Langkah Membuat Barcode dengan Gampang dan Tidak Berbayar

Langkah Membuat Barcode dengan Gampang dan Tidak Berbayar

Langkah Membuat Barcode dengan Gampang dan Tidak Berbayar

BeritaBurung – Di zaman tehnologi yang makin hebat ini, pemakaian barcode kelihatannya bukan hal baru kembali. Barcode jadi sebuah jalan keluar untuk mempermudah transaksi bisnis. Barcode atau code bar adalah sebuah skema geometris yang biasanya mempunyai wujud vertikal. Peranan khusus dari barcode untuk scan dan mencari sebuah barang atau property. Tahukah kamu, bila barcode terdiri dari 2 tipe, yakni Code Produk Universal/Universal Product Kode dan International Standar Book Number (ISBN).

Langkah Membuat Kode QR (Barcode) Sendiri di Excel – Tentu kamu kerap menyaksikan sebuah Kode QR yang warna hitam yang kerap dipakai untuk lakukan transaksi bisnis dompet digitalkan? Dengan memakai QR kode ini, kita dapat percepat proses transaksi bisnis yang kita kerjakan.

Tentu kamu ingin tahu kan, bagaimana sich langkah membuat QR kode ini? Dan berapa penting sich QR kode ini untuk usaha? Nach, di artikel ini kali saya akan mengulas bagaimanakah cara membuat QR kode itu secara mudah cuma memakai handphone Android saja. Langsung saja baca langkah pembikinannya di bawah ini.

Apa Itu Barcode?

Barcode ialah mekanisme pengkodean berbentuk garis yang kerap dipakai oleh beberapa penjual untuk kepentingan stok keeping unit (SKU), yaitu mencatat dan mencari barang. Info yang ada dalam barcode memungkinkannya penjual menyortir barang lebih efektif.

Peranan Barcode

Peranan barcode ialah simpan info berkaitan lewat produk tertentu, dimulai dari code produksi, harga barang, sampai tanggal kedaluwarsa produk itu. Data itu dibaca dengan dipindai oleh mesin.

Langkah Kerja Barcode

Bila Anda belanja ke pasar swalayan dan menyaksikan kasir scan barcode dengan mesin, karena itu sebetulnya kasir itu sedang ambil data barang itu. Data yang ada di barcode itu bisa dipindai dan dibaca oleh mesin, memungkinkannya penjual menyortir produk secara cepat dibanding mekanisme manual.

Ini pasti mempermudah penjual karena menyingkat tenaga dan waktu yang diperlukan dalam pendataan produk. Ditambahkan lagi, barcode memiliki ketepatan yang tinggi dalam pencatatan, membuat jadi jalan keluar yang efektif untuk stok keeping unit (SKU)

Walau demikian, langkah ini bukanlah tanpa kekurangan. Code yang berada di dalam barcode harus ada pada kondisi dapat dibaca oleh mesin, yang maknanya jika cap barcode tersebut hancur, jadi tidak bisa dipindai. Maka dari itu, seharusnya sesudah dicap, produk selekasnya diletakkan secara baik.

Isi Barcode dan Tipe-Jenisnya

Barcode berisi data optik berbentuk code. Code ini dapat dipindai dan dibaca oleh computer. Code ini sendiri terbagi dalam angka, meskipun ada barcode yang terbagi dalam kombinasi huruf dan angka. Ada banyak tipe barcode, yakni seperti berikut.

Barcode Ritel

Barcode ritel ialah barcode yang umum dipakai di pusat belanja. Barcode ini menggunakan mekanisme Universal Price Codes (UPC) untuk memeriksa harga barang yang ingin dibeli oleh konsumen setia.

Ada pula mekanisme Interleaved Two-of-Five yang terbagi dalam 14 angka. Barcode ini biasa digunakan untuk packaging satu barang. Maksudnya supaya produk sejumlah banyak pada suatu packaging dapat diikuti.

Barcode Penerbitan

Untuk barcode yang ini, dipakai untuk kepentingan mengeluarkan satu karya tulis, seperti novel, majalah, dan lain-lain. Barcode ini menggunakan mekanisme International Standar Book Number (ISBN) yang terbagi dalam 13 angka.

Barcode Farmasi

Barcode ini dipakai untuk mengidentifikasi produk beberapa obat, dan terbagi dalam kombinasi 24 watak angka dan huruf, ikuti mekanisme Health Industry Bar Kode (HIBC).

Barcode Non Ritel

Barcode ini biasa dipakai untuk kepentingan inventaris, seperti mengidentifikasi buku di perpustakaan, kartu keanggotaan, dan sebagainya. Ada dua tipe barcode non ritel, yakni Kode 39 dan Kode 128. Ketidaksamaan ke-2 nya hanya dalam kepadatan garis. Kode 128 memiliki garis lebih padat dan rapat dibandingkan Kode 39.

Langkah Membuat Barcode dengan Gampang dan Tidak Berbayar

Buat Barcode Anda Sendiri

Sesudah membaca tulisan di atas, kemungkinan Anda berminat untuk memakai mekanisme barcode. Tetapi, bagaimanakah cara membuat barcode sendiri? Bagaimanakah cara membuat barcode harga barang, langkah membuat barcode produk makanan, langkah membuat barcode kasir, dan sejenisnya?

Untungnya, banyak program dan software yang dapat digunakan untuk maksud itu. Berikut ialah langkah membuat barcode lewat beragam jenis mekanisme.

Membuat Barcode lewat Online

Langkah membuat barcode di computer dengan lewat web online. Ada beberapa web yang dapat digunakan untuk membikin barcode, bagus untuk kebutuhan usaha atau individu. Bila Anda ingin membuat barcode untuk kepentingan usaha, Anda harus mendapat code analisis. Berikut ialah beberapa langkahnya:

Buat code analisis UPC atau ISBN, bergantung produk yang ingin Anda tawarkan. Untuk mendapat UPC Anda, dapat lewat gs1us.org. Tinggal masukan perincian data produk. Anda tidak perlu cemas karena GS1 telah sah bersertifikasi sebagai partner dalam pembikinan barcode digital.

Untuk ISBN, dapat lewat isbn

Saat sebelum code ISBN diberi, usaha Anda akan dilihat oleh organisasi namanya Browker. Sesudah semua proses usai, code ISBN dapat ditempatkan di produk Anda. Tersebut langkah buat barcode produk yang ingin Anda jual. Bila Anda ingin menggunakan barcode untuk kebutuhan individu, Anda dapat ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Masuk ke createbarcodes
  • Turuti instruksi dari situs itu.
  • Tulis nama dan nomor seri Anda sendiri untuk kebutuhan individu.
  • Lekatkan barcode di barang yang Anda punyai.

Lalu, bagaimana bila Anda ingin ketahui langkah membuat QR Kode gratis selama-lamanya? Anda cukup ke web namanya QR Kode Generator, Anda dapat membuat QR Kode secara mudah. Bukan hanya membuat saja, web ini bisa juga scan QR Kode. Peranan QR Kode yang dapat Anda bikin juga bermacam, dimulai dari URL, contact, nomor telephone sampai SMS.

Barcode tidak cuma dapat dibikin melalui website online, tetapi bisa juga lewat Microsoft Excel. Langkah membuat barcode dengan Excel tidak sulit, Anda perlu masuk ke situs seperti IDautomation.com, lalu unduh file yang dibutuhkan. Kemudian, Anda tinggal masukkan data ke cell Excel.