Latihan bersama militer tambahkan kekuatan TNI

Ahli: Latihan bersama militer tambahkan kekuatan TNI

Beritaburung.id – Pemerhati militer memandang latihan bersama di antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan negara teman dekat dapat tingkatkan ketrampilan personil TNI.

“Dapat tingkatkan ketrampilan TNI karena latihan dengan negara lain dan tipe latihan juga berbagai macam,” kata pemerhati dari Komunitas Komunikasi Industri Pertahanan (Forkominhan) Marsekal Madya TNI Purn. Eris Herryanto dalam dialog 11 Years and Counting: Assesing Indonesia-Korea Defense Cooperationyang diselenggarakan Foreign Kebijakan Community Indonesia di Jakarta, Selasa.

TNI

Menurut Eris, yang memegang sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan masa 2010—2013, latihan bersama militer dengan negara lain ialah hal yang wajar dilaksanakan oleh T NI.

Latihan kombinasi bersama bisa juga tingkatkan rasa optimis (confidence) personil nya dalam menjalankan pesawat atau perlengkapan lain dalam mekanisme pertahanan.

Eris menjelaskan jika latihan bersama militer umumnya mempunyai tujuan untuk interoperabilitas untuk tangani teror yang penting pengatasan bersama.

Indonesia di bulan Agustus melangsungkan latihan bersama militer Super Garuda Shield 2022 bersama 13 negara, yakni Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, Singapura, Papua Nugini, Korea Selatan, India, Timor Leste, Kanada, Prancis, dan Inggris.

Super Garuda Shield 2022 ialah latihan bersama TNI dan Instruksi Indo-Pasifik AS (INDOPACOM) untuk perkuat interoperabilitas, kekuatan, rasa sama-sama yakin dan kerja-sama.

Latihan bersama militer untuk membuat komunikasi antarpersonel negara peserta latihan dalam sebuah operasi.

Super Garuda Shieldpada tahun ini diselenggarakan di tiga lokasi, yakni Pusat Latihan Tempur di Baturaja, Palembang; Pusat Latihan Tempur Marinir di Dabo Singkep, Kepulauan Riau; dan Pusat Latihan Tempur di Amborawang, Kalimantan Timur.

Latihan bersama itu berjalan mulai 1 sampai 14 Agustus 2022 dengan mengikutsertakan 4.337 personil dari 13 negara peserta. Indonesia pada Super Garuda Shield 2022 mengirimi 3.455 personil, terdiri dari 1.995 personil Angkatan Darat, 704 personil Angkatan Laut, dan 756 personil Angkatan Udara.