5 Tehnik Menanggulangi Ketakutan Kucing di Tempat Baru

5 Tehnik Menanggulangi Ketakutan Kucing di Tempat Baru
Cinta kasih merupakan kunci biar kucing tak takut

11 Juli 2023
5 Tips Mengatasi Ketakutan Kucing di Tempat Baru

Gak cuma manusia yang berasa takut atau malu saat di dalam tempat baru. Kucing juga demikian, berasa takut dan menutup diri waktu pada tempat anyar yang asing.

BERITA BURUNGUmumnya kucing yang ketakutan ditampakkan membuang air asal-asalan, diam, atau mungkin jadi agresif: menggeram, mencakar, memukul, atau mendesis saat dipepet. Perihal ini tentulah jadi PR buat pemilik kucing yang anyar adopsi atau anyar menjaga kucing.

Ada sejumlah hal kenapa kucing takut sewaktu pada tempat anyar, seperti depresi, mabok perjalanan, atau tanggapan trauma. Kucing umumnya bakal tunjukkan ketakutannya saat dengar suara keras atau lihat beberapa anak dan hewan piaraan kita lainnya.

Akan tetapi, saat ini kamu tidak harus resah. Walaupun mulanya berasa susah dekatkan diri kucing, cara berikut dapat membuat ketakutan kucing menyusut dan berkurang. Supaya kucing kita masih tetap nyaman di dalam tempat anyar, berikut baca beberapa langkahnya mengambil dari Batter Sea!

1. Buat tempat terselinap untuk kucing
5 Tips Mengatasi Ketakutan Kucing di Tempat Baru

Waktu takut, umumnya kucing bakal sembunyi dalam tempat terselinap yang susah digapai seperti pada bawah sofa, bangku, dan tempat yang lain bikin kita memeras otak untuk menelusurinya.

Kamu juga dapat memeriksa apa kucing ketakutan dari gerak badannya. Seperti telinganya kelihatan ke arah belakang, matanya terlihat melotot, meliukkan punggung dan bulu-bulunya terangkut, atau “berjongkok”, sampai badannya dekat ke tanah, hal demikian berarti kalau kucing berasa takut.

Kalau kucing kita mendapatkan daerah yang nyaman untuk istirahat, yakini tempat itu yang sunyi dan aman dalam rumah kita. Sesudah itu, tambahkan kasur kucing, bermainan, dan makanan di dalam tempat tersebut. Disamping bikin nyaman, kucing merasakan aman dan kegiatan ini membuat kucing pengin menelusuri segi lain dari rumah kita.

2. Buat skedul aktivitas
5 Tips Mengatasi Ketakutan Kucing di Tempat Baru

Kucing sebagai hewan yang teratur dan menyenangi keteraturan. Seperti manusia, kucing ingat akan agenda makan dan agenda rutinitasnya. Maka dari itu, tidaklah aneh apabila beberapa kucing jadi galak seandainya terlambat dikasih makan.

Lantaran itu, buat skedul harian buat kucing, tergolong mengendalikan agenda pemberian makan, kesibukan serta agenda bermain dengannya saat sebelum tidur. Dengan adanya ini, kucing akan berasa bertambah nyaman serta tak ketakutan.

3. Kerjakan pekerjaan mempunyai nuansa positif

5 Tips Mengatasi Ketakutan Kucing di Tempat Baru

Kamu dapat latih kucingmu dimulai dengan hal kecil yang positif, lho, Bela! Umpamanya saja merengkuhnya waktu ia ketakutan, membawanya mengobrol dengan suara halus dan berikan snack padanya.

Kamu bisa latih kucing untuk keluar tempat persembunyiannya atau stop ketakutan dengan memberinya cemilan saat kucing sukses mengerjakannya.

Kamu bisa pula berikan bermainan untuk kucingmu main loh. Waktu main, kucing akan keluarkan hormon feromon yang membuat nyaman. Bermainan tempat cakaran dan tikus-tikusan bisa menolong kucing mempertajam feeling berburunya, maka dari itu membuat lebih percaya diri.

4. Persiapkan ruang teristimewa kucing
5 Tips Mengatasi Ketakutan Kucing di Tempat Baru

Kucing adalah hewan teritorial yang sangat nyaman sewaktu ada di tempat kekuasaannya. Saat adopsi kucing anyar, seharusnya kamu sediakan area untuk dirinya yang jarang-jarang dilalui anabul lain atau orang.

Soal ini biar kucing nyaman dan ringan menyesuaikan dan membuat tenang saat memperhatikan ruangan hunian anyarnya. Kucing memerlukan waktu untuk terasa nyaman serta aman waktu ada dalam lingkungan anyar.

5. Dengar pendapat sama dokter hewan
5 Tips Mengatasi Ketakutan Kucing di Tempat Baru

Bila empat trik di atas kurang sukses, jadi pemecahan paling akhir merupakan berdiskusi ke dokter hewan. Berobat ke dokter hewan ini mempunyai tujuan supaya ketahui situasi kucing. Selanjutnya dokter hewan akan melihat ulang apa kucing lagi sakit yang membuat menyendiri serta ketakutan atau lantaran tanggapan trauma yang sebelumnya sembuh, umpama memperoleh tindakan jelek oleh orang.

Umumnya dokter hewan dapat berikan resep obat seperti Prozac apabila kucing terasa resah serta dapat memberi saran buat menukar skema makan. Gak cuman hanya itu, kita pula masih tetap ajaknya main, merengkuhnya serta bercakap dengan beberapa kata yang halus pada kucing biar kucing rasa aman waktu bersama kita.

Demikian 5 cara biar membikin kucing nyaman sewaktu pada tempat anyar. Penting disadari, kucing adalah hewan teritorial yang berasa terancam jikalau ada anabul lain dalam rumah. Baiknya waktu memungut kucing baru, siapkan lokasi yang terpendam yang jarang-jarang dilalui orang atau kucing lain.