanan yang naik
  • Benar-benar pas dipakai untuk hadapi macet seperti pada Jakarta

Kekurangan

  • Lebih boros bahan bakar dibanding mobil dengan transmisi manual
  • Mempunyai ongkos perawatan yang mahal
  • Tidak dapat lakukan engine brake seperti pada mobil manual
  • harga membeli mahal tapi saat dipasarkan mempunyai harga yang murah
  • Daftar mobil transmisi matic dan harga
  • Berminat untuk beli mobil dengan transmisi matic? Berikut daftar mobil matic dan harga yang diambil dari Kompas.com.

Nama Mobil Harga
Brio Satya E CVT Rp 170.100.000
Agya 1.0 A/T Rp 156.810.000
Agya 1.2 G A/T Rp 161.640.000
Agya 1.2 TRD A/T Rp 169.290.000
Calya 1.2 G A/T Rp 165.800.000
Ayla 1.0 X AT Rp 134.200.000
Ayla 1.0 X DELUXE AT Rp 141.550.000
Ayla 1.2 X AT Rp 146.450.000
Selalu pakai asuransi mobil terbaik untuk kendaraanmu
Ongkos pembaruan mobil di bengkel pasti mahal akan cukup kuras kantong. Supaya kamu tidak terbeban dengan ongkos service di bengkel mobil matic yang kemungkinan mahal, gunakan saja asuransi mobil.

Asuransi mobil akan mengkover ongkos service di bengkel karena kerusakan kecil atau besar. Bahkan juga, asuransi mobil ada juga yang mengkover risiko kehilangan, loh.

Untuk menolong kamu mendapati asuransi mobil yang pas, turuti kuis dari Lifepal berikut, yok.

Code transmisi matic

Sesudah memperoleh referensi asuransi mobil yang pas, kalkulasi prediksi ongkos premi asuransi yang perlu kamu bayarkan dengan kalkulator dari Lifepal di bawah ini.

Pertanyaan sekitar transmisi matic
Dalam transmisi matic, code L sebagai ringkasan dari Low atau dengan bahasa indonesia mempunyai makna rendah. Code pada transmisi mobil matic ini dipakai ketika kamu inginkan mobil ada pada kecepatan yang rendah sampai kecepatan media. Status ini dipakai untuk meredam gigi 1 (gigi paling tinggi).
Asuransi mobil bisa membuat perlindungan keuanganmu dari ongkos pembaruan dan perawatan kendaraan yang harga lumayan mahal. Dengan mengasuransikan kendaraan, kamu tidak perlu keluarkan dana saat service mobil di bengkel relasi perusahaan asuransi.