Jarang-jarang Ditemui, Ini 8 Kegunaan Sehat Sarang Burung Walet

Jarang-jarang Ditemui, Ini 8 Kegunaan Sehat Sarang Burung Walet

Sarang burung walet telah lama dibuat menjadi makanan eksotik pada harga jual fenomenal. Tapi, dibalik harga yang setinggi langit, sarang pun dicari sebab diakui punyai banyak kandungan nutrisi serta faedah untuk badan. Yok, baca keterangan lebih di dalam tentang faedah sarang  lewat pembahasan ini!

Nilai nutrisi dalam sarang burung walet

Sama dengan namanya, bahan makanan ini datang dari sarang. Sarang ini bertempat di lokasi Asia Tenggara, diantaranya di Indonesia. Mulanya, burung walet membikin sarang dari air liurnya yang telah dilakukan dengan kontinyu hingga mengeras sendirinya. Burung ini kebanyakan ada di dalam gua, struktur liurnya yang rekat memiliki fungsi menyambung sarang ke langit-langit atau dinding paling atas gua biar tidak gampang jatuh. Menariknya, liur walet bukan semata-mata air liur biasa. Liur dibikin dari protein yang tinggi kandungan kalsium, zat besi, kalium, serta magnesium. Itu penyebabnya, sarang mempunyai kandungan gizi yang diperlukan badan sekalian memiliki fungsi untuk kesehatan.

Menurut data nutrisi yang ada pada web Data Konstruksi Pangan Indonesia, dalam 100 g (g) sarang(mentah) mempunyai kandungan susunan nutrisi sebagaimana berikut:

Energi: 281 kalori (Kal)
Protein: 37.5 g
Lemak: 0.3 g
Karbohidrat: 32.1 g
Kalsium: 485 miligram (mg)
Fosfor: 18 mg
Besi: 3 mg

Menurut nilai nutrisi ini, sarang bisa jadi sumber protein, karbohidrat, dan sedikit lemak yang bagus. Sarang walet pun memiliki kandungan glikoprotein yang makin lebih simpel terlarut dan ditambahkan kandungan anti-oksidan yang semakin lebih tinggi ketimbang kandungan pada sup ayam dan ikan. Tidak hanya itu, bervariasi mineral serta vitamin juga melengkapi gizi dalam sarang yang memberi faedah spesifik.

Faedah sarang burung walet buat kesehatan

Sarang yang dibuat oleh terkenal buat diproses selaku sup. Meskipun demikian, juga banyak yang menuai fungsinya dengan memproduksi sarang  jadi makanan penutup. Pengetahuan penyembuhan tradisionil Cina yakin kalau memakai sarang bisa menghambat penuaan, menentang kanker, sampai menaikkan fokus. Selain itu, masihlah banyak kapasitas kegunaan sarang yang lain yang sayang untuk ditinggalkan.

1. Sumber asam amino prinsipil

Air liur buat bikin sarang dibikin dari protein spesial yang memiliki kandungan beberapa ragam asam amino, contohnya:

Asam aspartat dan prolin yang bermanfaat untuk pembaharuan sel.
Sistein dan fenilalanin untuk mempertingkat kerja memory, kerja stimulasi saraf, dan kerja peresapan vitamin D dari cahaya matahari.
Tirosin untuk memercepat rekondisi selesai sakit.
Glukosamin buat menolong proses rekondisi tulang riskan.
Beberapa salah satunya kandungan asam amino itu tak bisa dibuat oleh badan dan mesti dicapai dari makanan.

Itu mengapa sarang jadi alternatif yang benar buat penuhi keperluan asam amino sebab punyai deretan fungsi untuk kesehatan

2. Memberikan dukungan guna organ badan

Sarang burung walet pun diperkaya oleh bermacam mineral yang dibutuhkan buat memperhatikan kesehatan badan, salah satunya mangan, tembaga, seng, dan kalsium. Mineral mangan bekerja untuk menolong perkembangan tulang, pengobatan cidera, sekalian lancarkan proses metabolisme karbohidrat, cholesterol, dan asam amino pada tubuh. Sementara tembaga berperanan memperhatikan kesehatan jantung dengan turunkan takaran cholesterol dan tekanan darah. Tidak lupa ada mineral kromium yang berperanan menolong peresapan gizi di usus.

