Kanker Kulit: Tanda-tanda, Pemicu, Analisis, Penyembuhan

Kanker Kulit: Tanda-tanda, Pemicu, Analisis, Penyembuhan

Beritaburung – Kanker kulit yakni perkembangan sel abnormal dimana jangan teratasi di epidermis, susunan kulit paling luar, dimana karena dengan kerusakan DNA dimana jangan diperbarui dimana memacu perubahan. Perubahan itupun mengakibatkan sel-sel kulit bertumbuh biak oleh segera terus mempererat tumor garang.

Mempunyai dua kelas pokok kanker kulit, adalah kanker kulit non melanoma terus kanker kulit melanoma. Anggapan World Cancer Research Fund International, melanoma yakni kanker amat publik ke-17 di lingkungan. Itupun yakni kanker amat publik ke-13 pada lelaki terus kanker amat publik ke-15 pada wanita. Mempunyai lebih ketimbang 150.000 kasus pertama melanoma kulit pada musim 2020.


Kanker kulit

Kanker kulit non melanoma kerap dieksepsikan ketimbang laporan statistik kanker. itupun jangan disampaikan dalam nilai kasus kanker global. Itupun karena terlampau publik, kerap tidak terdeteksi, terus biasanya dirawat dalam preservasi primer terus dengan oleh maka kesempatan gede jangan disampaikan dalam data registri kanker nasional.

1. Kelas

Dikutip UCLA Health, tiga kelas kanker kulit dimana amat publik yakni:

Karsinoma sel basal (basal cell carcinoma): Menyumbangkan sekeliling 80 % ketimbang segala kanker kulit. Kanker dimana terlampau bisa diobati itupun diawali pada susunan sel basal epidermis (susunan hulu kulit) terus tumbuh terlampau lamban. Karsinoma sel basal Umumnya keluar selaku tonjolan dan nodul dasar mengilap di kulit, terpenting di tempat dimana terkena cahaya matahari, macam kepala, leher, lengan, tangan, terus muka. Itupun amat kerap timbul di sekitaran beberapa orang oleh mata, rambut, terus kulit warna jelas.
Karsinoma sel skuamosa (squamous cell carcinoma): Meskipun lebih bernafsu ketimbang karsinoma sel basal, melainkan kelas itupun terlampau bisa diobati. Karsinoma sel skuamosa menyumbangkan sekeliling 20 % ketimbang segala kanker kulit. Kelas kanker kulit itupun bisa keluar selaku nodul dan bintik merah bersisik di kulit, terus bisa dicari pada tempat dimana terkena cahaya matahari macam muka, telinga, bibir terus mulut. Lamun, bila jangan diobati, kanker bisa menebar ke anggota raga dimana asing. Kelas kanker kulit itupun Umumnya dicari pada manusia berkulit putih.
Melanoma maligna (malignant melanoma): Itupun adalah prosentase dasar ketimbang segala kanker kulit, melainkan agak kematian teramai karena kanker kulit. Melanoma maligna diawali pada melanosit, sel dimana menciptakan pigmen di kulit. Melanoma garang sering diawali selaku tahi lalat abnormal dimana setelah ganti selaku kanker. Kanker itupun bisa menebar oleh segera. Melanoma maligna amat kerap keluar pada lelaki terus wanita berkulit putih, melainkan manusia oleh segala kelas kulit manatahu dapat sahaja terimbas.

Meningkatkan ketimbang American Academy of Dermatology Association, kelas kanker kulit selain itu mencakup:

Limfoma sel T kulit (cutaneous T-cell lymphoma).
Dermatofibrosarcoma protuberans.
Karsinoma sel Merkel.
Karsinoma sebaceous.

2. Pemicu

Penyebab kanker kulit

Kanker kulit bertumbuh amat kerap ketimbang gabungan predisposisi genetik terus pancaran cahaya matahari. Itupun lebih kerap timbul pada manusia berkulit putih, terpenting dia orang dimana memiliki rambut pirang dan merah, dimana mempunyai mata warna jelas. Kanker kulit sukar timbul pada kanak-kanak. Hendak melainkan, jangan mempunyai dimana betul-betul selamat ketimbang kanker kulit.