3. Menghambat kekuatan insulin

Konsumsi sarang burung walet dengan teratur mempunyai potensi menghalang kekuatan insulin di beberapa orang yang biasa makan makanan yang berlemak. Kekebalan insulin adalah aspek efek negatif paling besar buat penyakit diabetes. Nilai nutrisi dalam sarang walet bisa menolong menghalang otak membebaskan isyarat yang mengakibatkan kenaikan produksi insulin sebagai tanggapan dari konsumsi lemak berlebihan. Sarang walet pula miliki potensi memiara kerja metabolisme badan biar lebih efisien saat memecahkan lemak. Walaupun demikian, analisis berkaitan faedah sarang burung walet ini anyar pada uji coba pada hewan.

4. Turunkan resiko kanker

Suatu studi yang termuat dalam jurnal Letters In Health and Biological Sciences menyampaikan jika sarang burung walet terhitung makanan tinggi anti-oksidan yang bermanfaat menghalang kanker. Anti-oksidan yaitu senyawa aktif yang berguna untuk menentang dampak radikal bebas ialah yang menimbulkan pelbagai penyakit parah, antara lainnya kanker. Senyawa anti-oksidan pun bisa membenahi kerusakan di beberapa sel sehat pada tubuh gara-gara radikal bebas.

5. Turunkan dampak negatif penyakit kardiovaskular

Kegunaan sarang burung walet yang lain ialah menolong kurangi dampak negatif penyakit kardiovaskular. Studi di jurnal Drug Desain, Development and Terapis tahun 2015 memberitahukan sarang walet mempunyai potensi turunkan dampak negatif pengentalan darah (hiperkoagulasi) karena cholesterol tinggi. Problem pembekuan darah adalah pemicu sangat umum dari penyakit kardiovaskular. Kajian itu pun membuktikan menunjukkan sarang walet punya dampak yang serupa dengan simvastatin (obat menurunkan cholesterol)..

6. Tingkatkan ketahanan badan waktu kemoterapi

Sarang burung walet sudah lama dipandang sebagai makanan peningkat ketahanan badan di negara aslinya, Tiongkok (RRC). Nach, kajian yang termuat dalam jurnal Drug Desain, Development and Terapi tahun 2016 mendapatkan kalau sarang walet secara detail menolong ketahanan badan waktu kemoterapi. Hasil kajian tunjukkan kalau konsumsi sarang burung walet teratur waktu 30 hari bisa menaikkan kekuatan imun dalam usus yang menurun karena kemoterapi. Senyawa dalam liur burung walet pun disampaikan berfaedah kurangi cidera di jaringan usus yang disebabkan efek obat cyclophosphamide, yaitu obat kemoterapi.

7. Menurunkan infeksi

Problem autoimun seperti diabetes, rheumatoid arthritis (rematik), dan penyakit radang usus ditautkan penambahan takaran TNF-α (tumor necrosis unsur- alpha). TNF-α merupakan protein pribadi yang memacu berlangsungnya pembengkakan strukturik pada badan. Sebuah kajian dari Malaysia yang termuat dalam jurnal International Food Research Journal tahun 2011 memberitahukan kalau konsumsi sarang burung walet teratur efisien menolong kurangi produksi TNF-α. Kandungan mangan dalam sarang walet pun memiliki fungsi menghidupkan serta meyakinkan enzim yang berperanan di dalam menolong meredam pembengkakan bekerja secara baik.

8. Bikin sehat kulit

Sarang burung walet kerap digunakan selaku material dasar kosmetik. Perihal ini tak lepas dari faedah sarang burung walet buat kesehatan kulit.
Gizi pada sarang walet miliki elemen antipenuaan yang memberi dukungan pembaharuan beberapa sel di epidermis, adalah sisi kulit paling luar. Tembaga yang terdapat di dalam sarang burung walet pun memaksimalkan kegunaan ketahanan tubuh dan mempertingkat produksi collagen pada tubuh. Collagen berfaedah untuk menambah fleksibilitas kulit dan menghindari timbulnya tanda-tandanya penuaan dalam kulit.

 

BACA JUGA : 5 Kegunaan Petai Cina untuk Kesehatan yang Jarang-jarang Ditemui