Kondisi efek selain itu terkandung:

  • Kisah keluarga dan kisah sendiri oleh melanoma.
  • Pancaran cahaya matahari.
  • Sunburn anak umur dini.
  • Mempunyai berlebihan freckles.
  • Tahi lalat gede dan berlebihan tahi lalat umum.
  • Kelas tahi lalat istimewa terus nilai tahi lalat dimana berlebihan.
  • Masalah imunosupresif dan proses kebal dimana menurun (macam pada manusia dimana telah jalani transplantasi organ).
  • Paparan bahan kimia istimewa, macam arsenik.
  • Paparan radiasi.
  • Merokok.
  • Human papillomavirus (HPV).
  • Waktu bawaan sangat jarang istimewa, macam sindrom nevus sel basal (sindrom Gorlin) dan xeroderma pigmentosum.

3. Tanda-tanda

Dikutip Cleveland Clinic, kode peringatan kanker kulit dimana amat publik yakni perbaikan di kulit, Umumnya perkembangan pertama, dan perbaikan pada perkembangan dan tahi lalat dimana telah mempunyai.

Karsinoma sel basal

Kanker sel basal amat kerap tampak pada tempat kulit dimana terkena cahaya matahari, terkandung tangan, muka, lengan, kaki, telinga, mulut, terus bahkan juga botak dan pitak di anggota hulu kepala. Didalam umum manusia, perkembangannya lamban, Umumnya jangan menebar ke anggota raga asing terus jangan memberikan ancaman jiwa.

Kode terus tanda-tanda karsinoma sel basal mencakup:

Tonjolan dasar, lembut, macam mutiara dan lilin di muka, telinga, terus leher.
Lesi datar, merah muda/merah dan cokelat pada tubuh dan lengan terus kaki.
Tempat di kulit dimana tampak macam sisa cedera.
Cedera dimana tampak berkerak, terletak cengkungan di tengah-tengah, dan kerap berdarah.
Karsinoma sel skuamosa

Kanker sel skuamosa amat kerap tampak pada tempat kulit dimana terkena cahaya matahari terkandung tangan, muka, lengan, kaki, telinga, mulut, terus bahkan juga botak dan pitak di anggota hulu kepala. Kanker kulit itupun agak dapat lahir di tempat macam selaput lendir terus benda kelamin.

Kode terus tanda-tanda karsinoma sel skuamosa mencakup:

Nodul merah muda dan merah dimana tegas.
Lesi kasar terus bersisik dimana manatahu gatal, berdarah, terus selaku berkerak.
Melanoma

Melanoma bisa bertumbuh di tempat diapa juga di raga, bahkan juga dapat lahir di mata terus organ dalam. Punggung hulu yakni website melanoma publik pada lelaki, selagi pada wanita yakni kaki. Itupun yakni kelas kanker kulit dimana amat khusyuk karena bisa menebar ke tempat asing di raga.

Kode terus tanda-tanda melanoma salah satunya:

Bintik dan tonjolan berpigmen cokelat.
Tahi lalat dimana ganti warna, ukuran, dan berdarah.
Senantiasa kenal akronim ABCDE agar menemukan pertanda kanker kulit dimana wajib jadi perhatian.

Asimetri: Tahi lalat dan bintik di kulit mempunyai tampilan dimana jangan teratur oleh dua anggota dimana tampak terlampau beda.
Border (tepian dan tepian): Pinggiran tahi lalat memiliki bentuk jangan teratur.
Colour (warna): Tahi lalat oleh lebih ketimbang 1 warna.
Diameter: Kian gede ketimbang 6 milimeter.
Evolusi: Jadi membesar, perbaikan tampilan, warna, dan ukuran (itupun yakni kode dimana amat pasti).
Teliti mengenai lesi kulit prakanker dimana bisa bertumbuh selaku kanker kulit non melanoma. Itupun keluar selaku bintik dasar bersisik, cokelat dan merah, terus amat kerap dicari pada permukaan kulit dimana terkena cahaya matahari ala akut, macam muka terus punggung tangan.

Jika sobat miliki tahi lalat dan lesi kulit asing dimana membuat kamu takut, bikinlah janji jumpa oleh dokter agar penilaian lebih terus.